Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Alasan Kamu Perlu Ikuti Tes Minat dan Bakat

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 9 Desember 2020 06:45
Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Alasan Kamu Perlu Ikuti Tes Minat dan Bakat
Apakah kamu memerlukan alasan untuk mengikuti tes minat dan bakat?

Jika kamu adalah Fresh Graduate (FG) yang tidak tahu harus berbuat apa, atau karyawan yang selalu merasa kesal di tempat kerja, maka kamu perlu mencoba tes semacam ini.

Tes minat dan bakat merupakan cara untuk mengetahui minat dan ukuran kemampuan seseorang. Hasil ujian ini berupa asumsi bahwa setiap orang memiliki kecenderungan dan keterampilan tertentu.

Dengan tes minat dan bakat, seseorang dapat menentukan jalur karir yang ingin diambil dan memprediksi pencapaian di masa depan.

Jika definisi di atas tidak cukup untuk mendorongmu mengikuti tes minat dan bakat, melansir dari Karir.com, ini dia empat alasan lain.

1 dari 4 halaman

Memahami Perbedaan Minat dan Bakat

Ilustrasi Tes Minat dan Bakat © Diadona

Mungkin kamu pernah iri pada orang lain yang mengubah hobinya menjadi pekerjaan yang bermanfaat. Namun, tidak selalu berhasil untuk semua orang. Hanya karena kamu tertarik pada bidang tertentu belum tentu kamu memiliki bakat yang dibutuhkannya. Di sisi lain, hanya karena kamu mahir dalam sesuatu tidak berarti kamu akan menyukainya.

Tes minat dan bakat ini akan membuka wawasanmu tentang perbedaan di antara keduanya. Kemudian kamu akan memahami minat dan bakat batin Anda dan menemukan titik kompromi. Kemudian, kamu dapat memilih bidang yang dikuasai dan disukai.

2 dari 4 halaman

Mengungkap Bakat Tersembunyi

Ilustrasi Tes Minat dan Bakat © Diadona

Apakah kamu yakin dengan kemampuanmu di dunia kerja? Pikirkan lagi! Meskipun kamu merasa telah bekerja di bidang yang kamu sukai dan sudah menguasai setiap tugas yang diberikan, mungkin masih banyak potensi yang belum tergali. Jadi, salah satu alasan untuk mengikuti tes minat dan bakat adalah untuk mengungkap bakat terpendammu baik secara profesional maupun sosial.

Hasil tes minat dan bakat dapat menunjukkan bahwa kamu memang memiliki keahlian di bidang pekerjaanmu, sehingga membuka wawasan tentang kelebihanmu di bidang lain. Jawaban ini dapat membuatmu merasa lebih percaya diri dalam bekerja atau mencoba hal baru.

3 dari 4 halaman

Mengetahui Kekurangan Diri

Ilustrasi Tes Minat dan Bakat © Diadona

Terkadang, lebih mudah bagi kita untuk melihat kekurangan orang lain daripada diri kita sendiri. Ini adalah alasan kuat yang mendorongmu untuk mengikuti tes minat dan bakat.

Dengan memahami kekuranganmu, kamu seharusnya bisa merespons dengan lebih bijak. Kamu bisa berusaha meningkatkan diri sendiri. Misalnya, jika kamu dinilai tidak mahir berbicara di depan umum, kamu dapat mengikuti kelas berbicara di depan umum. Jadi pelatihan pengembangan diri yang dilakukan di luar jam kerja memakan waktu dan tepat sasaran di bagian terlemahmu.

4 dari 4 halaman

Menentukan Langkah Karir

Ilustrasi Tes Minat dan Bakat © Diadona

Pada titik ini, kamu akan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahanmu melalui tes minat dan bakat. Hasil tes ini bisa menjadi salah satu modal untuk mengambil langkah karir selanjutnya.

Bagi kamu yang belum pernah terjun ke dunia kerja, kamu bisa menyaring banyaknya lowongan yang tersedia di pasaran, dengan mengatur kelebihannya sesuai hasil tes minat dan bakat. Sedangkan bagi kamu yang selama ini merasa tidak nyaman dalam bekerja, tes minat dan bakat bisa menjadi jawaban atas perasaan cemasmu. Faktanya, minat dan bakatmu tidak ada pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Jadi, kamu dapat memutuskan pindah dan tempat tidur karier berikutnya.

Jika menurutmu tes minat dan bakat ini penting untuk pengembangan karier, maka kamu dapat mencoba mengikuti ujian semacam ini secara online. Hasil tes akan menjawab pertanyaan yang ada di dalam dirimu. Selain itu, bagi kamu yang sedang menjalani proses rekrutmen dan akan menghadapi ujian, tes minat dan bakat online juga bisa digunakan untuk latihan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar