Cara Membuat Infused Water Lemon dan Timun untuk Jerawat agar Tidak Pahit

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 7 Februari 2020 17:49
Cara Membuat Infused Water Lemon dan Timun untuk Jerawat agar Tidak Pahit
Minuman ini lagi ngetrend banget karena selain rasanya yang enak, cara membuatnya juga mudah.

Pernah nggak sih kamu merasa bosen minum air putih? Padahal demi kesehatan, kamu wajib mencukupi kebutuhan cairan per hari kamu. Kebanyakan orang nggak mau minum air putih karena males, atau rasanya ya yang gitu-gitu doang. Yah, namanya juga air putih, sistaa.

Nah mungkin infused water bisa membantu kamu. Infused water adalah air yang diisi dengan potongan buah segar untuk menambah rasa. Banyak orang mengatakan kalau infused water ini punya banyak kandungan vitamin dari potongan buahnya, padahal menurut nutritionstripped.com, jumlah vitaminnya nggak sebanyak kalau kita beli minuman vitamin di toko-toko.

Namun tentu ini lebih baik dibanding kalau kamu minum minuman yang dijual. Kebanyakan minuman tersebut mengandung pengawet, pemanis buata, pewarna dan lainnya. Mending pantengin cara membuat infused water ini deh, biar kamu tetap bisa minum enak tanpa bikin kantong jebol.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Infused Water Lemon

Ilustrasi Infused Water © Diadona

Sebelum masuk dalam cara membuat infused water, ada baiknya deh kamu simak beberapa tips berikut ini

Bahan

Kalau bisa, pilih bahan-bahan terbaik seperti buah organik. Namun kalau nggak bisa karena harganya yang mahal minta ampun, atau ketersediaannya yang kurang, kamu bisa mencucinya dan membilasnya dengan bersih untuk menghilangkan bahan kimia, pestisida, dan residu lainnya.

Air

Gunakan air dingin, karena air panas bakalan bikin buah-buahan tersebut rusak. Dalam cara membuat infused water, air panas juga akan berbahaya buat nutrisi yang ada dalam buah.

Tempat Penyimpanan

Untuk menyimpan infused water, nggak ada salahnya menggunakan botol kaca sederhana yang kedap udara. Infused water ini bsia disimpan selama kurang lebih satu minggu di kulkas atau sampai rasanya sudah nggak ada lagi.

Salam cara membuat infused water, letakkan air pada suhu ruang selama tidak lebih dari 2 jam. Setelah itu, letakkan di lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Masukkan mentimun, buah jeruk, melon dan air mint segera. Sementara Apel, kayu manis, jahe segar, dan rosemary perlu direndam semalam di lemari es.

Dalam cara membuat infused water, melon dan irisan strawberry dan melon akan terasa setelah terendam air setelah beberapa jam; sementara jeruk, dan buah beri utuh nggak akan ada masalah bahkan setelah berjam-jam di lemari es.

Kalau kamu belum ingin minum infised water tersebut dalam kurun waktu 24 jam, maka saring bahan-bahan padatanya, dan bsia kamu dinginkan selama kurang lebih 3 hari.

Kalau kamu ingin minum infused water sepanjng hari, maka isi ulang infused water tersebut ketika sudah sampai setengah isi. Memang sih rasanya akan jadi lebih lemah, tapi masih lumayan banget kok.

Tips

  1. Buah yang lebih lunak seperti jeruk dan stroberi dapat diiris tebal, tipis, dibelah dua, atau dipotong-potong.
  2. Buah yang lebih keras seperti apel harus diiris sangat tipis karena mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan rasa.
  3. Kalau kamu ingin memasukkan rempah dalam cara membuat infused water, maka Hancurkan akar jahe berserat, rosemary, dan serai dengan muddler atau sendok kayu; sobek atau hancurkan herba berdaun seperti mint, basil, dan cilantro untuk melepaskan minyaknya.

Cara membuat infused water lemon ini mudah banget kok, rasanya juga enak karena rasa asam yang menyegarkan. Ditambah, lemon bagus untuk membersihkan sistem pencernaan.

Begini cara membuat infused water lemon

  • Tempatkan 2 lemon yang diiris tipis ke dalam botol
  • Tambahkan dua liter air
  • Dinginkan selama 2 hingga 4 jam sampau lemon meresap
  • Aduk rata, buang irisan lemon
  • Untuk penyajian, tambahkan irisan lemon segar untuk hiasan
  • Infused water lemon ini akan disimpan dalam lemari pendingin sampai dua hari

Nggak cuman lemon doang, kamu bisa menambahkan berbagai buah dalam cara membuat infused water lemon ini.

Infused Water Lemon, Jahe dan Kunyit
Bahan yang Dibutuhkan
1 sendok makan kunyit bubuk
4 iris jahe segar
1/2 lemon, iris
2 liter air

Cara membuat infused water lemon juga nggak jauh berbeda dengan membuat infused water yang lainnya.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Infused Water Agar Tidak Pahit

infused water © Diadona

Rasa pahit yang biasanya muncul pada infused water biasanya disebabkan oleh kulit jeruk yang terendam selama lebih dari empat jam. Untukitu dalam cara membuat infused water, kupas jeruknya sebelum direndam. Atau kamu juga bisa merendamkanya tanpa kulit selama 4 jam, trus diambil dan menambahkan irisan jeruk untuk membuatnya penampakan insufed water jadi lebih segar.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Infused Water untuk Jerawat

Ilustrasi Infused Water © Diadona

Dari laman thebutterhalf.com, ternyata ada lho ramuan infused water yang bikin kulit jadi jauh dari jerawat. Apaan tuh? Yakni infused water dari buah jeruk.

Kok bisa seperti itu? Dari buku berjudul How Not to Die bahwa makan jeruk dapat membantu meningkatkan sirkulasi. Air jeruk disebut mampu membersihkan tubuh, membuat kulit jadi bersih dari hormonal acne.

Nah, gimana kalau membuat infused water dari jeruk dan buah kiwi?

Cara membuat infused water dari jeruk dan buah kiwi:

Bahan
1600 ml air
1/2 buah jeruk, iris tipis
1 kiwi, potong-potong
beberapa daun kemangi segar, tambahkan sesukamu

Cara Membuat Infused Water
Tambahkan seluruh bahan ke air, aduk, lalu simpan di lemari es

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Infused Water Timun

Ilustrasi Infused Water © Diadona

Mentimun disebut cocok banget untuk infused water karena membantu dengan retensi air dan punya sifat inflamasi. Timun yang dikombinasikan dengan lemon merupakan bahan yang bsia membantu pencernaan, membersihkan racun dari tubuh dan mengurangui nafsu makan. Nggakada salahnay menambahkan beberapa lembar daun mint dalam cara membuat infused water ini.

Cara membuat infused water timun
1/4 mentimun, iris
1/2 lemon, iris
1 liter air dingin

Biarkan campuran meresap setidaknya selama 2 jam atau semalaman biar rasanya makin enak,

Infused water lemon, timun dan tambahan beberapa lembar mint ini banyak ditemui di kafe Los Angeles karena bagsu banget untuk kesehatan. Ini karena lemon disebut sebagai pembunuh racun untuk tubuh dan kulit, menstimulasi kemampuan sistem limfatik untuk mengeluarkan racun yang menumpuk di kelenjar getah bening, kandung kemih, dan usus besar kamu.

Beri Komentar