Ternyata 5 Jenis Skincare ini Tetap Perlu Dipakai Wanita Usia 40-an loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 16 Juli 2021 16:15
Ternyata 5 Jenis Skincare ini Tetap Perlu Dipakai Wanita Usia 40-an loh!
Jangan berhenti, yuk tetap pakai skincare-nya!

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami semakin banyak perubahan. Yang sudah tentu terjadi yakni tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Biasanya, tanda-tanda ini akan semakin jelas saat memasuki usia 40-an. Sayangnya, banyak wanita yang justru mulai mengurangi penggunaan skincare di usia-usia tersebut. Padahal menurut ahli, skincare sebenarnya tetap diperlukan.

Melansir dari TODAY, menurut pendapat ahli ada 5 skincare yang tetap wajib digunakan di usia 40-an. Kira-kira apa saja, simak selengkapnya yaa..

1 dari 6 halaman

1. Cleanser

Ilustrasi Memakai Cleanser © Diadona

Menurut Dr. Martha Viera, seorang staf pengajar di Departemen Dermatologi Universitas Miami AS, wanita usia 40-an memerlukan cleanser atau pembersih yang mengandung ceramide, gliserin dan vitamin E. Kandungan tersebut membantu kulit tetap terhidrasi sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan. Sebagai informasi, ceramide membantu mempertahankan kelembapan, gliserin menarik air dari lapisan kulit terdalam, sedangkan vitamin E menambah kelembapan.

2 dari 6 halaman

2. Sunscreen

Ilustrasi Sunscreen © Diadona

Baik usia tua maupun muda semua memerlukan sunscreen. Skincare andalan ini berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus mencegah timbulnya flek hitam hingga kanker kulit. Dr. Mona Gohara, profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine menyarankan pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30, oleskan secara merata pada wajah, telinga, hingga leher.

3 dari 6 halaman

3. Moisturizer

Ilustrasi Moisturizer © Diadona

Di usia 40-an, kulit cenderung kehilangan kekenyalan dan kelembapannya, itulah sebabnya moisturizer jadi salah satu skincare yang tetap perlu digunakan. Dr. Paul Jarrod Frank, seorang asisten profesor klinis dermatologi di The Icahn School of Medicine menyarankan penggunaan moisturizer setiap pagi dan malam. Pilihlah moisturizer dengan kandungan niacinamide, ceramide, gliserin, serta hyaluronic acid. Oleskan di pipi, dahi, dahu, dan juga hidung.

4 dari 6 halaman

4. Serum

Ilustrasi Serum Wajah © Diadona

Serum wajah bukan cuma buat anak muda, wanita usia 40-an juga membutuhkannya baik pagi maupun malam hari. Menurut Dr. Arisa Ortiz, direktur laser dan dermatologi kosmetik di University of California, wanita usia 40-an perlu memakai serum dengan kandungan hyaluronic acid dan antioksidan di pagi hari serta retinoid dan peptida di malam hari. Serum akan membantu mencegah radikal bebas, mengelupas sel kulit mati, menyamarkan kerutan, dan merangsang kolagen.

5 dari 6 halaman

5. Eksfoliator

Ilustrasi Eksfoliasi © Diadona

Eksfoliator bisa membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati, membersihkan pori-pori, serta mengurangi pigmentasi. Untuk wanita usia 40-an, sebaiknya pilih eksfoliator dengan kandungan glucolic, lactic, mandelic atau salicylic acid. Penggunaannya pun cukup 2-3 kali dalam seminggu, agar nggak menghilangkan asam lemak yang melindungi lapisan kulit terluar.

Beri Komentar