Ivan Gunawan Sindir Deddy Corbuzier Pakai Eyeliner, Sebenarnya Normal Nggak Sih Pria Ber-Makeup?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 31 Agustus 2020 13:25
Ivan Gunawan Sindir Deddy Corbuzier Pakai Eyeliner, Sebenarnya Normal Nggak Sih Pria Ber-Makeup?
Pria bermakeup dianggap kurang macho, padahal faktanya tak sedikit lho pria yang menggunakan makeup.

Beberapa waktu yang lalu ramai sindiran Ivan Gunawan pada Deddy Corbuzier mengenai dirinya yang memakai eyeliner saat dirinya menjadi magician. Hal ini pun cukup mengundang perhatian netizen mengenai pria yang menggunakan makeup.
Hal ini pun cukup mengundang perhatian saya, sebenernya normal nggak sih cowok yang pakai makeup?

Hingga kini secara umum masyarakat memang masih tabu melihat pria menggunakan makeup. Rasanya-rasanya makeup memang hanya digunakan oleh wanita saja.

Tapi coba lihat di sekitarmu, ada nggak sih pria yang menggunakan makeup?

1 dari 4 halaman

Pria Ber-Makeup Dianggap Tabu

      View this post on Instagram

A post shared by Jovi Adhiguna Hunter ???? (@joviadhiguna) on

James Charles hingga Jeffree Star merupakan pria-pria yang kini menjadi sosok pria yang kental dengan makeupnya. Namun beberapa selebgram Indonesia seperti Jovi Adhiguna hingga Ian Hugen pun turut meramaikan deretan pria yang bermakeup.

Nyatanya, pria dengan makeup tak hanya kini saja banyak digandrungi. Jika kita menilik kebelakang, David Bowie dan Johnny Depp adalah sosok yang juga mengenalkan makeup pria kedunia. Keduanya memiliki visi yang sama yaitu ingin menantang makeup dalam gender, seks dan masyarakat.

2 dari 4 halaman

Pria Korea dan Makeup

Pria dan Makeup © Diadona

Membicarakan makeup pria tentu kita tak bisa lepas dari para flower man di Korea Selatan. Banyak pria Korea yang telah menyadari pentingnya menjaga kulit dari kerusakan.

Hingga beberapa tahun ini akhirnya banyak kosmetik Korea Selatan yang memproduksi kosmetik khusus pria untuk BB cream, pensil alis, eyeliner, maskara hingga eyeshadow.

Bukan sebuah rahasia, jika ketampanan pria Korea juga disebabkan karena makeup yang digunakannya. Bahkan sebuah survey mengungkapkan jika rata-rata pria Korea merasa kurang percaya diri jika tak menggunakan makeup.

3 dari 4 halaman

Fakta Pria dengan Makeup

Meski begitu rasanya pria yang menggunakan makeup masih terasa tabu ditelinga masyarakat. Padahal nyatanya tak sedikit lho pria yang menggunakan makeup. Baik itu untuk menunjang penampilannya sehari-hari atau untuk tuntutan pekerjaan.

Menurut survey yang dilakukan Picodi.com, rata-rata pria memiliki 9 produk kecantikan. Meski begitu, hanya 5 produk yang digunakannya.

Jumlah produk yang dimiliki pria memang tak sebanyak wanita. Jika survei menunjukkan wanita menghabiskan biaya Rp 2.400.000 setahun untuk membeli makeup, pria hanya membelanjakan sekitar Rp. 960.000.

Meski begitu, jika umumnya wanita Indonesia cenderung impulsif dalam membeli produk makeup. Para pria menunjukkan kebiasaan yang berbeda. Menurut Picodi.com, 56% pria mengaku membeli kosmetik ketika kehabisan, sedangkan 28% lainnya mengaku membeli ketika ada diskon.

Pria dan Makeup © Diadona

 

 

4 dari 4 halaman

Adanya stereotip tertentu di masyarakat mengenai pria bermakeup menyebalkan?

Memang, namun tau nggak sih jika 76% pria Indonesia mengaku membeli produk makeupnya sendiri lho. Sedangkan 24% sisanya mengaku dibelikan oleh pasangan atau ibunya.

Secara umum, pria bermakeup kini telah banyak dilakukan. Tak hanya oleh pria di luar, namun juga di Indonesia.

Perlahan masyarkat mulai memahami pentingnya makeup untuk merawat atau menunjang penampilan.

Jadi nggak ada yang salah dengan pria menggunakan makeup. Setiap dari kita memiliki kebutuhan dan keinginannya masing-masing dalam berpenampilan.

Beri Komentar