Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja dari Perusahaan Beserta Contohnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 Oktober 2020 16:19
Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja dari Perusahaan Beserta Contohnya
Barengan dengan cara menulis surat pengunduran diri, kamu juga harus tahu poin apa aja yang kudu ada di surat tersebut biar proses resign kamu terjadi dengan baik.

Jadi, mau keluar pekerjaan nih ceritanya? Oke sekarang saatnya belajar cara membuat surat pengunduran diri kerja.

Sebelum mengajukan suart pengunduran diri, tentu dong kamu udah ngobrol sama bos kamu untuk ngasih tahu kalau kau akan resign. Surat pengunduran diri ini kamu buat untuk menentukan sisa waktu di pekerjaan ini sekaligus menentukan gimana hubungan kamu dengan kantor ini ke depannya. Jadi, baiknya luangkan waktu untuk cari tahu gimana cara membuat surat pengunduran diri lebih awal sebelum kamu serahkan. Tentu ini biar kamu punya waktu untuk memolesnya.

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri © Diadona

Ada beberapa dasar-dasar dari cara membuat surat pengunduran diri ini. Gini, kamu nggak perlu terlihat sangat kreatif, karena jujur, itu nggak diperlukan. Sertakana alasan pengunduran diri kamu dengan sederhana. Atau bisa juga sertakan kutipan landasan hukum yang mendasari kamu mengajukan penguduran diri, misalnya karena kontrak bekerja sudah kamu atau adanya peraturan perusahaan.

Cara membuat surat pengundura diri dari pekerjaan dilakukan dengan sederhana, yakni cukup sebutkan posisi pengunduran diri dan tanggal efektif kamu bekerja.

Selanjutnya, jangan lupa mengucapkan terimakasih ke atasan kamu atas kesempatan buat bekerja di tempat tersebut. Jelaskan tentang hal penting apa saja yang kamu nikmati dan pelajari di tempat kerja. Dalam cara membuat suart pengunduran diri, tetap jalin hubungan baik karena siapa tahu kamu membutuhkan orang-orang di kantor lama ini untuk referensi di kemudian hari. Lagian, penting banget untuk meninggalkan catatan yang positif tentang diri kita, ya kan?

Terakhir, nyatakan kesediaan kamu untuk membantu transisi pekerjaan. Kamu nggak perlu menjelaskan secara mendetail atau menjadikan apapun yang nggak bisa kamu berikan. Tapi seenggaknya dalam cara membuat surat pengunduran diri, ada suatu kalimat yang menyatakan kalau kamu akan memastikan penyelesaian tugas dengan lancar sampai waktu terakhir kamu bekerja.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri © Diadona

Kalau udah tahu poin apa yang perlu dimuat dalam cara membuat surat pengunduran diri, berikut beberapa contohnya:

Contoh #1

Surat Pengunduran Diri

Purwokerto, 15 Juni 2020
Kepada Yth,
HRD Manager
PT.
Jl. Jend. Sudirman Kav 153
Purwokerto


Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini, saya, Windi Atistanti, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Flamboyan Cipta Megah sebagai staf Keuangan, terhitung sejak 1 Juli 2020.

Adapun alasan saya memutuska mengundurkan diri karena saya menerima tawaran beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Strata 2 di Universitas Indonesia.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Flamboyan Cipta Megah. Saya memohon maaf kepada para karyawan dan managemen PT. Flamboyan Cipta Megah apabila terjadi kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Selama dua minggu terakhir, saya akan melakukan semua kemungkinan untuk menyelesaikan tugas saya, melakukan serah terima dan melatih anggota tim lainnya. Apabila ada hal yang bisa saya lakukan, mohon beritahu saya untuk membantu seama masa transisi.

Saya berharap perusahaan terus sukses, dan say berharap hubungan baik tetap terjalin di masa depan.

Hormat Saya,

Windi Atistanti


Contoh #2

Kepada Yth.
Kepala Departemen Quality Control
PT. Sejahtera Bersama Marsindo
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Rena Dyas Nafisa
Tempat, tgl. lahir : Malang, 24 Mei 1989
No. Pegawai : D5463
Bekerja sejak : 2017

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staf Maintenance departemen Quality Control PT. Makmur Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena harus mengikuti suami yang berpindah tugas ke Medan.

Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen Quality Control (boleh sebutkan nama) beserta rekan-rekan dalam departemen.

Saya mohon maaf apabila selama bertugas saya melakukan kesalahan-kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Semoga departemen Quality Control semakin jaya dan membantu dalam memajukan perusahaan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Rena Dyas Nafisa

Contoh #3

Surabaya 16 Februari 2017
Yth,
Kepala. HRD
PT. Gunung Bumi

Dengan Hormat,
Saya menghargai kesempatan yang telah diberikan di PT. Gumilang Inti Sejahtera dan bimbingan dan dukungan profesional Anda. Saya berharap Anda dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

Nama : Muhammad Fadhlan Idris
Departemen : Produksi
Jabatan : Operator
No Karyawan : 45450054

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Gumilang Inti Sejahtera karena sakit sakit berkepanjangan. Surat ini saya buat dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial serta tanpa motivasi negatif. Saya berharap kepada perusahaan supaya dapat memahami kondisi saya, sehingga bisa memberikan hak sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran yang saya buat dengan sebenarnya. Atas bimbingan dan dukungan yang telah banyak diberikan selama ini saya mengucapkan terimakasih.

Dengan hormat

[Tanda Tangan]
Muhammad Fadhlan Idris

Cara membuat surat pengunduran diri tersebut terlihat tak jauh berbeda dari masing-masing contohnya ya. Silahkan kamu modifikasi sesuai dengan data diri kamu dan pilih mana yang paling sesuai untuk kamu. Selamat berkatier di tempat baru!

Beri Komentar