Jarang Pakai Sunscreen Bisa Timbulkan 4 Masalah Kulit Sekaligus, Hati-Hati deh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 14 Juni 2021 10:15
Jarang Pakai Sunscreen Bisa Timbulkan 4 Masalah Kulit Sekaligus, Hati-Hati deh!
Yakin, mau skip sunscreen sebagai perawatan harian?

Belakangan ini, beragam brand kecantikan mulai merilis sunscreen secara masif. Bukan berniat janjian sih, tapi sebagai upaya untuk menyadarkan para perempuan bahwa sunscreen termasuk salah satu skincare penting yang nggak boleh dilewatkan.

Melansir dari Paris Health Care, sunscreen tetap perlu diaplikasikan meski kamu berada di dalam rumah. Pasalnya, sunscreen bisa memberi perlindungan bagi kulit, utamanya dari sinar UV yang seringkali membahayakan.

Lantas, apa sih yang bakal terjadi kalau kita jarang pakai sunscreen sebagai perlindungan kulit? Melansir dari laman Bustle, 4 masalah kulit ini akan mengintai kalau kamu sering skip pakai sunscreen. Check this out!

1 dari 5 halaman

1. Penuaan dini

Ilustrasi Kerutan di Wajah © Diadona

Sinar UV diketahui bisa merusak kolagen di dalam kulit, sehingga mempercepat proses penuaan dini. Akibatnya, garis halus, kerutan, bahkan warna kusam akan mudah terbentuk di beberapa area.

Kalau kamu jarang pakai sunscreen, tentunya hal-hal tersebut akan semakin mudah terjadi di kulitmu. Perlu diingat bahwa penuaan dini bukan cuma dipengaruhi usia lho, tapi bisa juga karena kurangnya proteksi kulit dengan menggunakan sunscreen.

2 dari 5 halaman

2. Flek atau noda hitam

Ilustrasi Flek Hitam © Diadona

Munculnya noda atau flek hitam dipengaruhi oleh paparan sinar matahari yang meningkatkan oroduksi melanin/pigmen pada kulit. Biasanya, flek hitam ini muncul di usia 40 tahun ke atas.

Munculnya flek hitam sebenarnya bisa ditunda dengan rajin memakai sunscreen yang bisa melindungi kulit. Tapi kalau kamu jarang pakai sunscreen, flek atau noda hitam justru akan muncul lebih cepat daripada seharusnya.

3 dari 5 halaman

3. Jerawat

Ilustrasi Jerawat di Wajah © Diadona

Jarang mengaplikasikan sunscreen pada kulit utamanya area wajah, ternyata bisa memicu timbulnya jerawat dan membuat bekasnya sulit hilang. Itulah sebabnya, penting banget buat pakai sunscreen meski cuma beraktivitas di dalam rumah.

Biasanya, sunscreen dilengkapi dengan kandungan zinc oxide yang bisa mencegah peradangan kulit penyeba jerawat. Selain itu, sunscreen memang punya manfaat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan.

4 dari 5 halaman

4. Potensi kanker kulit

Gejala Kanker Kulit © Diadona

Satu lagi dampak berbahaya jika kamu jarang pakai sunscreen, yakni berpotensi mengalami kanker kulit. Kenapa bisa demikian? Tentunya hal ini terjadi lantaran kulit tidak terlindungi dari paparan sinar UV yang terus terjadi.

Kondisi tersebut jadi mengganggu kondisi melanin/pigmen pada kulit, lho. Itulah sebabnya, kamu perlu pakai sunscreen setidaknya yang mengandung SPF 30.

Beri Komentar