Kena PHK di Tengah Pandemi Bukan Akhir dari Segalanya kok, Yuk Move on!

Reporter : Mila
Rabu, 6 Mei 2020 13:57
Kena PHK di Tengah Pandemi Bukan Akhir dari Segalanya kok, Yuk Move on!
Yang lalu biarlah berlalu~

Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK menjadi mimpi buruk bagi para pekerja. Bukan cuma di Indonesia saja, PHK adalah musuh bagi semua pekerja di belahan bumi manapun. Siapa sih yang suka diberhentikan secara sepihak dan tiba-tiba oleh perusahaan? Tentunya nggak ada.

PHK sering kali dijadikan keputusan terakhir yang diambil perusahaan karena permasalahan yang terjadi di luar dugaan. Salah satunya, karena pandemi virus Corona atau covid-19 yang mengkhawatirkan ini. Sedikitnya pemasukan membuat perusahaan harus bertahan, salah satunya ya dengan memecat beberapa karyawannya.

Apapun alasannya, PHK memang bukan hal yang menyenangkan untuk para pekerja. Lalu, langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya kalau ternyata kamu adalah salah satu orang yang terkena PHK? 

Bukan perkara mudah, tapi semoga cara di bawah bisa membantu.

1 dari 3 halaman

Bersikap Bijak

PHK di Tengah Pandemi Corona © Diadona

Memang nggak adil, tapi marah ataupun menyalahkan siapapun bukanlah jalan keluar yang baik. Cobalah untuk bersikap bijak seperti orang dewasa pada umumnya. Perlu diingat bahwa PHK bukanlah keputusan yang mudah untuk perusahaan. Mereka juga memikirkan hal ini matang-matang. 

Jadi, bersikap tenang dan kalau perlu tanyakan segala sesuatunya dengan jelas, termasuk mengenai hak-hakmu sebagai pekerja, seperti pesangon, asuransi, dan sebagainya.

2 dari 3 halaman

Tetap Loyal

PHK di Tengah Pandemi Corona © Diadona

Biasanya perusahaan akan memberitahukan PHK sekitar 1 bulan sebelum tanggal pemberhentian itu tiba. Artinya kamu masih punya beberapa waktu untuk bekerja di kantor.

Cobalah untuk bersikap sebagai mana mestinya atau bahkan lebih baik. Buat kesan terakhir yang tak terlupakan untuk rekan kerja atau bahkan atasanmu. Bukannya nggak mungkin suatu saat kamu bertemu dengan mereka lagi, misal di kantor baru. Lagian nggak ada ruginya kan untuk bersikap baik?

3 dari 3 halaman

Pikirkan Strategi

PHK di Tengah Pandemi Corona © Diadona

Rasa sedih dan kecewa itu wajar, tapi jangan biarkan hal itu terus berlarut-larut. Saatnya untuk move on dan memikirkan strategi apa yang akan kamu ambil selanjutnya.

Pikirkan dengan baik apa yang akan kamu lakukan setelah PHK tiba. Mau bekerja di kantor lain kah, atau ingin mencoba usaha sendiri. Pikirkan plus dan minus setiap pilihan yang kamu ambil. Jangan tergesa-gesa dan tetap tenang ya.

Yakini bahwa PHK ini bukanlah akhir dari dunia. Mungkin saja ini jalan untuk kamu agar lebih berkembang. Good luck!

 

Beri Komentar