Modal Kecil Tak Jadi Penghalang untukmu Membuka Usaha, Ini Tipsnya!

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 8 Juli 2020 20:17
Modal Kecil Tak Jadi Penghalang untukmu Membuka Usaha, Ini Tipsnya!
Jangan kecil hati dulu walau tak punya modal, yuk baca sampai habis ya!

Keinginan untuk mulai usaha mungkin ada, namun tak jarang rasa semangat itu lenyap saat menyadari bahwa tak ada modal yang mendukung.

Jason Gozali, Founder Investor Muda, mengatakan bahwa keterbatasan modal bukan jadi satu-satunya hal yang bisa menghambat usaha. Dengan modal kecil pun, sebenarnya usaha sudah bisa berjalan.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Pebisnis © Diadona

" Pasti selalu ada cara buat apa mulai berbisnis dengan modal kecil misalnya," kata dia di Jakarta, seperti dikutip Minggu (5/7/2020).

Jason mengatakan, jika tak punya modal besar, salah satu cara yang bisa digunakan adalah konsinyasi. Yaitu suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan kemudian akan mendapatkan komisi tertentu.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Pebisnis Muda © Diadona

" Contoh saya mau jualan masker saya nggak punya modal sistemnya konsinyasi.Ya udah jualan dulu udah laku baru bagi hasil berdua itu kan tanpa modal sebenarnya kita bisa melakukan itu banyak sekali jadi ada sistem kepercayaan dan kolaborasi," kata dia.

Investor Muda sendiri sebenarnya berdiri tanpa modal. Sebab perusahaan yang dibangunnya itu merupakan jasa edukasi pasar modal. Di mana yang dibutuhkan adalah edukasi dan pemikiran yang disampaikan kepada klien.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Pebisnis © Diadona

" Karena bisnis saya jasa saya nggak butuh modal perlahan-perlahan kita kita lakukan konsisten orang percaya sama kita orang yang rela beli edukasi kita lama-lama punya modal tapi kalau bisnis harus perlu modal cara nomor satu adalah konsinyasi," tuturnya dia.

Beri Komentar