Tips Mengurangi Produksi Minyak Berlebih pada Kulit Kepala

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 14 Juli 2021 12:15
Tips Mengurangi Produksi Minyak Berlebih pada Kulit Kepala
Ngerasa rambut sering berminyak? Gini cara ngatasinya.

Kulit kepala yang berminyak seringkali membuat batang rambut ikut berminyak, alhasil rambut terlihat lebih mudah lepek dan layu. Jika mengalami kondisi seperti ini, biasanya kita akan berushaa menghilangkan minyak tersebut sampai nggak bersisa.

Ternyata hal semacam ini justru salah loh. Minyak di kulit kepala dan rambut justru tetap diperlukan. Semakin sering kita mencoba menghilangkannya, kulit kepala justru akan lebih banyak memproduksinya.

Langkah terbaik untuk mengatasinya yakni dengan mengurangi sedikit demi sedikit atau 'melatih' kulit kepala untuk memproduksi minyak secukupnya. Melansir dari Asia One, berikut ada 5 tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Rutin keramas

Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © shutterstock.com/g/Torwai Seubsri

Pertama, kamu harus keramas secara rutin. Jarang keramas akan membuat minyak menumpuk, sedangkan terlalu sering keramas justru menghilangkan minyak alami di kulit kepala.

Coba keramas secara rutin dengan cara yang tepat. Yakni dengan mengaplikasikan sampo hanya di kulit kepala. Jika kulit kepala tertutup sempurna dengan sampo, maka bagian batang rambut akan otomatis ikut terbersihkan.

2 dari 6 halaman

2. Pilih sampo yang tepat

Kedua, pilihlah sampo yang tepat untuk mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala yang kamu alami. Jika kamu merasa produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut, maka carilah sampo yang membantu mengontrol minyak tapi tidak menghilangkan minyak alami yang ada.

Sebisa mungkin pilih sampo yang diformulasikan dari bahan alami. Hindari bahan berbahaya seperti sulfat dna paraben karena bisa mengeringkan dan mengiritasi kulit kepala, bahkan menyebabkan warna rambut memudar hingga terjadi kerontokan.

3 dari 6 halaman

3. Sesekali gunakan dry shampoo

Ilustrasi Penggunaan Dry ShampooIlustrasi Penggunaan Dry Shampoo © shutterstock.com/g/SergioMonti

Di sela-sela hari atau jeda waktu sebelum keramas, kamu bisa menggunakan dry shampoo jika memang minyak di kulit kepala terlalu menumpuk. Semprotkan dry shampoo tersebut di area kulit kepala yang rentan berminyak parah.

Pastikan benar-benar menyemprotkan di kulit kepala, agar produknya bekerja yaa. Hal ini juga penting banget buat kamu yang rajin olahraga dan perlu penyegaran di kulit kepala.

4 dari 6 halaman

4. Kurangi konsumsi makanan berminyak

Sama seperti kulit di area wajah, kulit kepala pun memiliki kelenjar minyak. Untuk mengontrol produksi minyak yang dihasilkan, maka kamu bisa mengakalinya lewat makanan yang dikonsumsi.

Coba deh kurangi atau bahkan hindari makanan berminyak. Cara ini akan membantu mengurangi produksi minyak di wajah maupun kulit kepala.

5 dari 6 halaman

5. Batasi penggunaan produk perawatan rambut

Ilustrasi Produk Perawatan RambutIlustrasi Produk Perawatan Rambut © shutterstock.com/id/g/KiviStudio

Penggunaan produk perawatan rambut secara berlebihan bisa mengakibatkan penumpukan di kulit kepala. Alhasil, perilaku ini juga memicu peningkatan produksi minyak karena kulit kepala jarang dibersihkan.

Penumpukan ini membuat folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak, berakibat pada kondisi gatal, iritasi, atau bahkan jerawat di kulit kepala. So, gunakan produk perawatan sewajarnya aja yaa.

Beri Komentar