Gak Boleh Asal, Ini Tips Membangun Bisnis Bersama Anggota Keluarga!

Reporter : Mila I
Selasa, 6 Oktober 2020 07:57
Gak Boleh Asal, Ini Tips Membangun Bisnis Bersama Anggota Keluarga!
Kalau salah malah bisa jadi sumber masalah!

Bekerja bersama anggota keluarga atau memperkerjakan mereka di perusahaanmu, memang terdengar asik dan bisa jadi cara yang baik untuk membuat bisnismu lebih maju. Tapi perlu diingat, hal ini harus kamu lakukan dengan benar, kalau nggak bisa-bisa malah bikin kamu frustrasi dan urusan perusahaan kacau.

Sebelum memutuskan apakah kamu akan berbisnis atau mempekerjakan anggota keluarga, kamu harus paham dulu sama pro dan kontranya. Kenapa? Karena keluarga itu sifatnya pribadi dan pekerjaan itu sifatnya profesional. Jika kamu mencampurkan keduanya, semuanya akan kacau.

Oleh karena itu sebelum berbisnis bersama anggota keluarga ataupun mempekerjakan mereka, kamu harus melakukan banyak persiapan, dedikasi, dan komunikasi untuk membuatnya berhasil.

Nah biar kamu gak bingung, kita Tim DIADONA.ID merangkum tips berbisnis atau memperkejakan anggota keluarga. Yuk simak!

1 dari 3 halaman

Komunikasikan Tujuan dengan Jelas

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa komunikasi itu penting. Jadi langkah pertama adalah komunikasikan dengan jelas apa yang kamu harapkan dari mereka. Seperti contohnya deskripsikan pekerjaan/jobdesc mereka dengan jelas.

Berencana Membangun Bisnis Bersama Anggota Keluarga? Perhatikan Dulu deh Hal-Hal Berikut Ini! © Diadona

Selain itu untuk mempertahankan hubungan profesional saat bekerja, sebaiknya terapkan juga batasan yang  bisa mempermudah pemisahan hubungan pribadi kalian dari hubungan profesional.

2 dari 3 halaman

Pastikan Mereka Memenuhi Syarat

Banyak kasus dimana pemilik usaha mempekerjakan anggota keluarga hanya karena mereka adalah keluarganya. Nah hal seperti itu yang harus kamu hindari.

Hal seperti itu justru akan menghancurkan bisnismu dalam  jangka panjang. Kalau kamu mempertimbangkan untuk mempekerjakan anggota keluarga, pastikan mereka memiliki kualifikasi, skill, dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu. Jadi gak boleh asal ya guysss!

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Hak Istimewa

Hal ini juga sering terjadi kalau kamu berbisnis atau mempekerjakan anggota keluarga. Jangan mentang-mentang mereka memiliki hubungan keluarga denganmu, bukan berarti kamu memperlakukannya istimewa. Hal tersebut bisa menimbulkan kebencian dan perselihan antar pekerja lain.

Berencana Membangun Bisnis Bersama Anggota Keluarga? Perhatikan Dulu deh Hal-Hal Berikut Ini! © Diadona

Di lain sisi juga kamu pasti gak mau menyalahgunakan hubunganmu dengan anggota keluarga. Jadi pastikan bahwa semua karyawanmu, anggota keluargamu, menerima perlakuan yang sama. Gak boleh pilih kasih!

Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk kamu. Good luck!

Beri Komentar