Jangan Dipencet! Ini 19 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah secara Aman

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 14 Februari 2024 06:58
Jangan Dipencet! Ini 19 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah secara Aman
Menghilangkan komedo bisa kamu lakukan mulai dengan melakukan pembersihan menggunakan cleansing oil, rajin mencuci muka, menggunakan masker, hingga mencabut komedo menggunakan vakum pembersih wajah.

Udah rajin cuci muka tapi komedo nggak ilang? Wah, emang cara menghilangkan komedo nggak cukup dengan cuci muka doang kok, melainkan dengan rangkaian perawatan wajah dan skincare yang tepat.

Apa penyebab komedo di hidung?

Biasanya, komedo di hidung muncul karena minyak masuk ke dalam pori-pori yang terbuka lalu bercampur dengan sel kulit mati, keringat dan bakteri. Ketiga kotoran tersebut akhirnya menyumbat pori-pori. Ketika sumbatan ini terpapar udara dan teroksidasi, maka akan mengalami perubahan menjadi gelap seperti komedo yang biasa kamu lihat.

Komedo ini normal kok terjadi pada kulit kamu, karena penyebabnya pun juga normal. Seperti halnya sel-sel kulit mati dan minyak di pori-pori kamu. Sel-sel kulit mati muncul secara alami karena kulit secara konstan menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikannya. Sedangkan sebum dibuat di pori-pori kulit kamu dan  dirancang untuk menjaga kulit biar tetap terhidrasi.

Tetapi terlalu banyak sel kulit mati dan kelebihan produksi minyak dapat bergabung untuk membuat pori-pori kamu menjadi tempat berkembang biak bagi whitehead.

1 dari 7 halaman

Memencet untuk Menghilangkan Koemdo di Hidung © Diadona

Para ahli dermatologist mengatakan kalau zona T, dahi dan dagu merupakan daerah yang paling banyak terdampak komedo. Tapi komedo juga bisa saja muncul di pipi sih.

Sama halnya dengan jerawat, komedo muncul karena sel kulit mati dan minyak berlebih. Yang menjadi satu-satunya perbedaan yakni pada komedo, pori-pori sedikit lebih besar dan keratinosit mati yang terpapar udara berubah menjadi hitam. 

Sedangkan pada whiteheads ditutupi oleh epidermis dan pori-pori yang lebih kecil yang membuatnya berwarna putih Jika whitehead atau komedo dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat menyebabkan jerawat lho.

Kok bisa? Karena pori-pori yang tersumbat bisa bikin kelenjar minyak terinfeksi dan menyebabkan jerawat.

Apakah Komedi di Hidung Boleh Dipencet?

Kebanyakan orang yang memiliki masalah komedo di hidung biasanya memencet kulit wajah untuk menghilangkan komedo. 

Kalau kamu termasuk orang yang melakukan hal seperti demikian, maka kamu harus berhenti mulai sekarang. Memencet komedo yang ada di hidung hanya akan mengiritasi kulit hidung. Sebaiknya, coba perawatan lain atau cobalah produk skincare dengan kandungan yang bisa menghilangkan komedo.

 

2 dari 7 halaman

Pakai Produk Non Comedogenik untuk Menghilangkan Komedo © Diadona

Pastikan Pakai Produk Non-Comedogenic

Produk non-comedogenic maksudnya produk yang tidak mengandung zat yang berpotensi menyumbat pori-pori kulit di wajah. Menggunakan produk non-comedogenic bisa mencegah munculnya komedo di hidung. 

Bahan skincare seperti lidah buaya, witch hazel, rose water, vitamin c, niacinamide, glicerine, salicylic acid, dan hyaluronic acid merupakan bahan yang bersifat non-comedogenic.

Ada beberapa jenis skincare yang harus diperhatikan apakah non-comedogenic atau tidak. Mulai dari sunscreen, face wash, moisturizer.

Selain itu, memilih produk makeup juga harus non-comedogenic. Terlebih lagi untuk pemilik tipe kulit oily acne-prone, produk makeup non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori kamu.

Asam Salisilat

Asam ini akan mendorong penurunan produksi minyak dan dapat membantu mengeluarkan zat-zat yang tersumbat pada pori-pori kulit kamu.  Selain itu, asam ini juga mengeringkan kulit, menyerap minyak berlebih, dan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Nggak cuma itu, bahan aktif satu ini cocok banget untuk pemilik tipe kulit oily acne-prone karena bisa mengurangi produksi sebum dan minyak berlebih di kulit. 

Biasanya, Salicylic Acid bisa ditemui pada face wash dan cleanser seperti micellar water. Kamu bisa menggunakan rangkaian produk skincare Garnier Bright Complete 3-in-1 Anti-Acne. Seluruh rangkaian produk skincare ini memiliki kandungan Salicylic Acid, mulai dari face wash, micellar water, serum, hingga sheet mask.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu membersihkan wajah dengan cleanser di pagi hari dan sore hari tiap sebelum mandi. 

 

3 dari 7 halaman

Aplikasikan Clay Mask untuk Menghilangkan Komedo © Diadona

Mengoleskan Krim Retinoid

Bahan retinoid umum digunakan untuk mengurangi flek hitam dan memutihkan kulit, namun juga bisa membantu kasus jerawat membandel dengan cara membersihkan pori-pori.

Clay Mask

Kamu mungkin sering mendengar produk berbahan clay dalam  cara menghilangkan komedo. Memangnya seampuh apa sih? Clay mask dianggap sebagai produk yang harus dimiliki oleh mereka dengan kulit berminyak karena bisa mengambil kotoran, minyak, dan elemen yang ada di dalam pori-pori.

Sejauh menyangkut komedo, masker tanah liat bahkan dapat melonggarkan dan menghilangkan pori-pori yang tersumbat

Masker Charcoal

Sama halnya dengan clay mask, masker charcoal bekerja jauh di dalam kulit untuk mengeluarkan minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Kalau digunakan sekali seminggu, masker arang dapat menghilangkan komedo dengan efektif.

 

4 dari 7 halaman

Menggunakan Plester Anti Komedo © Diadona

Plester Anti Komedo

Entah sekali atau beberapa kali mungkin kamu pernah mencoba cara menghilangkan komedo dengan produk yang satu ini. Nggak cuman praktis, plester anti komedo bisa jadi cara yang efektif menghalau komedo di hidung dengan cepat dan biaya terjangkau.

Ekstraksi Komedo

Kamu mungkin pernah mengalami ekstraksi komedo saat facial di salon, yakni dengan memencet komedo menggunakan alat tertentu dan dibantu dengan jari tangan. Kamu juga bisa kok melakukannya sendiri di rumah dengan alat berupa batang besi kecil dan lubang di ujungnya.

Namun untuk melakukannya kamu harus perhatian terlebih dahulu kebersihan tangan kamu.

Usahakan menggunakan cottondbud untu menekan sisi hidung kamu. Ini dilakukan biarbagian hdiung nggak terkontaminasi dengan bakteri yang ada di tangan. Untuk hasil lebih maksimal, kamu harus membuka pori-pori wajah kamu dulu dengan mendekatkkanya pada uap panas.

 

5 dari 7 halaman

Gunakan Alat Penyedot Komedo © Diadona

Gunakan Alat Penyedot Komedo

Untuk cara menghilangkan komedo yang lebih praktis dengan bantuan alat, kamu bisa menggunakan vakum komedo. Seperti namanya, ini adalah alat dengan daya hisap kuat untuk menarik komedo yang bersarang di kulit. Selain itu, vakum komedo juga berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan kulit mati dari pori-pori wajah kamu.

Sangat penting untuk mengatur kekuatan daya hisap yang tepat untuk kulit kamu. PSoalnya nih kalau vakum komedo menghisap dengan terlalu kuat, maka kulit wajah kamu bisa memar lho! Bahkan dikutip dari Halodoc, daya hisap alat penyedot komedo yang terallu kuat bsia bikin kamu mengalami
telangiektasis atau spider veins, yaitu pecahnya pembuluh darah kecil di kulit.

Masker Putih Telur

Kalau kamu terlalu mager untuk ke took kosmetik membeli peralatan ekstraski komedo, kamu bisa lho menggunakan putih telur dan lembaran tipis kertas tissue. Disampaikan oleh dermatologis Sejal Shah, MD, putih telur memiliki sifat astrigen dan pengelupasan yang baik untuk kulit. Selain itu, putih telur juga kaya akan protein, vitamin dan mineral. Cara mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo dengan putih telur bisa kamu lakukan dengan langakh berikut :

  • Bersihkan wajah
  • Usapkan putih telur ke hidung
  • Tempelkan satu lembar tissue ke area tersebut, lalu tutup lagi dengan cairan putih telur
  • Diamkan sampai mengering dan terasa keras
  • Secara perlahan, buka lapisan tissue. Kamu akan melihat komedo yang terikut menempel di sana

Facial di Salon

Kalau whitehead di wajah kamu memang bandel banget, maka salah satu cara menghilangkan komedo yakni dengan facial di salon. Produk, alat dan teknik yang digunakan pada slon professional menghilangkan banyak whiteheads dan mengatur ulang kulit agar berfungsi dengan baik.

 

 

6 dari 7 halaman

Cleansing Oil untuk Membersihkan Komedo © Diadona

Gunakan Cleansing Oil

Cleansing oil adalah salah satu pilihan make up remover yang populer. tapi tahukah kamu kalau produk ini juga bisa menghilangkan komedo yang membandel?

Cara kerja cleansing oil dalam membasmi komedo terjadi dengan prinsip 'minyak menarik minyak'. Kandungan minyak pada cleansing oil akan menarik komedo yang terbuat dari minyak, sehingga bisa terlepas dari tempatnya dan hilang deh!

Cara pakainya juga sederhana, yakni cukup alikasikan di bagian kulit yang memiliki komedo lalu pijat dengan lembut. Selanjutnya kamu akan merasakan butiran komedo keluar dari pori-pori wajah kamu.

Selanjutnya, bersihkan wajah dengan sabun hingga benar-benar bersih.

Gunakan Rangkaian Skincare Pembersih Komedo

Hempas masalah kulit kamu dengan menggunakan rangkaian skincare untuk membersihkan komedo, mulai dari produk untuk double cleansing, pembersih wajah, toner, serum, hingga masker. Selain itu, pilih suncreen yang nggak bikin minyak terperangkap di kulit wajahmu.

Eksfoliasi dengan AHA dan BHA

Udah rajin pakai clay mask tapi komedo masih membandel? Mungkin kamu belum rutin melakukan eksfoliasi dengan AHA dan BHA.

Selain double cleansing, eksfoliasi juga menjadi tahapan yang penting dalam membersihkan wajah. AHA dan BHA membantu pengelupasan kulit secara teratur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan pori-pori tersumbat. 

Salah satu produk eksfoliasi dengan kandungan AHA dan BHA yang cocok untuk pemula adalah Somethinc Glow Maker dan Supple Power. Glow Maker merupakan exfoliating toner yang berguna untuk mengeksfoliasi wajah. Sedangkan Supple Power merupakan hydrating toner yang berguna untuk menghidrasi kulit setelah eksfoliasi.

Somethinc Glow Maker Clarifying Treatment Toner © Diadona

Sebelum menggunakannya, pastikan kamu sudah mencuci muka sampai bersih lalu keringkan. Setelah itu, tuang cairan Glow Maker pada kapas lalu aplikasikan secara perlahan ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit lalu semprotkan Supple Power pada wajah dan ratakan. Setelah itu, tidak perlu dibilas dan kamu bisa membawanya tidur.

Ingat ya Diazens, lakukan eksfoliasi ini pada malam hari saja. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi hari agar kulit tidak terbakar. Somethinc Glow Maker dan Supple Power ini memiliki kandungan bahan aktif yang tergolong mild, jadi aman untuk digunakan setiap malam.

 

7 dari 7 halaman

Membersihkan Wajah Sebelum Tidur untuk Menghilangkan Komedo © Diadona

Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Nggak cuma setiap mandi, mencuci muka juga harus dilakukan tiap sebelum tidur lho, Diazens. Pastikan untuk mencuci muka dengan menggunakan face wash yang mengandung salicylic acid. Kandungan ini bisa membuat wajah terhindar dari jerawat dan komedo membandel.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus rajin mencuci muka setiap hari sebelum tidur. Jangan pernah tidur dalam keadaan wajah yang masih kotor ya, Diazens. Setelah itu, pastikan langsung tidur dan jangan begadang, ya!

Lakukan Chemical Peeling

Kalau ingin proses yang cepat untuk menghilangkan komedo, chemical peeling bisa jadi solusinya. Chemical peeling bisa mempercepat pergantian kulit, mengurangi produksi sebum dan minyak berlebih, serta merangsang regenerasi kulit. 

Selama menjalani treatment, larutan kimia akan dioleskan ke wajah dan nantinya kulit akan terkelupas. Treatment ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Treatment ini lebih baik dilakukan oleh pasien dengan kulit sehat dan tidak sensitif. 

Meski prosesnya cepat, treatment ini nggak luput dari efek samping lho, Diazens. Terlalu sering melakukan treatment chemical peeling bisa membuat kulit menjadi lebih tipis, kemerahan, dan lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Soda Kue

Sebagai cara menghilangkan komedo, nggak ada salahnya sesekali gunakan larutan soda kue di tempat-tempat yang terinfeksi. Kamu cukup melarutkan 1 sendok makan soda kue ke dalam 8 ons air suling, dan oleskan langsung ke whiteheads seminggu sekali.

“ Larutan alkali ini bakal masuk ke dalam folikel dan melunakkan zat-zat yang menyumbat,” terang Dr. Paul Jarrod Frank, dokter spesialis kulit kosmetik terkenal di New York.

Tapi kamu nggak boleh menggunakan prinsip ‘lebih sering lebih baik’ dalam pemakaian larutan ini. Kenapa? Karena larutan soda kue rentan banget membuat kulit menjadi kering.

Jus Lemon

Sifat asam dan sifat antioksidan vitami C dalam lemon akan membantu mengeringkan kulit dan menyerap keberadaan minyak berlebih. 

Ditambah, lemon mengandung senyawa antibakteri untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Dalam cara menghilangkan komedo dengan lemon, hati-hati pada sifatnya yang terlalu asam untuk kulit.

Solusinya, campur lemon dengan satu sendok makan yogurt dan beberapa tetes air mawar. Oleskan campuran ini secara merata di wajah Anda. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil dipercaya sebagai alternatif alami untuk benzoil peroksida dan asam salisilat. Minyak ini juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang bertugas sebagai cara menghilangkan komedo, sekaligus membuat kulit jadi lebih sehat.

Makanya nggak heran kalau bahan ini sering terdapat dalam formulasi berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit.

Kalau kamu ingin membuat ramuannya sendiri sebagai cara menghilangkan komedo, campur tea tree oil dan air dengan perbandingan 1:9, dan oleskan pada whiteheads tanpa membilasnya.

Cuka Sari Apel

Asam dalam cuka berfungsi untuk mengeringkan whitehead dan membantu menyembuhkannya lebih cepat. Selain itu, cuka sari apel juga bisa mengurangi terjadinya peradangan.

Langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakannya sebagai cara menghilangkan komedo :

  • Cuci wajah sampai bersih
  • Celupkan kapas ke larutan cuka yang sudah diencerkan
  • Tempelkan ke wajah yang terkena komedo
  • Diamkan 20 menit, bilas sampai bersih

Dengan menerapkan cara menghilangkan komedo di atas, dijamin deh kulit wajah kamu kembali mulus dan nampak sehat!

Beri Komentar