Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu ya!

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 30 November 2020 14:18
Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu ya!
Bekerja di perusahaan startup memang menjadi pilihan karir bagi fresh graduate saat ini.

Terlebih dengan munculnya perusahaan startup dengan kelas unicorn di Indonesia yang menghasilkan prestise yang semakin besar.

Namun sebelum bekerja di perusahaan startup, ada baiknya persiapkan sikap dan mentalitasmu untuk kondisi berikut ini.

1 dari 4 halaman

Menjadi Seorang Workaholic

Ilustrasi Bekerja © Diadona

Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, startup biasanya membutuhkan pekerja yang dapat bekerja secara penuh. Faktanya, tidak jarang lembur menjadi bagian dari pekerjaan yang berkelanjutan.

Hal ini sebenarnya sangat wajar karena perubahan lingkungan pada saat startup sangat dinamis. Tidak jarang para pekerja di perusahaan startup mengorbankan waktu akhir pekannya agar sebuah proyek dapat diselesaikan dalam waktu yang dibutuhkan.

2 dari 4 halaman

Tingkat Stres dan Beban Kerja Tinggi

Ilutrasi Malas di Jam Kerja © Diadona

Target proyek yang tinggi dalam waktu singkat tentu dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi bagi para pekerja. Tidak jarang target ini merupakan permintaan langsung dari manajemen atas.

Sehingga mau tidak mau proyek tersebut harus berjalan sukses seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, jika kamu memang berniat bekerja di perusahaan startup, pastikan kamu memiliki mentalitas yang kuat.

3 dari 4 halaman

Jalur Karir Mentok

Ilustrasi Bekerja © Diadona

Struktur organisasi perusahaan startup pada umumnya masih sangat terbatas. Jadi ada kemungkinan jika perusahaanmu tidak berkembang, maka ada kemungkinan karirmu bisa macet.

Namun di satu sisi, ada juga kemungkinan bisa mendapatkan jenjang karir yang cepat. Jika kinerjamu benar-benar sangat bagus.

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Keterampilan

Ilustrasi Bekerja © Diadona

Salah satu nilai positif bekerja di perusahaan startup, kamu selalu dituntut untuk belajar. Karena perkembangan industri yang terus berkembang pesat, terkadang perusahaan membutuhkan karyawan untuk menguasai beberapa bidang sekaligus.

Jika kamu sangat suka mempelajari skill baru, maka bekerja di perusahaan startup adalah pilihan yang tepat. Namun jika kamu kurang nyaman, maka sebaiknya jangan mencoba memasuki dunia yang satu ini. Gimana? Mau coba bergabung di startup?

Beri Komentar