Suka Mager Bersihin Makeup Sebelum Tidur? Siap-Siap Hadapin Masalah Kulit Ini, deh!

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 29 April 2020 06:30
Suka Mager Bersihin Makeup Sebelum Tidur? Siap-Siap Hadapin Masalah Kulit Ini, deh!
Masih malas bersihin makeup sebelum tidur?

Saat pulang kerja atau hang out malam, kadang kita suka mager ya jika harus bersihin makeup lebih dulu. Apalagi, bila badan sudah ngerasa capek, bawaanya pasti pingin langsung tidur. 

Eits, tapi tahu nggak sih bila hal ini itu bisa berdampak buruk lho pada wajah. Seberapa besar sih dampaknya? Yuk langsung saja kita simak ulasannya yang dilansir dari Huffpost berikut ini.

1 dari 3 halaman

Timbul Garis-Garis Halus dan Jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Menurut dr. Eric Schweiger, dermatologis sekaligus pendiri Clear Clinic, saat kita tidur dengan makeup, hal ini bisa menyebabkan kita terpapar radikal bebas yang nggak perlu. Nah, radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan pada kolagen yang sehat. Akibatnya, bisa menimbulkan garis-garis halus pada kulit.

" Radikal bebas dari lingkungan (seringkali dalam bentuk polusi) tetap ada di kulit saat kamu tak membersihkan wajah dengan baik di malam hari. Radikal bebas menyebabkan kerusakan kolagen dari waktu ke waktu, yang menghasilkan pengembangan garis-garis halus dan penuaan dini," kata dr. Schweiger.

Nggak hanya itu saja, tidur dengan makeup juga bisa menyumbat pori-pori yang pada akhirnya bisa menimbulkan jerawat. Duh, pasti nggak mau kan jika wajah kita jadi jerawatan, girls.

2 dari 3 halaman

Sebabkan Iritasi Mata

Ilustrasi Iritasi MAta © Diadona

Lebih detail lagi nih, tentang riasan mata. Bila kamu malas membersihkan riasan di bagian satu ini, meski nggak akan menimbulkan garis-garis halus maupun jerawat, tapi maskara dan eyeliner yang enggak sengaja kegosok dengan bantal bisa masuk ke mata dan menyebabkan iritasi.

 

Bila kamu tetap saja tidur dengan makeup mata berkali-kali, hal ini bisa menimbulkan penyumbatan folikel rambut kecil dan kelenjar minyak pada kelopak mata. Saat area ini tersumbat, bakteri bisa menumpuk dan menyebabkan peradangan. Ngeri juga ya.

3 dari 3 halaman

Membuat Wajah Menjadi Kusam

Ilustrasi Wajah Kusam © Diadona

Lain lagi nih dengan foundation, bila kamu masih suka menggunakan foundation dan primer terutama yang berbasis minyak tebal saat tidur, hal terburuk yang bakal terjadi yakni akan timbul komedo, jerawat, dan kulit kusam.

Nah, itulah sederet hal yang bakal terjadi pada wajahmu jika malas membersihkan makeup sebelum tidur. So, masih malas bersihkan makeup malam ini?

Beri Komentar