Cegah Kerusakan, Ini Tips Melindungi Rambut saat Kamu Tidur

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 20 Mei 2021 17:15
Cegah Kerusakan, Ini Tips Melindungi Rambut saat Kamu Tidur
Cara tidur berpengaruh pada kondisi rambut loh..

Belakangan ini, hampir semua orang fokus untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. It's okay, karena hal tersebut memang diperlukan. Tapi, pernah nggak kamu mencurahkan perhatian untuk merawat rambut bahkan sesaat sebelum tidur?

Melansir dari Stylist, Dr Ophelia Veraitch, pemimpin klinik rambut di London menyebut bahwa tanpa perlindungan di malam hari, rambut bisa melemah bahkan hingga mengalami patah. Pasalnya, saat kita tidur, rambut mungkin mengalami gesekan dan tarikan yang tidak disengaja.

Tanpa disadari, kondisi rambut kita sebenarnya dipengaruhi oleh perlakuan sehari-hari. Dan yang paling berpengaruh yakni kondisi rambut saat kita sedang tertidur.

1 dari 5 halaman

Penggunaan sarung bantal satin

Ilustrasi Penggunaan Sarung Bantal SatinIlustrasi Penggunaan Sarung Bantal Satin © shutterstock.com/id/g/YuliyaL

Menurut Dr Veraitch, penggunaan sarung bantal berbahan sutra sedikit banyak bisa memberi perlindungan terhadap rambut sepanjang malam. Kain sutra memungkinkan rambut untuk bergerak dan meluncur secara alami, hal ini sekaligus meminimalisir timbulnya kerusakan-kerusakan. Jika kamu tidak mempunyai sarung bantal sutra, kamu bisa menggunakan penutup rambut berbahan sutra yang juga melindungi rambut sekaligus membantu menyerap minyak berlebih.

2 dari 5 halaman

Bolehkah mengikat rambut saat tidur?

Ilustrasi Mengikat RambutIlustrasi Mengikat Rambut © shutterstock.com/id/g/natthwon

Saat malam hari, sebisa mungkin biarkan rambut tergerai. Jangan tidur dengan kondisi rambut terikat, karena hal itu membuat akar dan batang rambut mengalami tekanan dan ketegangan. Kalaupun harus diikat, pilihlah ikat rambut berbahan sutra atau satin agar tetap lembut di rambut.

3 dari 5 halaman

Sisir rambut sebelum tidur

Ilustrasi Menyisir RambutIlustrasi Menyisir Rambut © shutterstock.com/id/g/Roman Samborskyi

Cara yang satu ini mungkin hampir jarang dilakukan, namun justru sangat baik jika dipraktikkan. Menyisir rambut sebelum tidur dipercaya bisa mencegah rambut kusut saat malam hari. Cara ini juga bisa membantu kamu terbangun dengan kondisi rambut yang lebih mudah diatur.

4 dari 5 halaman

Bolehkah tidur dengan rambut basah?

Ilustrasi Rambut BasahIlustrasi Rambut Basah © shutterstock.com/id/g/puhhha

Dr Veraitch menyebut bahwa rambut akan berada pada kondisi paling lemah saat sedang basah. Tidur dalam kondisi rambut basah hanya akan membuat rambut jadi patah. Bahkan meski dalam kondisi setengah basah dan kamu mengikatnya, batang rambut akan mengalami ketegangan. So, keringkan dulu rambut basah, baru pergi tidur yaa..

Beri Komentar