10 Serum Anti Aging Selain Retinol untuk Kulit Sensitif

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 4 Desember 2023 18:06
10 Serum Anti Aging Selain Retinol untuk Kulit Sensitif
Ada serum anti aging berbahan peptide, vitamin C, bakuchiol dan yang bisa jadi alternatif untuk kamu yang nggak bisa pakai retinol.

Sedih banget rasanya kalau kebanyakan serum anti aging menggunakan kandungan retinol, disaat kamu nggak cocok sama bahan aktif tersebut. Perlu diakui, retinol udah jadi salah satu bahan aktif yang sering disebut oleh beauty influencer kalau udah ngomongin tentang permasalahan penuaan dini. 

Dikutip dari Cleveland Clinic, retinol meningkatkan produksi sel kulit (proliferasi) yang pada akhirnya membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Retinol juga mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen, yang dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan glowing.

Retinol adalah bahan anti aging yang ampuh banget. Sayangnya, retinol nggak bisa digunakan semua orang. Kalau kamu punya kulit yang sensitif, kamu harus cobain bahan alternatif anti aging lainnya. Apa aja bahan tersebut dan produk skincare apa aja?

 

1 dari 5 halaman

Peptide

Sebenarnya peptide merupakan kumpulan dari amino acid yang kemudian membangun beberapa jenis protein yang dibutuhkan oleh kulit. Disebutkan Dr. Mamina Turegano, ahli dermatologis dalam Byrdie, peptida dinilai efektif sebagai kandungan untuk mencegah anti penuaan. 

Dalam kurun waktu dua minggu, penggunaan produk dengan kandungan peptida telah menunjukkan hasil yang signifikan terhadap kerutan pada kulit. Selain itu, peptide juga memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit wajah. Makanya, peptide bisa banget diformulasikan sebagai serum anti aging selain retinol.

Serum Anti Aging Selain Retinol - Somethinc Holygrail Multipeptide Youth Elixir © Diadona

Somethinc Holygrail Multipeptide Youth Elixir

Produk lokal yang satu ini mengandung 12 potent peptide yang berfungsi untuk menjaga kulitmu agar tetap awet muda. Somethinc Holygrail Multipeptide Youth Elixir juga diklaim mampu bikin kulit kamu terlihat lebih muda dalam jangka waktu 15 hari.

Nah, buat kamu yang punya kulit sensitif nggak perlu khawatir karena serum yang satu ini aman buat kamu pakai. 

Harga : Rp147.000

Serum Anti Aging Selain Retinol - Serum Anti Aging Selain Retinol - Dear Me Beauty 8 Persen Snap 8 P © Diadona

Dear Me Beauty 8% Snap 8 Peptide + Avocado Extract Face Serum

Masih ngomongin brand lokal, Dear Me Beauty juga punya lho produk serum dengan kandungan peptide. Bedanya, serum yang satu ini kecil-kecil cabe rawit. Meskipun kemasannya travel friendly, produk ini punya banyak manfaat.

Dapat digunakan untuk semua jenis kulit, produk ini dapat menyamarkan garis halus serta kerutan. Nggak cuma itu aja, serum ini juga memiliki fungsi untuk menjaga skin barrier kamu biar nggak mudah rusak. 

Harga : Rp179.000

2 dari 5 halaman

Niacinamide

Diazens, kamu pasti kamu udah nggak asing sama bahan aktif yang satu ini. Udah banyak produk kecantikan yang menggunakan niacinamide sebagai salah satu kandungan di dalamnya.

Selain mengobati dan menghilangkan bekas jerawat, niacinamide juga bisa digunakan untuk mengurangi kerutan serta garis halus yang ada pada wajah jadi cocok banget sebagai serum anti aging selain retinol. FYI, Niacinamide sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis vitamin B3, lho.

Serum Anti Aging Selain Retinol - Wardah Lightening Serum Ampoule © Diadona

Wardah Lightening Serum Ampoule

Punya tekstur yang cair, Wardah Lightening Serum Ampoule jadi produk anti-aging yang wajib kamu coba! Diperkaya dengan 10x advanced niacinamide, serum dari brand Wardah ini diklaim bekerja lebih optimal dalam mencerahkan hingga menyamarkan bekas jerawat.

Anyway, Diazens tahu nggak sih kalau paparan blue light adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini? Nah, produk yang satu ini punya kemampuan buat melindungi kulit kamu dari paparan blue light. 

Harga : Rp70.000

Serum Anti Aging Selain Retinol - Skintific 10 Persen Niacinamide Brightening Serum © Diadona

Skintific 10% Niacinamide Brightening Serum

Salah satu produk dengan paket lengkap, nih. Selain niacinamide, serum ini juga punya bahan lain, seperti arbutin dan centella asiatica. Kedua kandungan tersebut juga berguna untuk mencegah penuaan dini.

Serum ini diklaim bisa mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat, dan merawat kulit dari sisa paparan matahari dalam kurun waktu tujuuh hari. Saat menggunakan serum ini pada pagi hari, disarankan untuk menggunakan sunscreen sesudahnya.

Harga : Rp145.000

3 dari 5 halaman

Bakuchiol

Cocok dijadikan pengganti retinol, nih, karena bakuchiol punya cara kerja yang mirip dengan retinol. Bakuchiol juga punya peran penting untuk melawan penuaan dini, bedanya, bakuchiol nggak bikin kulit kamu terasa kering atau kemerahan.

Selain untuk kandungan serum anti aging, bakuchiol juga dapat digunakan untuk menenangkan kulit.

Serum Anti Aging Selain Retinol - Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum © Diadona

Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Punya fungsi utama sebagai serum anti aging, produk Somethinc yang satu ini diperkaya dengan kandungan bakuchiol. Serum ini pas buat kamu yang nggak cocok dengan penggunaan retinol.

Nggak cuma buat perempuan dewasa, Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini juga bisa digunakan pada kulit remaja. Selain aman untuk diaplikasikan pada pagi hari, produk ini juga aman buat kulit sensitif, berminyak, dan berjerawat. Selain itu produk ini juag bisa memperbaiki tekstur kulit lho!

Harga : Rp90.000

True to Skin Bakuchiol Anti-Aging Serum © Diadona

True to Skin Bakuchiol Anti-Aging Serum

Brand lokal Indonesia emang nggak ada habisnya, deh! Serum dengan kandungan bakuchiol yang satu ini punya tekstur cair dan cepat menyerap di permukaan kulit.

Kandungan bakuchiol dalam produk ini diklaim hingga 99%. Serum ini juga punya beberapa formulasi pendukung bakuchiol, seperti azeclair, PHA, dan deep sea water. Pokoknya produk ini cocok buat dijadikan alternatif selain retinol. Meskipun bahannya berbeda, bakuchiol dalam produk ini punya manfaat yang sama seperti retinol kok.

Harga : Rp98.000

4 dari 5 halaman

Glycolic acid

Kandungan anti aging yang satu ini juga pasti udah sering kamu temui pada berbagai produk skincare. Masih satu kelompok sama AHA, glycolic acid juga termasuk salah satu kandungan yang bisa kamu pilih. Permasalahan anti aging bisa terselesaikan dengan kandungan ini.

Glycolic acid bekerja dengan mengeksfoliasi kulit kamu sehingga memunculkan sel-sel kulit baru. Jadi, kamu bisa say goodbye sama garis halus dan kerutan.

L OREAL Paris Glycolic-Bright © Diadona

L'OREAL Paris Glycolic-Bright

Dengan klaim hasil yang terlihat setelah dua minggu pemakaian, produk dari brand L’oreal ini bisa bikin kulit kamu makin cerah dan mencegah terjadinya penuaan dini. Serum ini punya kandungan glycolic acid sebanyak 1%, jumlah itu udah cukup buat melakukan proses pembaharuan sel kulit dan menghilangkan melanin pada wajah. Serum ini juga bisa kamu gunakan setiap hari.

Viva Peeling Serum with Triple Gentle Exfoliation © Diadona

Viva Peeling Serum with Triple Gentle Exfoliation

Eits, Viva juga punya lho serum buat mencegah anti-aging. Dengan harga yang ramah kantong, alias Rp22.700, kamu udah bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kulitmu. Nggak cuma glycolic acid, serum dari Viva ini juga punya bahan aktif lain, seperti BHA dan PHA.

Selain bisa digunakan untuk seluruh jenis kulit, Viva peeling serum with triple gentle exfoliation juga punya kandungan moisturizing sehingga kulit kamu tetap lembab.

Harga : Rp22.000

5 dari 5 halaman

Vitamin C

Berperan sebagai antioksidan, vitamin C juga punya manfaat untuk mencegah penuaan dini, lho. Vitamin C bekerja dengan meningkatkan kolagen. Seiring berjalannya waktu, produksi kolagen pada tubuh manusia akan semakin lambat.

Nah, vitamin C bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan serta melindungi kolagen dari kerusakan. Vitamin C juga bisa bikin kulit kamu terjaga dari dampak buruk sinar matahari. 

Serum Anti Aging Selain Retinol - Whitelab C-Dose Brightening Serum © Diadona

Whitelab C-Dose+ Brightening Serum

Sesuai dengan fungsi vitamin C, serum dari brand Whitelab ini punya benefit untuk mencerahkan warna kulit. Diklaim dapat menunjukkan hasil dalam waktu beberapa minggu, produk ini bisa mempertahankan elastisitas kulit kamu.

Diperkaya dengan hyalucomplex-10 Whitelab C-Dose+ brightening serum disebut-sebut dapat menjaga hidrasi kulit kamu.

Serum Anti Aging Selain Retinol - Wardah C-Defence Serum © Diadona

Wardah C-Defence Serum

Mudah terserap pada kulit, serum dari produk lokal Wardah diperkaya denagan Hi-Grade vitamin C. Formulasi dari produk ini juga lengkap lho, terdapat vitamin C, biosaccharide, serta aloe vera. Ketiga kandungan ini yang bisa bikin kulit kamu tampak lebih cerah, muda, dan pastinya lebih lembap.

Harga : Rp. 67.000

Serum anti aging selain retinol bisa jadi pilihan untuk menjaga kulit nampak awet muda tanpa takut teriritasi.

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar