Kenali Ciri-Ciri Skincare Mengandung Merkuri dan Bahaya Pemakaiannya!

Reporter : Diba
Sabtu, 9 September 2023 18:00
Kenali Ciri-Ciri Skincare Mengandung Merkuri dan Bahaya Pemakaiannya!
Ini dia ciri-ciri skincare mengandung merkuri!

Saat ini peredaran skincare semakin meluas dan ditujukan kepada berbagai kalangan mulai dari remaja hingga dewasa. Di tengah hype skincare saat ini, banyak orang pun yang berlomba-lomba membuat brand skincare dan menyajikan berbagai produk untuk semua type kulit wajah. Harganya pun sangat bervariasi dari 50 ribuan saja hingga jutaan. Banyaknya produk yang beredar saat ini tentunya harus menjadi awareness untuk kalian agar lebih berhati-hati dalam memilih produk untuk kulit wajah kalian.

Tidak sedikit skincare yang beredar di tengah masyarakat saat ini beberapa dari produk itu sudah terdeteksi terdapat kandungan merkuri di dalamnya. Skincare dengan kandungan bahan kimia berbahaya seperti merkuri bisa berdampak fatal pada kulit wajah apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri skincare yang mengandung merkuri dan juga bahaya merkuri terhadap kulit wajah agar kalian mampu membedakan dan hanya memakai skincare yang telah dijamin keamanannya oleh BPOM. Berikut penjelasannya.

1 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Skincare Mengandung Merkuri

Kenali Ciri-Ciri Skincare Mengandung Merkuri © Diadona

Merkuri adalah zat beracun yang dapat menimbulkan masalah kesehatan pada kulit seperti iritasi, alergi hingga kanker. Itulah mengapa pemilihan skincare haruslah dilakukan secara bijak dan juga berhati-hati. Berikut ciri-ciri skincare yang mengandung merkuri yang harus kamu hindari:

2 dari 6 halaman

1. Label tidak jelas
Naik daunnya skincare saat ini menyebabkan beberapa oknum nakal membuat skincare abal-abal dengan kandungan merkuri di dalamnya. Salah satu cirinya adalah label tidak jelas. Penjualan skincare yang memiliki ketidakjelasan label pada kemasannya dan tidak mencantumkan nomor BPOM hingga kandungan yang terdapat pada skincare sangat perlu dicurigai sebagai skincare abal-abal yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Biasanya hal ini terjadi akibat produk tersebut telah dinyatakan tidak layak pakai dan tidak layak edar sehingga menutupinya dengan menjual tanpa label.

2. Harga terlalu murah
Skincare yang mengandung merkuri biasanya dijual dengan harga yang sangat murah dibanding dengan skincare yang beredar di pasaran. Tujuan ini biasanya digunakan oleh oknum untuk menggait pembeli dengan klaim bahwa skincare murah yang mereka jual mampu mencerahkan kulit yang hasilnya dapat terlihat dalam pemakaian jangka pendek. Tentu saja tidak semua skincare murah mengandung merkuri. Hanya saja ini adalah salah satu ciri dari penjualan skincare yang berada di pasaran.

3. Kandungan tidak jelas
Penjualan skincare tanpa mencantumkan label kandungan di dalamnya harus dicurigai sebagai skincare yang berbahaya. Bahasa yang samar atau tidak jelas dalam daftar bahan dapat menjadi petunjuk bahwa merkuri mungkin ada dalam komposisinya.

3 dari 6 halaman

Kenali Ciri-Ciri Skincare Mengandung Merkuri © Diadona

4. Warna dan Tekstur Aneh
Skincare yang mengandung merkuri pasti memiliki warna dan tekstur yang aneh. Campuran bahan merkuri akan mengubah warna suatu bahan skincare yang dicampurkan ke dalamnya. Selain itu teksturnya juga tidak konsisten seperti skincare pada umumnya. Produk skincare yang mengandung merkuri biasanya berwarna merah atau abu-abu atau warnanya samar dan pucat.

5. Memiliki bau aneh
Skincare dengan campuran kimia yang tidak ditujukan untuk wajah seperti merkuri juga akan memiliki bau yang aneh. Produk skincare yang mengandung merkuri dapat memiliki bau yang tidak biasa atau menyengat. Bau ini bisa menjadi tanda adanya reaksi kimia yang tidak sehat dalam produk.

6. Adanya efek samping
Jika terlanjur memakai skincare yang mengandung merkuri maka akan adanya efek samping yang dirasakan pada kulit wajah. Kulit yang telah dipakaikan merkuri akan mendapatkan efek samping seperti iritasi kulit, kemerahan, gatal, munculnya flek hitam yang menyebar hingga rasa terbakar pada kulit. itu bisa menjadi indikasi bahwa produk tersebut mengandung merkuri atau bahan-bahan berbahaya lainnya.

4 dari 6 halaman

Bahaya Merkuri untuk Kulit

Kenali Ciri-Ciri Skincare Mengandung Merkuri © Diadona

Bahaya masuknya bahan kimia pada kulit akan berdampak langsung pada kesehatan kulit. Apalagi untuk kasus merkuri sendiri, jika kulit pernah terpapar oleh merkuri dalam jangka waktu tertentu akan sangat sulit untuk diobati. Kulit wajah yang rusak pun akan mendapatkan perawatan khusus yang tentunya akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Lalu apa saja bahaya merkuri untuk kulit wajah? Berikut penjelasannya.

5 dari 6 halaman

jerawat © Diadona

1. Iritasi pada kulit
Iritasi yang disebabkan oleh merkuri dapat berupa kemerahan yang disertai rasa gatal hingga peradangan pada kulit wajah. Iritasi ini biasanya akan terlihat dalam jangka waktu yang pendek setelah pemakaian merkuri.

2. Alergi kulit
Merkuri juga dapat menimbulkan alergi kulit yang luar biasa para. Biasanya seperti ruam kulit, wajah bengkak, hingga gatal yang luar biasa. Bisa juga adanya kemunculan jerawat yang langsung banyak pada kulit.

3. Pigmentasi kulit yang tidak merata
Kandungan skincare yang mengandung merkuri juga mampu membuat pigmentasi kulit yang tidak merata. Biasanya akan dimulai dengan kemunculan flek hitam pada bagian pipi lalu akan menyebar dan membuat wajah jadi hitam. Ini biasanya disebabkan karena merkuri sendiri akan mengganggu produksi melanin pada kulit sehingga terjadinya hiperpigmentasi yang parah.

6 dari 6 halaman

Kenali Ciri-Ciri Skincare Mengandung Merkuri © Diadona

4. Kerusakan kolagen
Protein yang mampu menjaga elastisitas kulit juga akan rusak jika skincare mengandung merkuri. Ini dikarenakan kerusakan kolagen alami dalam kulit sehingga kulit akan kehilangan kesehatannya dan menjadi kendur.

5. Nekrosis merkuri
Pada level yang sangat parah, pemakaian skincare yang mengandung merkuri dapat menyebabkan wajah dalam kondisi nekrosis merkuri yang mana kasus ini merupakan tingkat di mana jaringan kulit wajah mengalami kematian dan dapat mengakibatkan luka terbuka pada wajah.

Itulah tadi ciri-ciri skincare yang mengandung merkuri dan bahaya pemakaiannya yang harus kamu perhatikan agar wajah tetap cantik dan juga sehat.

 

 

 

Beri Komentar