Jangan Puas Berstatus Magang, Yuk Berusaha Naik Tingkat Jadi Karyawan Tetap!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 11 Mei 2020 11:15
Jangan Puas Berstatus Magang, Yuk Berusaha Naik Tingkat Jadi Karyawan Tetap!
Ini lho tipsnya..

Diterima magang di perusahaan yang kamu idam-idamkan emang sesuatu banget nih. Apalagi dengan suasana kerja yang nyaman dan pekerjaan sesuai dengan passion yang kamu miliki, dijamin pasti betah kan.

Nah, tapi kamu sebaiknya jangan berpuas diri berstatus sebagai anak magang. Kamu boleh juga kok berjuang untuk jadi karyawan tetap. Mengutip dari swara.tunaiku.com, ternyata kamu harus gerak cepat tapi tetap cerdas lho.

Daripada bingung-bingung, berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti agar bisa mencapai posisi karyawan yang kamu impikan.

1 dari 4 halaman

1. Bekali Diri dengan Berbagai Kemampuan

Sebelum mengajukan diri untuk internship di suatu perusahaan, maka sebaiknya kamu membekali diri dengan berbagai kemampuan. Bahkan saat sudah berstatus sebagai anak magang, menambah kemampuan lain pun tetap bisa bermanfaat lho.

2. Belajar Networking

Ilustrasi Magang © Diadona

Networking adalah salah satu hal terpenting dalam dunia kerja. Saat magang, kamu jangan sungkan untuk berinteraksi dengan rekan kerja lainnya ya..

2 dari 4 halaman

3. Manfaatkan Kesempatan Magang

Tidak peduli berapa lama kamu akan menjalani magang, tapi kamu tetap harus memanfaatkan momen magang dengan baik jika memang ingin meneruskan karier di perusahaan tersebut. Fokuslah belajar dan asah kemampuan, jangan lupa untuk aktif dan berani menyampaikan gagasan yang unik dan segar.

4. Ambil Inisiatif

Inisiatif itu perlu, tapi bukan berarti kamu selalu cari muka ya. Sebagai anak magang, kamu harus memiliki inisiatif untuk memulai pekerjaan. Jangan cuma diam-diam aja sembari menunggu diperintahkan ya..

3 dari 4 halaman

5. Cari Mentor

Ilustrasi Mentoring © Diadona

Keberadaan mentor ternyata penting juga lho. Mereka bisa membantu banyak hal soal dunia kerja, sekaligus membentuk karakter profesionalitasmu. Sementara meningkatkan kemampuan bersama mentor, jangan lupa untuk tetap membangun relasi lho..

6. Giat Belajar dan Jangan Ragu Bertanya

Selama magang, kamu harus giat bekerja. Asah setiap kemampuan agar kamu bisa semakin berkembang. Manfaatkan momen ini untuk sering bertanya, agar kau tidak salah langkah dalam pekerjaan yang kamu geluti.

4 dari 4 halaman

7. Menjaga Profesionalitas dan Meningkatkan Kualitas

Meskipun berstatus sebagai pemagang, kamu tetap wajib menjaga profesionalitas lho. Psahkan antara urusan kantor dan pribadi, dan tetaplah fokus selama jam-jam kerja.

Kualitas sebagai pekerja pun harus tetap dipertahankan. Sikap ramah, percaya diri, serta kedisiplinan harus benar-benar kamu terapkan.

Jika poin-poin tersebut kamu terapkan dengan baik, kesempatan menjadi karyawan tetap akan terbuka lebar. Jalan lupa diimbangi dengan doa, agar usahamu memberikan hasil yang terbaik. Semangat!

Beri Komentar