Dilema Masa Kini, Mau Kerja Kantoran atau Buka Usaha Sendiri?

Reporter : Mila
Rabu, 13 Mei 2020 13:57
Dilema Masa Kini, Mau Kerja Kantoran atau Buka Usaha Sendiri?
Tanyakan pertanyaan ini ke dirimu sendiri dulu deh sebelum memutuskan.

Menentukan jalan hidup, khususnya minat kerja, memang bukan perkara mudah dan harus dipikirkan matang-matang. Padahal sebenarnya menjawabnya gak sesusah itu kok, kalau kita sudah tahu arah passion kita.

Masalahnya kebanyakan dari kita masih bingung nih, mau kerja kantoran apa jadi wirausahawan. Nah biar tau passionmu mau dibawa kemana, mending jawab dulu deh 3 pertanyaan menyangkut karir berikut ini.

1 dari 3 halaman

Tugas Macam Apa sih yang Bikin Kamu Semangat?

Dilema Mau Kerja atau Buka Usaha © Diadona

Coba pikirkan deh, apa kamu lebih bersemangat ngerjain tugas yang sifatnya eksploratif atau yang udah ada ketentuannya?

Kalau kamu lebih suka ngerjain tugas-tugas yang mengasah kreativitas, bisa jadi nih kamu lebih cocok berkarir secara mandiri. Seperti membuka usaha atau bisnis sendiri yang ritme kerjanya fleksibel.

Beda halnya kalau kamu suka ngerjain tugas yang sifatnya sistematis, terstruktur, jelas. Bisa jadi artinya jiwamu adalah jiwa anak kantoran. Karena kamu lebih senang mengerjakan sesuatu yang sudah jelas harus apa dan bagaimana.

2 dari 3 halaman

Ngerasa Lebih Bisa Berkembang Kalau...?

Dilema Mau Kerja atau Buka Usaha © Diadona

Saat memasuki jenjang karir, kamu harus memastikan bahwa kamu bisa mengembangkan potensimu secara maksimal. Nah pertanyaannya, apakah kemampuanmu bakal berkembang pada saat kerja sama orang lain, atau saat jadi bos untuk diri sendiri?

Kalau misal kamu terbiasa mengatur segala sesuatunya sendiri dan nggak suka dikekang sama aturan, bisa jadi kamu memang cocok untuk membuka usaha. Kalau kamu orangnya nurut aja apa kata orang dan selama itu masuk akal, berarti fix deh kamu cocok di kantor aja.

3 dari 3 halaman

Lebih Sering Fokus sama Kerjaan yang Ada atau Mencari Ide Usaha Lain?

Dilema Mau Kerja atau Buka Usaha © Diadona

Kamu tuh tipikal yang fokus sama kerjaan yang udah dikasih, atau malah mencari ide usaha lain sih?

Kalau kamu memang suka fokus sama kerjaanmu yang udah ada, berarti kemungkinan besar kamu udah klop sama kerjaan ala kantoran. Tapi, kalau kamu masih mencari-cari inovasi dan ide usaha lain, mungkin ini saatnya kamu membuka usaha sendiri.

Apapun pilihan berkarirmu, mau kantoran atau buka usaha sendiri, yang terpenting adalah kamu harus melakukannya sepenuh hati ya. Semangat!

Beri Komentar