Menurut Hair Stylist, Begini Cara Keramas yang Benar untuk Rambut yang Diwarnai

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 6 Juli 2021 09:15
Menurut Hair Stylist, Begini Cara Keramas yang Benar untuk Rambut yang Diwarnai
Apa kamu sudah keramas dengan benar selama ini?

Hampir semua orang pasti menerapkan pola yang sama saat keramas, yakni sampo lebih dulu baru kondisioner kemudian. Cara yang mungkin sudah praktikkan selama bertahun-tahun ini justru kurang tepat loh!

Melansir dari AsiaOne, seorang hair stylist membagikan cara keramas yang benar utamanya bagi rambut yang dicat/diwarnai. Berikut tahapannya.

1 dari 4 halaman

1. Pakai kondisioner lebih dulu

Ilustrasi Memakai Hair Conditioner © Diadona

Setelah membasahi rambut, yang pertama perlu diaplikasikan adalah kondisioner. Oleskan kondisioner dari tengah sampai ujung rambut.

Kemudian, kamu bisa membilasnya agar tidak licin atau membiarkannya begitu saja. Lanjutkan dengan mengaplikasikan sampo pada helai rambut yang sudah basah.

2 dari 4 halaman

2. Aplikasikan sampo dengan cara yang benar

Ilustrasi Keramas © Diadona

Cara yang benar dalam mengaplikasikan sampo terbagi dalam beberapa hal. Pertama, jangan gosok kulit kepala dengan kuku karena bisa menimbulkan iritasi dan menyebabkan timbulnya minyak berlebih di kulit kepala.

Kedua, jangan menggunakan air panas karena bisa membuka pori-pori pada kulit kepala. Yang paling tepat yakni dengan menggunakan air dingin atau air suam-suam kuku jika cuaca sedang dingin.

Ketiga, gunakan bantalan ujung jari untuk meratakan sampo. Kamu bisa memulainya dari samping, lalu ke arah tengah, dilanjutkan ke ubun-ubun, lalu baru ke bawah. Berikan pijatan-pijatan ringan untuk merilekskan kulit kepala dan memperbanyak busa sebelum dibilas.

3 dari 4 halaman

3. Gunakan kondisioner lagi atau hair mask

Ilustrasi Memakai Hair Mask © Diadona

Jika rambutmu tidak dicat/diwarnai, kamu cukup menggunakan kondisioner sekali lagi usai sampo. Namun jika dicat/diwarnai, sebaiknya pilihlah penggunaan hair mask.

Kondisioner dan hair mask bisa membantu rambut menyerap nutrisi dengan lebih baik. Sekalipun harus beberapa kali bilas, trik ini bisa membantu rambut jadi lebih lembut dan bervolume.

Beri Komentar