7 Serum untuk Dark Spot, Efektif Hilangkan Flek Hitam Mengganggu pada Kulit!

Reporter : Diba
Senin, 11 September 2023 14:30
7 Serum untuk Dark Spot, Efektif Hilangkan Flek Hitam Mengganggu pada Kulit!
Ini dia 7 serum yang ampuh hilangkan dark spot pada wajah!

Siapa yang nih yang sering gak pede karena adanya dark spot pada wajah? Keadaan ini tentunya sangat mengganggu untuk orang yang memilikinya karena sangat berpengaruh pada penampilan sehari-hari. Meski tidak berbahaya, adanya dark spot pada kulit wajah akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Selain itu, adanya dark spot akan membuat make up tidak terlihat cetar karena sulit untuk ditutupi.

Dark spot sendiri adalah bintik hitam yang berada di area wajah yang warnanya lebih gelap dibandingkan warna kulit yang ada di sekelilingnya. Dark spot ini biasanya sering nampak di bagian pipi atau titik kulit wajah yang sering terkena matahari. Penyebab timbulnya dark spot bisa berbagai macam, bisa dikarenakan oleh paparan sinar matahari, perubahan hormon atau bekas jerawat yang tidak bisa hilang. Oleh karena itu artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai 7 serum untuk dark spot yang efektif hilangkan flek hitam.

1 dari 7 halaman

1. Serum Niacinamide

7 Serum untuk Dark Spot © Diadona

Bahan populer yang saat ini banyak dipakai dalam berbagai produk skincare yakni serum niacinamide, yang adalah salah satu bahan yang mampu untuk menghilangkan dark spot yang nampak pada kulit wajah. Niacinamide memang populer dalam mencerahkan wajah tetapi selain itu serum niacinamide juga memiliki manfaat dalam menghilangkan flek hitam.

Niacinamide dapat membantu mengurangi produksi melanin dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase, yang berperan dalam produksi melanin. Dark spot sendiri terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan pada kulit sehingga niacinamide serum adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi adanya dark spot pada wajah. Serum niacinamide juga adalah serum yang diperbolehkan dipakai untuk semua jenis kulit wajah.

2 dari 7 halaman

2. Serum Tranexamic Acid

7 Serum untuk Dark Spot © Diadona

Kamu mungkin hanya berpikir bahwa untuk mengurangi adanya dark spot cuma niacinamide dan retinol yang mampu melakukannya. Nyatanya, Serum tranexamic acid juga mampu untuk menghilangkan dark spot pada wajah loh. Tranexamic acid sendiri biasanya digunakan untuk obat untuk melasma yakni kondisi kulit dengan bercak coklat di area wajah sehingga sangat cocok untuk pemakaiannya untuk menghilangkan dark spot.

Sama seperti Niacinamide, tranexamic acid bekerja dengan melakukan penghambatan pada enzim yang memproduksi melanin. Untuk pemakaian serum tranexamic acid ini sebagian besar tipe kulit akan cocok tetapi pada sebagiannya lagi akan mengalami beberapa efek samping. Sehingga untuk menjamin keamanan pemakaiannya, kamu boleh berkonsultasi dulu ke dokter sebelum pemakaian.

3 dari 7 halaman

3. Serum Retinol

7 Serum untuk Dark Spot © Diadona

Siapa yang tidak kenal dengan serum retinol. Serum retinol yang biasanya dikenal sebagai serum anti-aging paling ampuh ini juga sangat ampuh dalam menghilangkan flek hitam loh. Retinol yang merupakan bentuk dari vitamin A ini dapat memudarkan adanya flek hitam dengan merangsang produksi sel kulit baru.

Namun, pemakaian dosis untuk retinol tidak boleh sembarangan karena serum ini adalah salah satu serum yang menyerap ke dalam pembuluh darah sehingga memperhatikan pemakaian konsentrasinya adalah keharusan. Untuk kamu yang masih pemula, kamu bisa memakai retinol dari konsentrasi paling rendah.

4 dari 7 halaman

4. Serum AHA dan BHA

7 Serum untuk Dark Spot © Diadona

Serum AHA dan BHA juga merupakan serum yang mampu memudarkan adanya dark spot pada kulit wajah. Dalam proses pengerjaannya, serum AHA dan BHA menyamarkan adanya flek hitam dengan cara mengeksfoliasi kulit mati yang ada di permukaan kulit wajah sehingga mengurangi kusam dan gelap.

Selain itu AHA dan BHA juga mampu mencerahkan kulit wajah dengan mengurangi produksi melanin. AHA dan BHA ini merupakan bahan aktif yang mana jika pemakaiannya tidak sesuai dapat mengakibatkan iritasi. Oleh karena itu pilihlah serum AHA dan BHA yang memiliki pH rendah untuk mengurangi adanya kemungkinan iritasi.

5 dari 7 halaman

5. Serum Kojic Acid

7 Serum untuk Dark Spot © Diadona

Beberapa dari kalian pasti baru mendengar mengenai serum kojic acid. Nah, serum kojic acid ini juga sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam loh. Senyawa kojic acid merupakan senyawa yang dihasilkan dari fermentasi jamur yang memiliki sejuta manfaat untuk kulit, salah satunya menghilangkan dan menyamarkan adanya dark spot. Sama seperti serum yang telah dijelaskan sebelumnya, serum kojic acid juga sangat ampuh untuk melakukan penghambatan terhadap produksi melanin. Untuk pemakaian serum kojic acid ini sendiri kamu bisa memilih memakai serum dengan kandungan kojic acid dari 1% hingga 4%.

6 dari 7 halaman

6. Serum Vitamin C

7 Serum untuk Dark Spot © Diadona

Serum vitamin C adalah serum yang paling aman untuk semua jenis kulit dan memiliki banyak manfaat. Selain mampu mencerahkan kulit, serum vitamin C juga memiliki kemampuan untuk memudarkan flek hitam. Serum vitamin C juga mampu menekan produksi melanin dan meningkatkan penyerapan nutrisi untuk kulit sehingga sangat bagus untuk memudarkan flek hitam. Serum vitamin C juga adalah serum yang sangat aman digunakan setiap hari. Untuk pemakaiannya pun, kamu bisa memakainya pada siang hari dan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen agar kulit terjaga dari sinar UV.

7 dari 7 halaman

7. Serum Arbutin

7 Serum untuk Dark Spot © Diadona

Serum yang satu ini mungkin juga sangat jarang terdengar untuk mengurangi adanya flek hitam. Namun, serum arbutin nyatanya sangat efektif menghilangkan flek hitam pada wajah. Arbutin berasal dari bahan alami yakni dari tanaman bearberry, cranberry, dan blueberry. Pemakaian serum arbutin pada kulit wajah juga mampu mengurangi produksi melanin sehingga efektif untuk menghilangkan flek hitam dan membuat wajah cerah.

Itulah penjelasan 7 serum untuk dark spot yang efektif hilangkan flek hitam mengganggu pada kulit wajah. Untuk pemakaian setiap serum di atas, kamu perlu memperhatikan kebutuhan wajah dan kulit yah Diazens!

Beri Komentar