Jenis-Jenis Ayam Aduan dan Hias yang Paling Banyak Dicari untuk Dipelihara

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 30 Agustus 2021 11:00
Jenis-Jenis Ayam Aduan dan Hias yang Paling Banyak Dicari untuk Dipelihara
Bagi pemula ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis ayam terlebih dahulu ketika hendak memeliharanya.

Bangkok, Burma, Serama dan lain sebagainya adalah jenis-jenis ayam yang akan banyak kita jumpai di Indonesia sebagai hewan peliharaan. Baik itu dijadikan sebagai ayam aduan atau hanya dipelihara sebagai hobi atau ayam hias saja.

Selain hewannya yang mudah untuk dipelihara, berbagai jenis-jenis ayam juga tidak membutuhkan space terlalu luas. Jadi ini cocok untuk dipelihara oleh siapapun. Untuk perawatannya, ayam juga relatif tidak membutuhkan perlakuan khusus.

Namun, bagi pemula ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis ayam terlebih dahulu ketika hendak memeliharanya. Hal ini selain untuk mempelajari perawatannya juga bisa dibuat untuk mencari jenis apa yang paling cocok dengan kita.

Diadona.id telah merangkum beberapa jenis-jenis ayam baik itu aduan dan juga hias dari berbagai sumber. Tentu saja ini bisa dijadikan referensi sederhana ketika kita membutuhkannya. Yuk kita simak bareng-bareng ulasan sederhananya.

1 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Ayam Aduan

Jenis-jenis ayam yang pertama yaitu adalah ayam aduan. Ini adalah jenis yang cukup populer di Indonesia. Ayam ini digemari karena memiliki kekuatan fisik dan juga daya tahan terhadap pukulan. Selain itu, ketahanan mental dan kekuatan serta akurasi pukulan yang baik juga tak lalah penting.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis ayam aduan yang cukup populer di Indonesia:

1. Ayam bangkok

Ayam Bangkok ini bisa dibilang paling populer di kalangan pecinta ayam aduan, karena dianggap memiliki insting yang kuat (cerdas) saat bertarung. Postur badan yang ideal juga merupakan alasan kenapa ayam ini menjadi primadona ayam aduan.

Jenis ayam ini dikenal sebagai jenis ayam aduan yang memiliki daya tahan terhadap pukulan, memiliki pukulan yang keras, dan memiliki kelincahan saat bertarung. Tak heran rasanya jika ayam ini menjadi maskot jenis ayam aduan.

2. Ayam Burma

Persis seperti namanya, jenis ayam aduan bernama burma ini berasal dari Myanmar. Ayam ini juga begitu populer dikalangan pecinta ayam aduan, ya bisa dibilang maskot kedua setelah ayam bangkok lah.

Namun sedikit berbeda dengan ayam bangkok, postur ayam Burma tergolong kecil. Tapi jangan salah, ayam burma ini terkenal dengan semangat bertarungnya yang luar biasa.

2 dari 6 halaman

3. Ayam Philipine

Jenis ayam aduan yang selanjutnya adalah ayam philipine. Hampir sama dengan ayam Burma, ayam ini juag memiliki postur tubuh yang kecil namun dengan tubuhnya kecil itu membuat kecepatan gerak yang luar biasa saat bertarung.

Namun, ayam ini termasuk jenis ayam aduan taji (pisau). Ciri utama dari ayam ini adalah memiliki loncatan yang tinggi. Kemampuan ini sangat berbahayajika mengenai mata ayam lawan.

4. Ayam Saigon

Selanjutnya ada jenis ayam Saigon yang berasal dari Vietnam. Jenis ini merupakan ayam aduan yang paling unik, karena fisiknya yang berbeda dari ayam jenis aduan lainnya. Ayam Saigon memiliki kerangka tubuh yang baik dan kulit yang tebal, sehingga ketahanan pukul ayam Saigon cukup kuat.

Selain itu pukulannya yang keras sering membuat lawan tidak tahan bila dipukulnya. Hanya saja, ayam Saigon termasuk jenis ayam aduan yang rawan terkena jalu atau taji, karena tidak terdapat bulu di lehernya, memudahkan lawan menancapkan tajinya pada bagian tersebut.

3 dari 6 halaman

5. Ayam Siam

Jenis-jenis ayam aduan yang selanjutnya adalah ayam Siam. Untuk penampilan tubuhnya, ayam ini hampir sama hampir sama dengan ayam Bangkok. Kecepatan pukan ayam ini pun juga standar.

6. Ayam Brazilian

Kemudian, ada ayam Brazilian yang keberadaannya tidak begitu banyak di Indonesia. Ayam yang rata-rata memiliki warna merah sapi atau oranye ini terkenal dengan kecepatan pukulannya.

Namun, ayam ini kurang memiliki ketahanan terhadap pukulan lawan. Di Indonesia sendiri, ayam ini mayoritas hanya dimiliki oleh peterenak-peternak besar.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Ayam Hias

Berbeda dengan ayam aduan yang digunakan untuk disabung, berbagai jenis ayam hias ini cenderung untuk dijadikan pameran. Selain dari bentuknya yang unik, ayam hias juga ada yang memiliki suara yang unik. Di bawah ini adalah beberapa jenis ayam hias ynag cukup populer di Indonesia

1. Ayam Pelung dan Ayam Ketawa

Jenis-jenis ayam hias yang pertama yaitu ayam yang memiliki suara yang sangat unik, yakni ayam pelung dan ayam ketawa. Ayam pelung sendiri adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Ayam ini memiliki suara kokok yang merdu serta panjang mengalun.

Untuk ayam Ketawa ini berasal dari Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Untuk tubuhnya, ayam ini nggak jauh dari ayam kampung. Namun, ayam ini punya kokok yang mirip seperti orang sedang tertawa. Hal itu lah yang membuat ayam ini banyak digemari.

2. Ayam Kapas

Jenis ayam hias yang kedua adalah ayam kapas. Ayam yang juga disebut ayam silkie ini berasal dari China guys. Ayam ini memiliki bulu yang mengembang berdiri, sehingga membuatnya terlihat sangat lucu dan menawan.

Ayam kapas merupakan ayam hias yang cukup populer di Indonesia, karena seperti namanya, keindahan bulunya yang menyerupai kapas. Warna bulunya dominan putih dan di belakang jengger terdapat jambul yang tumbuh mengarah ke belakang.

5 dari 6 halaman

3. Ayam Onagadori

Jenis ayam hias yang selanjutnya ada ayam Onagadori. Ini adalah ayam unik yang berasal dari negeri Sakura Jepang.

Yang unik dari ayam ini adalah panjang ekornya yang bisa mencapai 15 meter. Gokil nggak tuh?

4. Ayam Mutiara

Untuk jenis-jenis ayam hias selanjutnya ada ayam mutiara. Ini adalh ayam hias yang bentuknya sangat berbeda dengan ayam-ayam yang ada pada umumnya. Bentuk tubuhnya yang bantet dengan kepala yang kurus merupakan ciri khas dari ayam ini.

Ayam ini juga memiliki punya suara yang bisisng serta relatif cerewet. Ayam ini juga memiliki bulu yang tebal dan indah serta mampu menghasilkan banyak telur.

5. Ayam Serama

Untuk jenis ayam hias yang terakhir ada ayam Serama. INi adalah ayam hias yang memiliki tubuh yang sangat mungil. Ayam yang ukuran tubuhnya hanya sekitar 15-20 cm berasal dari Malaysia.

Meskipun demikian, ayam ini tetap terlihat gagah karena memiliki bentuk dada yang tegap.

Jadi itulah beberapa jenis-jenis ayam aduian dan juga ayam hias yang cukup banyak dipelahara di Indonesia dan juga cukup populer. Jadi, kamu mau memelihara jenis ayam yang mana nih?

Beri Komentar