Tips Rintis Karir Sebagai Makeup Artis Pemula Ala MUA Ikawati Fitria dari Ikea Makeover

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 8 Oktober 2020 11:22
Tips Rintis Karir Sebagai Makeup Artis Pemula Ala MUA Ikawati Fitria dari Ikea Makeover
Sebenarnya apa aja sih yang dibutuhkan seorang makeup artis?

Menjadi seorang Makeup Artis memang kini nampaknya menjadi minat banyak orang. Tak hanya wanita, tak sedikit juga pria yang tertarik dengan dunia ini. Hal ini pun membuat kita dapat menemukan MUA dengan berbagai ciri khas dan karakternya masing-masing.

Banyaknya MUA yang ada tentu membuat para MUA pemula ragu atau mungkin bingung. Makeup kini tak hanya seputar handal atau tidak, melainkan juga karakter, ciri khas dan juga marketing,

Nah kali ini MUA Ika Safitri yang pernah menjadi MUA beberapa selebriti seperti Aurel Hermansyah, Ashanty, Dinda Hauw, Tasya Kamila hingga Mawar Eva De Jonge akan membagikan tips menjadi pemula untuk makeup artis, simak berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Peralatan Lengkap

MUA Ikawati FitriaMUA Ikawati Fitria © doc. Ikawati Fitria

Memiliki makeup yang lengkap tentu menjadi faktor penting bagi seorang MUA. Ika menekankan jika seorang MUA juga dianggap proffesional ketika mereka tak hanya memiliki makeup yang lengkap saja, namun juga peralatan lainnya.

" Harus set brushnya lengkap, koper makeup minimal cermin sama lampu, alat-alat makeupnya lengkap. Dari primer, concealer, eye liner, foundation, semua harus ada dan lengkap." ungkap Ika.

2 dari 5 halaman

Attitude

Ikawati Fitria bersama Hamida Rachmayanti dan Nesa AqilaIkawati Fitria bersama Hamida Rachmayanti dan Nesa Aqila © Instagram.com/@ikeamakeover

Attitude merupakan faktor terpenting lainnya. Meski memiliki peralatan yang lengkap dan skill yang mumpuni, namun jika tak dibarengi attitude yang baik dan proffesional maka hal ini tak akan berdampak baik.

" Yang paling penting untuk jadi MUA selain toolsnya lengkap. Attitudenya harus baik, tau konsekensi seperti harus bangun pagi banget." ungkap Ika.

" Good attitude, skillnya makeupnya juga rapih. Nggak usah karakter dulu, pokoknya rapih aja yang penting." tambahnya.

3 dari 5 halaman

Terus Belajar

MUA Ikawati FitriaMUA Ikawati Fitria © doc. Ikawati Fitria

Cepat berpuas diri dirasa dapat menjadi bumerang bagi Ika. Hal ini karena menjadi seorang MUA berarti harus terus mengikuti update terbaru,

" Terus nggak boleh cepat berpuas diri juga. Karena makeup itu kayak fashion, terus berubah. Jadi bener-bener emang harus up to date sih." ujarnya.

Ika pun menambahkan untuk para MUA pemula agar memperbanyak menonton tutorial makeup agar dapat memperbanyak insight,

" Ini lebih ke teknis ya, banyakin nonton Youtube tutorial. Jadi saat lihat makeup tuorial biar tau yang bagus. Jadi saat milih beli produk itu udah tau mana yang mau dibeli." jelas Ika.

4 dari 5 halaman

Manfaatkan Media Sosial

      View this post on Instagram

Kakak manis yang sedang duduk manis @aurelie.hermansyah

A post shared by INDONESIAN MAKE UP ARTIST (@ikeamakeover) on

Mengawali karirnya sebagai MUA melalui unggahannya di Instagram,  Ika pun menyarankan agar para MUA pemula tak segan untuk memberikan makeup secara cuma-cuma bagi teman atau orang sekitarnya. Karena hal ini dapat menjadi portofolio sendiri sebagai pertimbangan klien.

"Nah udah harus sering-sering latian. Kalau belum ada klien, jadi biar ig kalian ada isinya, ya makeup-in tuh tante, ya temen. Ada tuh aku makeup temen aku nikah ada 5 orang, udah nggak usah bayar. Tapi kan dari situ aku dapet portofolio." jelas Ika.

"Habis itu kan orang jadi kayak, oiya ya emang bagus" tambahnya.

5 dari 5 halaman

Asah Skill Foto

      View this post on Instagram

Thank you 2018 . . . Thank you all my beloved friends and beauties in my IG family . . . Love you all, . . . 2019, let’s take another million steps together ????????

A post shared by INDONESIAN MAKE UP ARTIST (@ikeamakeover) on

Tak hanya makeup dan memanfaatkan media sosial, mengasah skill foto ternyata juga jadi hal penting lho bagi MUA.

Menurut Ika tak masalah meski hanya menggunakan handphone, asal dapat mengerti angle yang tepat dan menarik.

"Skill untuk foto. Meski pakai hape pun foto lah hasil yang bagus. Ini juga salah satu hal yang harus aku tingkatkan lagi." ujarnya.

Nah jadi itu dia tips MUA Ikawati Fitria bagi para makeup artis pemula. Memang tak mudah, namun jika terus berusaha pasti akan mendapatkan hasil. Selamat mencoba!

Beri Komentar