7 Pengertian Cerpen Menurut Ahli, Unsur Intrinsik dan Ciri Kebahasaan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Agustus 2021 16:18
7 Pengertian Cerpen Menurut Ahli, Unsur Intrinsik dan Ciri Kebahasaan
Pengertian cerpen dari para ahli di bawah ini diharapkan bisa membuat kamu memahami karya sastra tersebut lebih lanjut

Pengertian cerpen adalah karya sastra yang bersifat fiksi, bercerita tentang suatu kejadian yang menimpa tokoh utama, bersifat sederhana dengan jalan cerita lebih singkat. Karena tulisannya yang padat dan tidak panjang, itulah mengapa tulisan ini dinamakan cerita pendek atau cerpen.

Cerpen merupakan sastra paling tua dan memiliki beberapa bentuk antara lain legenda, dongeng, cerita rakyat, dongeng, fabel, dan anekdot. Apakah kamu pernah membaca masing-masing genre itu? Untuk lebh memahami pengertian cerita pendek, ciri-ciri dan unsur lain dari karya sastra ini yukn pantengin terus ulasan Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Pengertian Cerpen Menurut Ahli

Pengertian Cerpen © Diadona

Melansir jurnal online Univesitas Negeri Solo, berikut ini pengertian cerpen yang menurut beberapa ahli, diantaranya:

Burhan, 2012 dalam buku Teori Pengkajian Fiksi

Pengertian cerpen sama halnya dnegan namanya, yakni cerita yang pendek. Namun panjangnya ini sendiri bervariasi, mulai cerita yang selesai dibaca hanya dalam satu kali duduk (short short story), cerita yang panjangnya cukup (midle short story) atau yang panjangnya cukup(long short story)

Staton, dalam Burhan, 2012

Cerpen adalah tulisan berbentuk tulisan padat yang di dalamnya pengarang menciptakan karakter-karakter, semesta dan tindakan sekaligus secara bersamaan.

Jacob, 2001 dalam Catatan Kecil tentang menulis Cerpen terbitan Pustaka Pelajar Offset.

Menurutnya, pengertian cerpen adalah fiksi pendek yang selesai dibaca dalam sekali duduk. Cerpen cuman punya satu arti, satu krisis dan satu efek bagi pembacanya.

Cerpen dibangun oleh unsur intriksik dan ekstrinsik, misalnya unsur peritiwa, plot, tema, tokoh, sudut pandang dan juga latar belakang. Karena merupakan tulisan pendek, penceritaan pada cerpen cukup sederhana dan juga ringkas. Makanya, cerpen nggak memuat detail kurang penting yang cuman bikin cerita jadi makin panjang.

A. Bakar Hamid

Menurut A. Bakar Hamid, suatu karya yang disebut dengan cerpen harus dilihat dari kuantitas dan ciri-ciri cerpen. Yakni terdiri dari 500 sampai 20 ribu kata, punya plot cerita, ada satu karakter dan ada kesan yang ingin disampaikan.

The Liang dan A. Widyamartaya

Cerpen merupakan cerita khayal berbentuk prosa yang pendek, biasnaya kurnagd ari 10.000 kata. Cerpen bertujuan untuk menghasilkan kesan kuat dan mengandung unsur drama, makanya alirnya pun disebut dengan konflik dramatik.

Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho Notosusanto, pengertian cerpen yakni cerita yang panjangnya berkisar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi. Ciri-ciri cerpen yakni isinya terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

Sumardjo dan Saini

Menurut Sumardjo dan Saini, pengertian cerpen adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi, meski mungkin saja ceritany ebneran kejadiaan. Ciri-ciri cerpen yakni ceritanya yang relatif pendek.

2 dari 3 halaman

Pengertian Unsur dan Intrinsik Cerpen

Pengertian Cerpen © Diadona

Apa itu unsur intrinsik cerpen? Yakni unsur yang membangun sebuah cerpen diantarana adalah:

Tema

Adalah ide pokok yang menjadi dasar dan makna yang dikandung cerita. Tema hanya bisa ditemukan setelah membaca keseluruhan isi cerpen.

Alur

Alur adalah urutan kejadin. Namun tiap kejadian tersebut harus dihubungkan dengan sebab akibat. Terdapat tiga jenis alur pada cerita, yakni alur maju, alur mundur dan akur campuran.

Tokoh dan penokohan

Penokohan adalah penggambaran tentang seseorang yang ditampilkan dalam cerita sedangkan penokohan merupakan penilaian karakter terhadap pelaku.

Latar

Latar adalah landas tumpu, mengacu pada tempat, hubungan waktu yang lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa yang diceritakan pada cerpen.

Sudut Pandang

Dalam fiksi, sudut pandang menyoal tentang siapa yang menceritakan atau dari posisi siapa peristiwa dan tindakan dilihat.

3 dari 3 halaman

Ciri Kebahasaan Cerpen

Pengertian Cerpen © Diadona

Sedangkan ciri kebahasaan cerpen merujuk pada gimana cara penyampaian bahasa yang digunakan, biar isi dari cepen itu sampai ke pembacanya.

Ciri-ciri kebahasaan cerpen menurut rumahpintar.com yakni sebagai berikut:

  • Menyebutkan tokoh, baik nama, kata ganti, julukan atau sebutan
  • Menggunakan penggambaran waktu lampau
  • Menggunakan kata-kata yang menggambarkan setting cerita
  • Terdapat kata-kata untuk mendeskripsikan tokoh, baik secara fisik atau kepribadiannya
  • Terdapat kata-kata yang menuliskan tentang peristiwa yang dialami pelaku
  • Terdapat sudut pandang penulis cerita

Kesimpulannya, pengertian cerpen adalah karya sastra pendek dengan unsur instrinsik serta memiliki ciri kebahasaan seperti yang sudah dijelaskan di dalam artikel. Semoga membantumu memahami lebih jauh mengenai cerpen ya!

Beri Komentar