Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi COVID-19 dari Dahlan Iskan

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 28 Februari 2021 05:45
Tips Menjalankan Bisnis Saat Pandemi COVID-19 dari Dahlan Iskan
Menghadapi krisis, wirausahawan diajak untuk berpikir realistis tentang kehidupan.

Mantan Menteri BUMN sekaligus Founder Disway, Dahlan Iskan, memberikan tips bagi para wirausaha di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Menghadapi krisis, wirausahawan diajak untuk berpikir realistis tentang kehidupan. Oleh karena itu, pengusaha tidak hanya memikirkan visi masa depan untuk menjadi yang terbaik, tetapi juga mempersiapkan yang terburuk untuk usahanya.

1 dari 2 halaman

Dahlan Iskan © Diadona

" Siapa yang dapat berpikir realistis dapat keluar sebagai pemenang. Namun, pandemi juga membuat sebagian orang berani maju dan ada juga yang tertinggal. Yang tertinggal ini pun kedepannya akan menyadari dan memutuskan untuk kembali bangkit dan maju untuk mengejar ketertinggalan,” kata Dahlan Iskan di Marketeers Hangout 2021, Kamis (25/2/2021).

Tak hanya berfikir realistis, Dahlan juga menegaskan bahwa para pengusaha harus memadukan strategi pemasaran yang berbasis pada customer centricity.

2 dari 2 halaman

Dahlan Iskan © Diadona

Pengusaha juga harus mampu membayangkan dirinya pada posisi konsumen sehingga dapat memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen.

“ Perbarui terus produk dan layanan yang relevan. Jangan puas dengan apa yang sudah dimiliki. Serta, jangan berpikir produk kita yang paling baik, harus terbuka pada perbaikan sesuai dengan kebutuhkan konsumen,” ujar Dahlan Iskan.

Beri Komentar