Beralih dari Karyawan Menjadi Pengusaha? Bisa Kok dengan Tips Mudah Berikut Ini!

Reporter : Mila
Jumat, 6 November 2020 07:57
Beralih dari Karyawan Menjadi Pengusaha? Bisa Kok dengan Tips Mudah Berikut Ini!
Jangan takut untuk memulai ya!

Tiap memasuki bulan baru, pasti ada aja dari kalian yang galau untuk memutuskan mau resign dari kerjaan atau lanjut. Berbagai alasan terlintas, mulai dari 'bukan passionnya lagi', hingga terpikir untuk memulai bisnis sendiri.

Sebenernya itu hal yang wajar dan gak salah kok, asal memang sudah diperhitungkan dengan matang. Tapi jangan sampai ya alasan resign cuma karena emosi sesaat.

Nah untuk itu tim Diadona.id udah merangkum nih tips untuk kamu yang mau beralih dari karyawan menjadi seorang pebisnis/pengusaha. Langsung simak yuk!

1 dari 4 halaman

Jangan Langsung Berhenti dari Pekerjaan Lama

Sekuat apapun dan sebulat apapun tekatmu untuk memulai usaha atau berbisnis, tetaplah berpikir realistis. Jangan kemakan nafsu belaka. Kamu harus benar-benar siap untuk memulai sebuah usaha baru.

Apalagi di tengah pandemi begini ya, rasanya sayang banget kalau kamu menyia-nyiakan pekerjaan tetap yang menjadi blessing tersendiri untuk beberapa orang. Cobalah untuk merintis usaha pelan-pelan sambil tetap mempertahankan pekerjaan tetapmu, sampai kamu merasa benar-benar siap.

Tips Beralih dari Karyawan Menjadi Pengusaha © Diadona

2 dari 4 halaman

Hidup dengan Penghasilan 50%

Mungkin pada awalnya bisnis kamu terasa lancar, bahkan cuannya melebihi pekerjaan tetap. Tapi hati-hati, yang namanya bisnis pasti ada jatuh dan bangunnya.

Untuk melatih mental, coba deh selama beberapa bulan sebelum benar-benar berhenti kerja, kamu atur keuangan seolah sudah tidak bekerja lagi. Pakai 50% aja, sisanya masukin dana darurat.

Latihan ini biar kamu benar-benar tahu seberapa sih harusnya minimal penghasilan yang harus kamu terima untuk menjalani hidup standar yang nyaman ala kamu.

Tips Beralih dari Karyawan Menjadi Pengusaha © Diadona

3 dari 4 halaman

Lunasi atau Kurangi Utang

Gak ada yang lebih amsyong ketimbang kehilangan sumber penghasilan hanya untuk membayar cicilan utang. Oleh karena itu, usahakan kamu sudah mengumpulkan uang untuk mengurangi atau bahkan melunasi utang yang ada.

Tips: Kamu bisa pakai uang pesangon berhenti bekerja untuk pelunasan utang konsumtif.

Tips Beralih dari Karyawan Menjadi Pengusaha © Diadona

4 dari 4 halaman

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Bisnis

Sering kali nih banyak dari pebisnis yang menyampur uang bisnisnya dengan uang kebutuhan rumah tangga atau pribadi. Kalau begitu caranya, bakal kacau bund. Bisnis jadi gak bisa berkembang.

Tips Beralih dari Karyawan Menjadi Pengusaha © Diadona

Oleh karena itu, kamu harus integrasi dan benar-benar paham dari a-z dulu sebelum beralih jadi karyawan ke pebisnis. Jadi gitu ya guys, apa-apa tuh harus dipikir dengan matang dulu, gak boleh asal!

Semoga artikel ini membantu!

Beri Komentar