13 Cara Menebalkan Alis secara Alami dan Permanen, Bikin Penampilan Kamu Beda 180 Derajat!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 4 Februari 2024 00:24
13 Cara Menebalkan Alis secara Alami dan Permanen, Bikin Penampilan Kamu Beda 180 Derajat!
Tren kecantikan sekarang merujuk pada alis dan bulu mata tebal, yang sayangnya nggak semua orang memilikinya dari lahir. Tapi dengan cara-cara berikut ini, alis tebal bukan lagi impian.

Kenapa sih alis yang tebal jadi idaman? Bahkan banyak ditemui salon kecantikan yang menawarkan perawatan alis? Kenapa pensil alis jadi salah satu produk kecantikan yang wajib dimiliki? Kenapa banyak orang yang pengen tahu gimana cara bikin alis jadi tebal?

Itu karena bentuk alis dapat mendefisinisikan wajah kamu. Saat bentuk alis kamu berbeda, maka percaya deh kalau penampilan kamu juga bakalan terlihat beda.

Tren bentuk alis berubah sepanjang tahun, mulai dari berbentuk garis tipis sebelum tahun 1950-an, dan tren alis tebal hingga masa sekarang. Dari selebriti hingga orang awam sepertinya setuju bahwa alis tebal adalah pilihan terbaik untuk menampilkan wajah beberapa tahun terlihat lebih muda.

 

1 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Alis secara Alami © Diadona

Sayangnya, nggak semua orang dianugerahi alis tebal alami. Beberapa dari kamu mungkin harus bermain dengan pensil alis setiap keluar rumah untuk menutupi alis tipis kamu.

Atau ada yang memilih melakukan sulam alis dengan alasan kepraktisan. Sementara bagi kamu yang ingin alis tebal alami tanpa kedua cara di atas, mungkin bahan-bahan alami ini bisa membantu kamu.

Apa penyebab alis seseorang tipis?

Banyak orang yang memang secara genetik terlahir dengan alis tipis atau kondisi kesehatan tertentu seperti hipotiroidisme juga bisa menjadi penyebab alis tipis.

Tak hanya faktor genetik, ada faktor lain yang bisa menyebabkan alis seseorang tipis. Misalnya, mencabut alis secara berlebihan. Mungkin kamu sering mencabut alis agar alis terlihat lebih rapi. Namun, terus menerus mencabut alis bisa membuat folikel rambut alis kamu rusak, lho!

Warna alis juga berpengaruh pada apakah alis terlihat tebal atau tipis. Kalau kamu memiliki warna alis yang terang, maka alis bisa terlihat tipis meskipun sebenarnya alis kamu tebal, begitu juga sebaliknya. 

Trus pakai apa yang yang bisa bikin alis jadi tebal?

Cara Menebalkan Alis dengan Minyak Kemiri © Diadona

Alis Tebal dengan Minyak Kemiri

Kamu pasti sudah tidak asing dengan cara menebalkan alis dengan minyak kemiri, kan? Kandungan asam lemak pada kemiri bisa memicu pertumbuhan rambut.

Ditambah, protein dalam kemiri merupakan asam amino esensial yang dapat menjaga kekuatan akar rambut kamu. Sebenarnya kamu nggak perlu repot-repot membakar kemiri dan mengambil minyaknya seperti yang dilakukan orang-orang dulu, karena minyak kemiri sudah banyak dijual di pasaran.

Kalau kamu ingin mencobanya sebagia cara menebalkan alis, berikut rangkaian perawatan yang harus kamu lakukan:

  1. Siapkan minyak kemiri secukupnya
  2. Teteskan minyak ke kapas atau cotton bud
  3. Oleskan pada alis secara merata
  4. Diamkan semalaman dan cuci sampai bersih keesokan harinya

Minyak Kelapa untuk Menebalkan Alis © Diadona

Menggunakan Minyak Kelapa

Ramuan minyak kelapa sebenarnya sudah sering digunakan oleh wanita jaman dulu untuk perawatan rambut, namun  perlahan mulai ditinggalkan karena dianggap kurang praktis dan baunya yang nggak wangi.

Padahal, minyak kelapa punya kemampuan untuk melindungi rambut dengan mengurangi kehilangan protein saat keramas.

Penelitian lain juga membuktikan kalau minyak kelapa bisa bisa membantu menjaga kelembaban dengan mencegah kehilangan air alami rambut, membuatnya lebih sehat dan kuat. Dengan kata lain bila diaplikasikan untuk alis, minyak kelapa bisa sebagai cara menebalkan alis secara alami.

Menebalkan Alis dengan Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung asam risinoleat untuk pertumbuhan rambut dan membuat setiap helainya jadi lebih lebat. Untuk hasil terbaik, usahakan gunakan 100 persen minyak jarak alami.

Untuk menggunakannnya sebagai cara menebalkan alis, kamu bisa melakukan langkah berikut:

  1. ambil beberapa tetes minyak harak di ujung jari, lalu pijatkan ke alis kamu
  2. tunggu selama 30 menit dan bersihkan dengan sabun dan air
  3. ulangi cara menembalkan alis ini selama kurun waktu dua bulan

Minyak Almond

Minyak almond memiliki kandungan yang dinilai bisa mendorong pertumbuhan rambut alis, lho! Minyak ini mengandung asam lemak omega 3 untuk menutrisi dan memperkuat rambut. Namun, hindari pemakaian minyak ini kalau kamu menderita alergi almond, ya!

Untuk menggunakannya, sapukan minyak almond pada alis. Kemudian, pijat alis dengan gerakan memutar. Setelah itu, diamkan selama semalaman dan bilas minyak almond keesokan harinya.

Tea Tree Oil untuk Menembalkan Alis © Diadona

Tea tree oil

Mungkin kamu biasa menemukan kandungan tea tree oil pada sheetmask. Namun tak hanya bermanfaat untuk kulit wajah, ekstrak tea tree oil juga bermanfaat untuk menebalkan alis.

Tea tree oil dipercaya bisa merangsang ketebalan alis dengan menciptakan lapisan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan folikel rambut.

Kamu bisa langsung mengaplikasikan tea tree oil pada helaian rambut alis. Teteskan sebanyak 2-3 tetes lalu pijat dan ratakan ke seluruh rambut alis. Setelah itu, diamkan selama semalaman baru bilas di pagi hari. 

Cara menebalkan alis dengan tea tree oil memang mudah. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya, ya. Pasalnya, tea tree oil bisa menimbulkan reaksi alergi kalau kulit kamu sensitif.

Minyak Zaitun untuk Menebalkan Alis © Diadona

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sering kali digunakan untuk melembabkan kulit. Namun, ternyata minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menebalkan alis, lho! 

Pertama, pastikan kamu memilih minyak zaitun yang tepat, ya. Beberapa minyak zaitun mengandung bahan yang bisa mengiritasi kulit kamu. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun extra virgin yang aman bagi kulit.

Kedua, lakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Caranya, ambil spoolie lalu sikat rambut alis selama beberapa menit. Ini bertujuan untuk menyingkirkan kulit mati dan agar minyak zaitun bisa meresap lebih cepat. 

Terakhir, sapukan minyak zaitun menggunakan spoolie. Biarkan minyak zaitun meresap semalaman dan bersihkan minyak zaitun keesokan harinya. Dengan cara alami ini, kamu membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan perubahannya.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Serum Alis untuk Bikin Alis Tebal dan Lebat © Diadona

Campuran Minyak Jarak, Minyak Argan dan Vitamin E

Spesialis mata dan estetika Denise Wilson dari Sublime Eyes, salon kecantikan khusus mata, mengatakan, ada solusi lengkap dan murah untuk cara menebalkan alis yang tepat dan cepat. Apa itu? Campuran vitamin E, minyak jarak dan minyak argan.

Ketiganya dicampur dengan perbandingan 1:1:1, lalu meletakkanya di dalam botol penyimpanan. Usapkan ke alis dan bulu mata kamu setiap malam, maka hasilnya akan nampak dalam waktu beberapa bulan.

" Beberapa bulan adalah waktu yang sangat pendek untuk membayar alis yang tebal secara alami," kata Wilson.

Serum Pertumbuhan Alis

Untuk kamu yang terlalu repot mencari dan mencampur ketiga minyak di atas sebagai cara menebalkan alis, sebenarnya ada cara mudah yakni dengan menggunakan serum alis.

Serum alis merupakan produk kecantikan yang mengklaim dapat membuat alis lebih tebal. Biasanya, serum alis dilengkapi dengan aplikator berbentuk spoolie untuk memudahkan kamu mengoleskan serum ke alis. 

Kalau kamu ingin menebalkan alis dengan serum alis, pilih serum dengan kandungan peptida, ekstrak tumbuhan, kafein, hyaluronic acid, dan CAPIXYL. Semua bahan tersebut terbuat dari bahan alami yang berfungsi untuk melembabkan folikel rambut alis.

Harga serum penebal alis bisa bervariasi tergantung bahan yang digunakan dan tentu saja hasil yang didapat. Nah, berikut ini rekomendasi serum untuk membuat alis tampak tebal dan menawan :

Nutrilash Eyelash and Eyebrow Serum (Rp85.000)

Rekomendasi pertama serum untuk mempertebal alis dan bulu mata yaitu Nutrilash. Terbuat dari 100% bahan alami tanpa unsur hewani, pengawet, dan pewarna, pemakaian secara rutin bakalan membantu kamu mendapatkan alis tebal dan kuat.

Woosh Lash & Brow Growth Serum (Rp119.000)

Merupakan minyak jarak alami bersertifikat dengan tambahaan vitamin E. Minayk jarak ini terbukti efektif dalam menumbuhkan dan menebalkan bulu mata dan alis. Selain itu juga mampu mencegah patah dan juga dapat memicu tumbuhnya bulu mata dan alis.

Spoil Organics Eyebrow & Eyelash Elixir (Rp100.000)

Serum ini mengandung organik castor oil, jojoba oil, dan vitamin E alami yang bikin bulu mata tumbuh lebih cepat. Tpai karena kandungannya, Spoil Organics Eyebrow & Eyelash Elixir juga sabi banget digunakan sebagai serum penembal alis.

The Originote 2 in 1 Lash & Brow Serum (Rp37.500)

The Originote 2 in 1 Lash & Brow Serum adalah serum berbahan dasar air untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata dan alis. Dengan kandungan Biotin, Peptides dan Ginseng Extract, serum ini disebut bisa bikin alis dan bulu mata kamu tebal dalam waktu 2 minggu.

The Ard Brow & Lash Serum

Serum penebal alis yang murah meriah lainnya yakni The Ard Brow & Lash Serum. Harganya memang ramah di kantong, tapi nggak selalu kualitasnya kureng. Formula serum ini ngga sembarangan karena dilengkapi dengan bahan-bahan alami seperti olive oil, coconut oil, almond oil, argan oil, sampai dengan Vitamin E.

Konsumsi Suplemen Biotin

Selain dengan minyak alami seperti pada cara-cara sebelumnya, mengonsumsi suplemen biotin juga bisa membantu menebalkan alis kamu, lho! 

Biotin adalah vitamin B penting yang membantu tubuh mendapatkan energi dan nutrisi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan biotin emang dikaitkan dengan kerontokan rambut dan konsumsi suplemennya disebut bisa bikin rambut jadi tebal.

Sayangnya nih belum ada penelitian yang membuktikan aklau konsusmi suplemen biotin pada orang dengan kekurangan biotin, bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen biotin, ya. Kalau kamu masih mengalami masalah kerontokan alis setelah mengonsumsi suplemen biotin, lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Alis secara Permanen

Menebalkan alis dengan cara alami memang aman karena mengandung bahan-bahan alami yang tidak berbahaya bagi alis. Sayangnya, prosesnya agak lama dan khusus bagi mereka yang konsisten melakukannya.

Selain cara tersebut, ada beberapa pilihan lainnya yang bisa bikin alis kamu tebal secara cepat hingga permanen, antara lain :

Sulam Alis untuk Menebalkan Alis © Diadona

Sulam Alis

Siapapun pasti sudah tak asing dengan metode sulam alis. Kamu mungkin sering mendengar banyak selebriti yang menggunakan metode ini untuk mendapatkan alis yang tebal. Lantas, seperti apa sih prosedur sulam alis itu?

Prosedur kecantikan satu ini menanamkan pigmen berwarna untuk mengisi alis. Pigmen dipasang mengikuti arah pertumbuhan rambut alis aslinya. Teknik ini disebut dengan teknik feathering.

Sulam alis hanya menembus lapisan terluar kulit yakni epidermis. Berbeda dengan tato alis yang menembus lapisan kulit sampai bagian terdalam. Inilah yang menyebabkan hasil sulam alis hanya bertahan maksimal sampai 2 tahun.

Tato Alis

Berbeda dengan metode sulam alis yang bersifat semi-permanen, tato alis merupakan cara menebalkan alis yang bersifat permanen.

Ahli tato akan menggoreskan pewarna menggunakan jarum sekali pakai. Kemudian, mengarsir garis dengan bentuk yang menyerupai helaian rambut alis.

Metode ini memerlukan anestesi karena jarum tato akan menembus permukaan kulit. Biasanya, prosedur ini memakan waktu beberapa jam. Setelah selesai, warna alis memang terlihat tebal dan gelap.

Namun, warna tersebut akan berubah menjadi alami setelah beberapa minggu.

Meski tato alis bersifat permanen dan prosesnya tidak memakan waktu, ada risiko kesehatan yang kemungkinan bisa kamu alami. Misalnya, meningkatkan risiko kulit terbakar paparan sinar matahari dan dermatitis.

Untuk itu, pastikan kamu melakukan treatment di tempat yang terpercaya dan pilihlah ahli tato yang bersertifikat resmi.

Trus apa perbedaan antara tato alis dengan sulam alis?

Pada tato alis, rambut alis harus dicukur habis untuk melanjutkan tindakan selanjutnya. Pewarna yang digunakan untuk tato alis adalah tinta, sehingga hasil warnanya permanen. Namun, hasil akhirnya alis akan cenderung terlihat kaku.

Sedangkan pada sulam alis, rambut alis dicukur mengikuti pola alis yang sudah digambar. Pewarna yang digunakan untuk sulam alis adalah pigmen, sehingga hasil warnanya bersifat semi-permanen dengan tingkat ketahanan selama 1-2 tahun saja.

Namun, hasil akhirnya alis terlihat jauh lebih natural dibandingkan dengan tato alis.

 

Bikin Alis Tebal dengan Pensil Alis

 

Buat sebagian orang, ‘membuat alis’ atau menebalkan alis yang tipis, terbukti bikin kecantikan mereka naik beberapa tingkat. Tak salah, sebab banyak yang menjadikan alis sebagai kunci kecantikan. 

Memang sih metode satu ini bukan merupakan cara menebalkan alis secara alami. Namun, ngalis atau bikin alis dengan pensil ini bisa membuat alis kamu tampak tebal dan cantik dengan cara yang mudah dan tentu saja murah.

Kalau menebalkan alis dengan cara alami memakan waktu terlalu lama dan menebalkan alis dengan sulam alis atau tato alis terlalu berisiko, pensil alis bisa jadi solusinya. Kamu bisa menebalkan alis dengan cepat tanpa perlu khawatir risiko apapun karena bisa dihapus.

Jangan Mencabut Alis

Hal pertama yang seharusnya kamu lakukan dalam cara menebalkan alis yakni jangan mencabutnya secara berlebihan. Pencabutan yang berlebihan bisa mecegah alis kamu tumbuh kembali.

Dalam siklusnya, alis akan tumbuh dalam waktu 2 - 3 bulan, jadi tidak mencabut selama kurung waktu tersebut bakalan menunjukkan banyak perbedaan untuk alis kamu.

Melembabkan Alis

Area alis kamu perlu tetap terhidrasi dan mendapat asupan gizi yang cukup sebagai cara menebalkan alis. Gunakan petroleum jelly untuk mengunci kelembaban alis yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Rumornya, Marilyn Monroe juga menggunakan petroleum jelly untuk kulitnya dan berhasil membuat rambut alis jadi lebih panjang. Cara menebalkan alias dengan petroleum jelly, cukup bersihkan dan keringkan alis kamu lalu oles dengan petroleum jelly tiga hingga empat kali sehari.

Cara Menebalkan Alis Pria

Banyak diantara kamu para wanita yang mungkin mendambakan lelaki dengan alis tebal. Nggak salah sih memang, alis tebal pada pria bisa memberi efek wajah yang lebih maskulin dan tatapan mata yang bikin melting.

Sayangnya nih Diadona belm nemu literatur yang membedakan antara perawatan alis untuk pria dan wanita. Para pria boleh banget kok menggunakan deretan perawatan alis tebal yang dilakukan oleh wanita.

4 dari 4 halaman

Solusi membuat sulam alis atau dengan pensil alis mungkin nggak coock untuk semua orang, sehingga satu-satunya solusi memang harus menumbuhkan alis secara alami dan permanen.

Sama halnya dalam perawatan rambut, cara menebalkan alis agar lebat harus dimulai dari ketelatenanan diri kamu sendiri. Jangan mudah menyerah, nanti hasilnya nggak bisa terlihat lho!

Beri Komentar