Cara Berbisnis Tanpa Modal yang Baik, Tapi Bisa Mendapatkan Keuntungan Berlimpah dan Dijamin Sukses

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 27 Juli 2020 11:18
Cara Berbisnis Tanpa Modal yang Baik, Tapi Bisa Mendapatkan Keuntungan Berlimpah dan Dijamin Sukses
Agar menjadi seorang pengusaha yang sukses, tentu kamu harus tau cara berbisnis yang baik dan benar.

Saat ini banyak sekali yang mengadakan seminar tentang cara berbisnis ditengah era yang mulai membuat semua kebutuhan menjadi mahal.

Selain hal itu, alasan orang ingin berbisnis ialah agar tidak terlalu bergantung dengan lapangan pekerjaan yang telah disediakan pemerintah. Namun, untuk merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang kamu bayangkan.

Nah, kalau kamu ingin mulai menjadi pebisnis yang besar, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara berbisnis, telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Berbisnis Online

Cara BerbisnisCara Berbisnis © Myimagine

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan hal yang mustahil kalau kamu ingin mencobanya. Sebab, cara bisnis online bisa dipelajari siapa saja, termasuk kamu.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kamu pahami pada saat cara berbisnis online, diantaranya:

1. Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Seperti yang diketahui, produk ialah komponen vital dalam bisnis online. Dengan produk yang sesuai kebutuhan pasar, maka kamu masih punya potensi untuk memenangkan pasar.

Jadi saat memulai bisnis apa pun itu, cara berbisnis yang pertama kali harus kamu pikirkan ialah apakah produk kamu dibutuhkan pasar? Apakah produk kamu bisa menyelesaikan masalah konsumen?

2. Riset Pasar

Setelah memilih satu masalah yang punya potensi bisnis, kini saatnya untuk riset di bidang tersebut. Kenapa harus riset pasar terlebih dahulu? Yaps, sebab ini merupakan salah satu cara terbaik dalam menemukan ide bisnis online.

3. Analisis Kompetitor

Salah satu yang harus dipahami cara berbisnis online adalah analisis kompetitor. Ya, karena untuk bisa mengalahkan kompetitor, kamu harus mempelajari mereka terlebih dahulu, seperti kelebihan, cara mendekati konsumen, hingga kekurangannya.

Dengan begitu, kamu akan bisa membuat produk yang bersaing dengan kompetitor lainnya.

4. Cari Model Bisnis

Saat riset jangan cuma hanya fokus pada target pelanggan dan produk. Sebab, saat berbisnis kamu juga harus memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan, meski menjual produk yang sama, tapi cara menjualnya bisa berbeda-beda.

5. Tentukan Target Pasar

Cara berbisnis online selanjutnya adalah menentukan target pasar. Hal ini berfungsi untuk mengelompokkan beberapa orang dengan karakteristik yang sama untuk membeli produk yang kamu buat.

Dalam target pasar, buatlah yang lebih spesifik. Sebab target pasar yang lebih spesifik, kamu bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

6. Buat Website

Memulai bisnis online belum afdol kalau tidak ada website. Mengapa harus membuat website untuk bisnis online? Sebab menurut survei Verisign, sebanyak 56 persen orang tidak percaya pada bisnis online yang tidak punya website.

Jadi, kalau kamu tidak ingin pelanggan lari ke kompetitor lainnya, salah satu cara berbisnis paling efektif untuk meyakinkan pelanggan ialah dengan memiliki website resmi.

2 dari 4 halaman

Cara Berbisnis Online Tanpa Modal

Cara BerbisnisCara Berbisnis © shutterstock.com/William Potter

Belakangan, bisnis online banyak digandrungi oleh semua kalangan, dari anak sekolah sampai ibu rumah tangga untuk menekuni bisnis online shop.

Tapi, tak sedikit yang paham kalau sebenarnya untuk berbisnis online bisa dijalankan meski tanpa adanya modal lho. Hah, gimana caranya? Langsung saja simak cara berbisnis online tanpa modal berikut ini.

1. Sistem Pre Order

Cara berbisnis online shop tanpa modal yang pertama ialah dengan membuka sistem pre order. Artinya, kamu hanya perlu menjalin kerjasama dengan penyalur produk.

Tidak perlu repot memikirkan modal yang menggunung, kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer sebagai media penghubung antara kamu dengan konsumen. Kalau tidak ada laptop, ponsel pun juga bisa untuk menjalankan bisnis ini.

2. Reseller atau Dropshipper

Berikutnya ialah dengan bertindak sebagai reseller atau dropshipper. Cara berbisnis yang kedua ini cukup mudah, sebab kamu tidak perlu menyediakan stok barang.

Singkatnya, menjadi reseller atau dropshipper sama halnya seperti memasarkan produk yang telah kamu setujui dengan pemilik produk asli.

Namun, pastikan kamu memilih produk dengan kualitas baik, supaya tidak ada komplain dari konsumen. Selain itu, pastikan juga supplier-nya merupakan seseorang yang bisa dipercaya.

3. Jasa Titip atau Hand Carry

Cara berbisnis online tanpa modal selanjutnya adalah dengan menyediakan jasa titip. Jastip atau hand carry ini bisa mendapatkan keuntungan melimpah pada saat kamu sedang bepergian ke luar kota atau luar negeri.

Selain tanpa modal, cara yang satu ini juga tidak akan membuatmu mengeluarkan uang untuk membelanjakan barang titipan. Sebab, sistemnya hampir sama seperti sistem pre order, yaitu dengan cara menentukan tenggat waktu pemesanan.

Jadi, sebelum pesanan ditutup, kamu akan mendapatkan uang berupa uang muka atau pelunasan yang bisa kamu gunakan untuk membeli barang titipan tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Berbisnis yang Baik

Cara BerbisnisCara Berbisnis © shutterstock.com/Odua Images

Bagi pemula dalam membangun bisnis, tentu selalu mencari cara berbisnis yang baik. Sebab, dalam berbisnis diperlukan sedikit wawasan atau teori untuk memulai atau melakukannya.

Lalu, bagaimana cara berbisnis yang baik dan berpotensi sukses? Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

1. Pastikan Bisnis yang Didirikan

Peranyaan paling dasar saat memulai bisnis adalah apa yang akan kamu rintis? Karena dengan menentukan bisnis apa yang kamu jalankan, nantinya akan menyesuaikan dengan budget yang ada.

Perlu dicatat, bisnis yang besar, tentu membutuhkan lokasi, banyak pekerja, dan ruang bisnis yang besar. Dengan begitu berarti modalnya harus besar. Begitu juga sebaliknya.

2. Menentukan Visi atau Misi Bisnis

Cara berbisnis berikutnya ialah memastikan visi dan misi yang kamu tawarkan atau terapkan pada bisnis yang sedang kamu jalankan. Hal ini dilakukan untuk menjadi kelebihan pada bisnis kamu dengan bisnis orang lain.

3. Survey

Tentunya yang tidak boleh terlewatkan dari cara berbisnis ialah jangan lupa untuk melakukan survey. Ada beberapa indikator survey yang harus kamu lakukan, speerti survey lokasi, konsumen, harga, dan lainnya.

Dengan melakukan survey, tentu kamu bisa mengetahui berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing pada produk atau jasa yang sama. Lalu, lakukan pertimbangan apakah kamu akan menawarkan produk tersebut dengan harga yang sama, lebih murah, atau lebih mahal.

4. Menyiapkan Modal

Mungkin sebelumnya kamu sudah men-crosscheck antara modal yang dimiliki dengan bisnis yang akan di jalankan. Lalu, kenapa hal ini dibahas lagi?

Alasannya ialah kamu harus menyiapkan modal dengan sempurna, seperti pengadaan uang fisik, menyiapkan uang yang siap untuk dilakukan  transaksi, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Berbisnis Tanpa Modal

Cara BerbisnisCara Berbisnis © AnemStyle

Mungkin banyak yang beranggapan kalau cara berbisnis tanpa modal merupakan hal yang terlalu indah untuk jadi kenyataan. Padahal, di era digital seperti saat ini, memulai bisnis tanpa modal sudah banyak dilakukan para pebisnis besar lainnya.

Daripada semakin penasaran, yuk simak 5 cara berbisnis tanpa modal berikut ini yang bisa kamu coba di rumah.

1. Mulai dari Apa yang Kamu Miliki

Menjalankan sebuah bisnis yang sukses, tentu dimulai dari bagaimana kamu memanfaatkan sumber daya yang tersedia saat ini. Seperti bidang apa saja yang kamu kuasai, keahlian yang dimiliki, hingga aset apa saja yang kamu punya saat ini.

Pokoknya, semakin kamu mencari tahu apa saja yang bisa diandalkan, maka semakin banyak pula sumber daya yang bisa digunakan untuk membangun bisnis.

2. Pertahankan Pekerjaan yang Kamu Miliki Saat Ini

Memutuskan berhenti dari pekerjaan saat ini demi mengeksplorasi hasrat untuk memulai bisnis, memang terdengar menjanjikan. Namun, hal ini bukanlah solusi terbaik untuk dilakukan.

Meskipun terdengar begitu rumit, namun selagi kamu mau bertahan dalam beberapa bulan, tidak menutup kemungkinan posisi bisnis yang kamu miliki bisa menjadi lebih baik.

3. Mengandalkan Platform Online

Cara berbisnis tanpa modal selanjutnya adalah dengan mengandalkan sistem online, karena dengan begini nantinya akan sangat berguna khususnya bagi sebuah bisnis yang baru saja dirintis.

Selain itu, dengan menggunakan website, kamu bisa memperkenalkan layanan bisnis secara praktis, sekaligus memudahkan pelanggan untuk menjangkau bisnis yang kamu miliki.

Itulah cara berbisnis tanpa modal yang bisa kamu coba saat ini. Intinya, jangan biarkan kekurangan dana menghalangi impian kamu untuk memulai bisnis. Semoga bermafaat!

Beri Komentar