Nggak Cuma Multifungsi, Tinted Sunscreen Ternyata Lebih Ampuh Lindungi Kulit

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 19 Juli 2021 09:15
Nggak Cuma Multifungsi, Tinted Sunscreen Ternyata Lebih Ampuh Lindungi Kulit
Ini keistimewaan tinted sunscreen yang patut kamu coba.

Belakangan ini, kamu pasti sering mendengar istilah tinted sunscreen. Yup, beda dari sunscreen pada umumnya, tinted sunscreen disebut-sebut punya beragam fungsi yang dibutuhkan untuk menjaga keindahan dan kesehatan kulit.

Namun, sebelum membahas lebih jauh soal manfaatnya, kamu udah tahu belum sih tentang tinted sunscreen? Untuk menjelaskan hal ini, berikut adalah rangkuman dari ahli kimia kosmetik Ginger King dan Dermatologist Dr. Rachel Maiman.

1 dari 5 halaman

Melansir dari Elta MD Skincare, tinted sunscreen adalah sunscreen yang mengandung filter mineral seperti zinc oxide dan titanium oxide, dikombinasikan dengan pigmen tambahan sehingga memiliki warna yang hampir serupa dengan tone warna kulit.

Penambahan pigmen pada sunscreen tersebut memberikan 2 manfaat. Pertama, sunscreen tidak adan meninggalkan whitecast pada kulit. Kedua, pigmen berwarna bisa memantulkan cahaya tampak, di mana manfaat ini nggak ditemukan pada sunscreen biasa.

2 dari 5 halaman

Tinted sunscreen sering dibanding-bandingkan dengan foundation dan moisturizer yang mengandung SPF. Namun terbukti bahwa, tinted sunscreen lebih bisa diandalkan dalam menangkal sinar UV dan lebih layak digunakan tiap hari.

Tinted sunscreen menggabungkan filter UV mineral spektrum luas, seperti zinc oxide dan titanium oxide dengan pigmen tambahan yang bisa menghasilkan tampilan sesuai warna kulit sekaligus memantulkan dinar tampak.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Tinted SunscreenIlustrasi Tinted Sunscreen © shutterstock.com/id/g/newafrica

Jika kamu mencari produk yang praktis dan efisien, maka tinted sunscreen bisa diandalkan. Terlebih jika kamu ingin mengaplikasikan riasan dengan coverage ringan yang tahan lama, tinted sunscreen bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti foundation.

Tinted sunscreen dengan kemampuan coverage seperti foundation membuat kamu bggak perlu lagi mengaplikasikan complexion atau correcting makeup. Namun jika memang shade tinted sunscreen yang kamu pakai kurang sesuai, kamu tetap bisa menambahkan foundation.

4 dari 5 halaman

Penggunaan tinted sunscreen akan memberikan hasil akhir yang glowing pada kulit. Namun tenang aja, produk ini tetap ampuh dalam melindungi kulit dari sinar UV bahkan blue light dari gadget.

Selain itu, tinted sunscreen juga bisa mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, mencegah penuaan dini, serta mencegah timbulnya kanker kulit akibat pigmentasi berlebih.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar