12 Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada serta Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 8 September 2020 19:29
12 Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada serta Cara Mengatasinya
Cara kamu keramas ternyata berkontribusi sebagai penyebab jerawat di punggung loh!

Penyebab jerawat di punggung bisa dari bayak hal yang nggak kita sadari. Dan meskipun letaknya tersembunyi, gimana coba kalo pas kita lagi pengen pake tank top atau gaun dengan punggung terbuka? Masak mau ditutup pake make up juga?

Sebenarnya secara alami, jerawat tuh nggak cuman muncul di wajah aja. Bisa di leher, bahu, lengan, pipi, dagu, dada atau bahkan bokong. Nah untuk jerawat di punggung sendiri punya nama yaitu : bacne.

Nggak usah kahwatir kalau kamu unya jerawat di punggung karena kamu nggak sendirian kok. Biar pencegahan dan pengobatannya berhasil coba yuk kenali dulu apa penyebab jerawat di punggung yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber:

1 dari 3 halaman

Apa Penyebab Jerawat di Punggung

Penyebab Jerawat di Punggung © Diadona

Apa aja penyebab jerawat di punggung antara lain:

Kulit Punggung Rentan Berjerawat

Dikutip dari laman Insider, sebenarnya ada tiga faktor utama yang bikin jerawat muncul, yaitu minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati berlebih dan pertumbuhan bakteri berlebih di kulit.

Nah, kulit punggung kita tuh punya tiga faktor penyebab jerawat tersebut. Kulit di pungung sangat tebal sehingga potensi pori-porinya untuk tersumbat jadi jauh lebih tinggi,

Produk Rambut

Sama halnya dengan minyak alami pada tubuh, beberapa zat yang terkandung pada produk kecantikan rambut kamu ternyata punya potensi sebagai penyebab jerawat di punggung, lho. Misalnya nih ketika kamu membiarkan kondisioner lewat di bagian punggung saat kamu memakainya

Maka, pastikan buat membilas rambut dan punggung kamu sampai bersih. Kalau perlu gunakan produk yang nggak menyumbat pori-pori dan bebas minyak.

Nggak Ganti Baju Setelah Olahraga

Akibatnya, bakteri dan minyak yang keluar bersama keringat bakalan menempel di baju dan kulit kamu. Apa yang terjadi? Yup, punggung kamu jadi rawan berjerawat.

Nggak Segera Mandi Setelah Olahraga

Hayo, apakah kamu sering nggak mandi setelah olahraga? Padahal keringat yang keluar setelah olahraga trus nggak segera dibilas adalah penyebab jerawat di pungung yang utama. Keringat dan kotoran bersama-sama menempel di punggung dan berkontribusi terhadap kemunculan jerawat.

Pakaian Ketat atau Tas Punggung Berat

Kamu pasti nggak menduga kalau kebiasaan sepele ini juga jadi penyebab jerawat di punggung. Menurut Dr Jeremy Fenton dari Schweiger Dermatology Group di NYC, mengatakan kalau gesekan bisa menyebabkan iritasi kulit dan merusak permukaan kulit. Akibatnya, pori-pori juga bisa tersumbat oleh keberadaan sel kulit mati. Ini akhirnya membuat peradangan dan penyebab jerawat di punggung.

Pola Makan

Pepatah lama tentang 'kamu adalah apa yang kamu makan' berlaku banget dalam pembentukan kulit yang sehat. Berdasarkan Akademi Dermatologi Amerika, ada penelitian yang membutkana adanya kaitan antara apa yang dimakan dan gimana kesehatan kulit.

Misalnya nih produk susu punya peran yang penting sebagai penyebab jerawat di punggung. Ini juga berlaku pada makanan tinggi karbohidrat dengan indeks glikemik yang tinggi, salah satunyanya nasi.

Hormon

Kalau penyebab jerawat di punggung yang udah Diadona ulas di atas ternyata nggak sesuai di kamu, hmm, mungkin ini karena hormon kamu deh.

Penelitian menyatakan ada hubungan antara stres dan kemunculan jerawat. Misalnya nih, remaja yang lagi ujian biasanya cenderung berjerawat.

Hormon juga punya peran penting dalam terbentuknya komedo hitam. Dikutip dari Medical News Today, tingginya tingat testosteron bisa berkontribusi sebagai penyeba jerawat di punggung karena bisa meningkatkan produksi sebum. Sedangkan penurunan kadar estrogen yang berkaitan dengan siklus menstruasi bisa memicu breakout jerawat.

2 dari 3 halaman

Penyebab Jerawat di Punggung dan Dada

Penyebab Jerawat di Punggung © Diadona

Area tubuh lain yang juga nggak luput dari serbuan jerawat adalah bagian dada. dan kenapa ini bisa terjadi?

Fluktuasi Hormon

Meskipun sering menimpa remaja atau orang dewasa muda, nyatanya hormon punya peran menyebabkan jerawat di dekat payudara selama periode menstruaasi. Ini terjadi karena perubahan hormon dan pembengkakan pada payudara.

Dehidrasi

Saat tubuh dehidrasi, tubuh bakalan ngasih sinyal ke kulit buat memproduksi minyak biar nggak bersisik. Sayangnya, serpihan sisik ini tersangkut pori-pori kulit yang akhirnya malah jadi penyebab jerawat di punggung dan dada.

Konsumsi Makanan Manis

Makana manis bikin gula dalam darah melonjak dengan cepat. Ini akhirnya memunculkan jerawat nggak cuman di wajah, tapi juga di punggung, dada dan bagian manapun yang rentan.

Olahraga

Yap, olahraga emang bikin segar, tapi ini bisa jadi penyebab jerawat di dada untuk sebagian orang. Kenaoa bisa gitu ya?

Ini karena gesekan dari kulit dan pakaian yang dikombinasikan dengan keringat.

Detergen

Detergen bikin baju bersih sehingga bakteri penyebab jerawat minggir jauh. Eh tapi untuk sebagian orang, detergen ini malah menyebabkan kemunculan jerawat.

3 dari 3 halaman

Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Jerawat di Punggung © Diadona

Selain menghindari penyebab jerawat di punggung, penting banget untuk tahu gimana sih cara menghilangkannya. Da yang pertama bisa kamu lakukan yaitu merawat bagian kulit yang berjerawat dengan produk perawatan yang juga kamu pakai di kulit wajah kamu.

Apakah itu saja? Tidak dong.

Mengutip laman Medical News Today, beberapa cara berikut bisa membantu meredakan jerawat sekaligus menghindari kemunculannya kembali:

Membersihkan Punggung

Sudahkah kamu rutin membersihkan punggug kamu dengan sabun dan air bersih?

Mandi Setelah Olahraga

Segera mandi setelah olahraga dan mengganti baju ya untuk menghindari kemunculan jerawat.

Jangan Menggosok Punggung Terlalu Keras

Karena ini malah bikin kulit kamu makin teriritasi

Jangan Memencet Jerawat

Saya tahu kok ini adalah ujian yang teramat berat. Tapi, jangan emmencet jerawat ya karena hal tersebut malah bikin jerawat makin parah,

Jangan Sampai Rambut Mengenai Punggung

Rambut panjang bisa menambah minyak dan kotoran ke kulit punggung kamu sehingga memunculkan jerawat di sana. Maka, keramaslah dengan teratur dan ikat rambut kamu.

Selain itu jangan biarkan kondisioner atau shampoo mengenai punggung ya.

Penyebab jerawat di punggung ada yang mudah dan susah untuk dihindari. Dicoba dulu deh untuk mendapatkan punggung mulus yang diimpikan!

Beri Komentar