18 Penyebab Mata Panda pada Wanita, Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 29 Agustus 2020 11:26
18 Penyebab Mata Panda pada Wanita, Kantung Mata dan Cara Mengatasinya
Penyebab mata panda ternyata ada hubungannya dengan kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan lho!

Binatang panda memang lucu dan ngegemesin, tapi kalau kamu mata kamu hitam bagaikan panda, wah, jadi nggak terlihat segar dong ya. Kurang tidur, kecapekan, bisa jadi salah satu penyebab mata panda ini.

Kulit di bawha mata adalah salah satu kulit yang paling tipis dan paling halus di tubuh manusia. Dermis/epidermis bertekstur halus tidak memiliki kelenjar minyak, dan sangat rentan terhadap lingkaran hitam, cincin, atau bayangan.

Memang sih mata panda bisa disamarkan dengan make up. Tapi tahu nggak sih kalau sebenarnya lingkaran hitam di bawah mata ini bisa berfungsi sebagai indikator yang baik dari kondisi di tubuh kamu.

Jadi, menelusuri penyebab mata panda sama dengan menggali informasi mengenai kondisi kesehatan kamu.

1 dari 3 halaman

Penyebab Mata Panda pada Wanita

Penyebab Mata Panda © Diadona

Krim mata dan kosmetik memang bisa menyamarkan masalah ini, tapi bukankah lebih baik mengatasi akar penyebab mata panda ini? Yuk simak ulasan berikut!

Kurang Tidur

Begadang semalaman atau nggak cukup tidur, dan ketika bangun di pagi hari kamu menemukan lingkaran hiram di bawah mata. Sering terjadi, bukan? Yup, kurang tidur memang salah satu penyebab mata panda yang paling sering terjadi.

Saat kita tidur, tubuh bisa memperbaiki kulit dan jaringana lainnya. Hanay dalam fase tidur ini lho sirkulasi darah bisa berfokus pada jaringan dan sel kulit untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan bugar.

Nah, apa jadinya kalau kurang tidur? Cuman bikin stres dalam tubuh. Saat stres meningkat, senyawa steroid yang diproduksi oleh tubuh mengurangi sirkulasi ke kulit, mengalihkannya ke otot dan organ utama. Sirkulasi yang lambat dan penumpukan darah yang terdeoksigenasi ada penyebab mata panda.

Keturunan

Ini adalah penyebab mata panda terbesar. Kalau ornag tua kamu cenderung punya mata panda, maka kamu juga lebih mungkin mendapatkannya ngak perduli perawan apa yang kamu lakukan.

Kekurangan Zat Besi

Pembuluh darah yang ada di sekitar mata jadi lebih terlihat setiap kali kamu kekurangan zat besi dalam tubuh kamu. Suatu penelitian menyebut kalau anemia adalah 50 persen penyebab mata panda bagi orang-orang.

Pengobatan atau Kondisi Medis

Ada obat-obatan tertentu yang dapat membuat pembuluh darah di bawah matamembesar atau mendorong retensi cairan. Ketika ini terjadi, kapiler bisa membesar atau cairan limfatik bisa menumpuk. Penyakit seperti penyakit ginjal dan masalah jantung juga dapat menyebabkan retensi cairan. Perubahan hormonal seperti pada PMS atau menopause juga dapat menyebabkan peningkatan retensi cairan dan perubahan pigmentasi pada kulit.

Hormon Tiroid yang Rendah

Sistem pencernaan, hati, dan produksi energi dalam tubuh yang menentukan pengiriman nutrisi dan pembuangan racun dari tubuh nggak bisa berfungsi maksimal bila tubuh kekurangan hormon tiroid. Kondisi tubuh dalam stres ini bisa memunculkan lingkaran hitam di bawah mata.

Merokok

Merokok bisa membatasi aliran darah, menyebabkan kulit tampak terlalu pucat dan mempertegas lingkaran hitam di bawah mata. Rokok juga mengandung puluhan racun kimia tambahan yang membebani tubuh dengan bahan kimia tambahan untuk disaring. Beban tenaga kerja ini mengurangi penampilan vitalitas.

Alkohol

Konsumsi alkohol meningkatkan beban kerja pada hati dan menurunkan oksigenasi darah karena alkohol secara harfiah menggantikan oksigen dalam darah. Alkohol juga merupakan vaso-dialator, artinya menyebabkan pembuluh darah terbuka lebih jauh yang dapat menyebabkan tampilan bengkak, sehingga warna biru pembuluh darah di bawah kulit jadi lebih terlihat.

Selain penyebab mata panda yang umum dan mungkin bisa kamu perkirakan, ternyata juga ada penyebab lain yang terjadi karena kondisi medis tertentu, misalnya

Eksim

Eksim atau gatal-tagal memang nggak secara langsung jadi penyebab mata pandamu. Tapi ketika kamu menggosok atau menggaruk secara terus menerus, bisa berakibat pada peningkatan pembengkakakn dan rusaknya pembuluh darah di area mata. Akibatnya, bagian kulit tersebut jadi berwarna gelap.

Alergi

Ternyata eksim bukan satu-satunya kondisi kesehatan yang bisa bikin lingkaran hitam di area mata kamu, tapi alergi juga bisa lho. Alergi bakalan memicu histamin dalam tubuh yang menyebabkan pembesaran pembuluh darah.

Karena kulit di kelopak mata adalah yang paling tipis di tubuh, maka akan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah yang keliatan lebih gelap dari bagian wajah lainnya.

Make Up

Lho, bukanya make up justru menyamarkan lingkaran hitam? Ternyata engga selalu lho. Dikutip dari Good House Keeping, beberapa orang ada yang alergi dengan bahan pada make up tertentu, lalu kukitnya teriritasi yang kemudian jadi penyebab mata panda.

Struktur Tulang

Yang aneh nih, ternyata penyebab mata panda nggak cuman pada kullit namun bisa karean struktur tulang atau bentuk wajah. Saat seseorang punya lubang air mata yang dalam, bayangan dan lekukan bisa menyebabkan munculnya kegelapan. Eh, maksudnya, bisa bikin terlihat seperti mata panda.

Pembuluh Darah

Trus bisa juga nih kalau area di bawah mata terlihat sangat biru seperti kehitaman, bisa saja itu cuman pembuluh darah biru di bawah mata yang terlihat gelap. Sehingga membuat kelopak mata dan di bawah mata tampak seperti lingkaran hitam.

Dehidrasi

Saat tubuh nggak mendapatkan asupan air, maka kulit di bawah mata bakalan terlihat kusam dan cekung. Dari sinilah kemudia mata panda terlihat.

Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh memproduksi melanin berlebih, pigmen yang memberi warna pada kulit. Ini berlaku juga untuk kulit di bawah mata.

Umur

Penuaan adalah penyeba mata panda yang paling umum. Seiring bertambahnya usia, kulit jadi lebih tipis. Seseorang jadi kehilangan lemak dan kolagen yang dibutuhkan utnuk menjaga elastisitas kulit. Saat ini terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit jadi lebih terlihat.

2 dari 3 halaman

Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Panda © Diadona

Mata panda memang bisa disamarkan dengan make up, tapi bukanlah lebih baik langsung menuju pada gimana cara mengatasinya?

Ada berbagai langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi tampilan mata panda kamu, antara lain:

  • Kurangi atau hentikan konsumsi alkohol dan rokok.
  • Pastikan tidur cukup
  • Rawat kondisi medis yang menyebabkan lingkaran hitam di mata kamu
  • Konsumsi makanan sehat
  • Minum suplemen yang berkualitas
  • Pijat area mata, lumasi dnegan minyak yang ringan untuk melancarkan peredaran darah di sana.
  • Gunakan krim mata

Kalau semuanya gagal sementara kamu nggak bisa sepenuhnya menghindari penyebab mata panda kamu, maka kamu bisa menggunakan riasan alami di wajah.

3 dari 3 halaman

Apa Penyebab Mata Pada dan Kantung Mata?

Ilustrasi Mata Panda dengan Sendok © Diadona

Setelah begadang atau nangsi semalam, wajar banget kalau kamu menemukan kantung mata berwarna hitam di pagi hari. Tapi ternyata selain kedua hal tersebut, ada juga penyebab mata panda dan kantung mata lainnya, diantaranya:

Makan Terlalu Banyak Garam

Ternyata makan terlalu banyak garam bikin kamu punya kantung mata. Garam yang berlebihan bakalan membuat tubuh jadi menahan air. Kelebihan air ini menyebabkan bengkak di wajah, terutama mata, dan juga pada tubuh.

Kebanyakan Tidur

Kalau kurang tidur adalah penyebab mata panda, terlalu banyak tidur juga bisa bikin kantung mata. Pada siang hari, tubuh yang terjaga akan mengedipkan mata dan memproduksi air mata untuk membuat mata sehat dan bersih. Sedangkan saat kita tidur, mata nggak mengedip padahal air mata terus dibuat. Artinya, lapisan air mata tetap ada di mata tanpa mengalir ke saluran air mata.

Nah, kelebihan cairan ini lah yang kemudian bikin kamu punya kantung mata.

Nggak Menghapus Make Up Sebelum Tidur

Nggak cuman bikin jerawatan, kemalasan kamu ini bikin kamu punya kantung maya keesokan paginya. Make up yang terbawa sampai tidur bisa mengiritasi jaringan di bawah mata, lalu muncul kantung mata deh.

Dengan tahu penyebab mata panda trus menghindarinya, secara nggak langsung kamu juga sedang meningkatkan kualitas kesehatan kamu secara keseluruhan. Ya kan?

Beri Komentar