5 Penyebab Komedo Putih dan Hitam di Hidung, Gimana sih Cara Mencegahnya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 2 Agustus 2020 07:58
5 Penyebab Komedo Putih dan Hitam di Hidung, Gimana sih Cara Mencegahnya?
Penyebab komedo memang nggak bisa dihindari karena terjadi akibat dua materi alami dalam kulit. Tapi bisa dikurangi kok!

Komedo kayaknya jadi masalah yang umum terjadi nggak cuman sama cewek tapi juga cowok. Ini normal kok, karena penyebab komedo juga normal. Seperti halnya sel-sel kulit mati dan minyak di pori-pori kamu. Sel-sel kulit mati muncul secara alami karena kulit secara konstan menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikannya. Sedangkan sebum dibuat di pori-pori kulit kamu dan dirancang untuk menjaga kulit biar tetap terhidrasi.

Tetapi terlalu banyak sel kulit mati dan kelebihan produksi minyak dapat bergabung untuk membuat pori-pori kamu menjadi tempat berkembang biak bagi komedo hitam dan komedo putih.

1 dari 5 halaman

Penyebab Komedo

Penyebab KomedoPenyebab Komedo © 2020 shutterstock.com/CHATCWORLD

Secara umum, penyebab komedo adalah ketika terbentuknya sumbatan pada pembukaan foliel rambut di kulit. Jadi, setiap folikel mengandung satu rambut dan kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Miyak inilah yang disebut dengan sebum yang bertugas untuk menjaga kulit tetap lembut.

Nah, sel-sel kulit mati dan minyak berkumpul di bukaan folikel rambut tersebut, menghasilkan tumpukan atau yang disebut dengan komedo.

2 dari 5 halaman

Penyebab Komedo Putih

Penyebab KomedoPenyebab Komedo © 2020 shutterstock.com/sasimoto

Pori-pori yang tersumbat adalah penyebab komedo yang utama. Pori-pori dapat tersumbat karena beberapa alasan.

Apa aja?

Salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori ini adalah perubahan hormon, yang merupakan pemicu umum timbulnya jerawat. Selain itu, juga karena pengkatan sebum wajah. Sebum bisa meningkat pada fase:

  • Masa pubertas
  • Menstruasi
  • Kehamilan

Beberapa penelitian juga menemukan kalau genetika punya peran sebagai penyebab jerawat, termasuk komedo. Komedo putih juga snagat mungkin muncul di lokasi di mana kulit terken abanyak gesekan, seperti pada dagu.

Dengan tahu apa sih penyebab komedo ini maka bisa membantu mencegah jerawat di masa depan.

Stres

Saat seseorang mengalami stres, tubuh bakalan masuk dalam mode pertahanan pada tanda pertama stres. Dikutip dari Greatist, hormon, termasuk kortisol dan androgen adrenal, ditambah dengan neuropeptida bakalan dilepaskan untuk melindungi tubuh.

Sayangnya, ini bakalan memicu dan menaikkan kelenjar sebaceous. Wajah jadi lebih berminyak yang secara lebih lanjut bakalan jadi penyebab komedo.

Make Up

Beberapa bahan dalam make up bisa menyumbat pori-pori yang jadi penyebab komedo. Menurut David Lortscher, MD, ahli dermatologi, secara tekni kebanyakan riasan nggak menyebabkan jerawat, tetapi bahan-bahan tertentu dapat menyumbat pori-pori, yang membantu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan penyebab komedo.

Minyak Berlebih

Kayak yang udah dijelasin bahwa penyebab komedo muncul adalah ketika minyak pada wajah bergabung dengan bakteri dan sel kulit mati dan meyumbat di pori-pori.

Sering Menyentuh Wajah

Saat kamu sering menyentuh wajah kamu dengan menggunakan tangan, maka bakteri dan kotoran yang di tangan kamu bisa berpindah. Nah, tanpa kamu sadari ini bisa banget jadi penyebab komedo.

Kurang Konsumi Air Putih

Dilansir dari Huda Beauty, berkeringat lebih bakalan membantu tubuh buat mengeluarkan kotoran dan polutan yang menyumbat pori-pori penyebab komedo. Ini detoksifikasi yang alami banget lho. Selain itu juga bisa buat membersihkan tubuh dan sistem pemcernaan kamu.

3 dari 5 halaman

Penyebab Komedo Hitam

Komedo hitam adalah folikel rambut yang tersumbat trus penuh dnegan sel kulit mati dan juga sebum, yaitu zat berminyak yang diproduksi kulit buat hidrasi dan juga perlindungan. Komedo hitam disebut juga dengan komedo terbuka karena pori-pori yang terbuka. Komedo ini bisa muncul di mana aja di bagian tubuh, tetapi yang peling sering terlihat di bagian wajah.

Komedo hitam terlihat sebagai titik hitam kecil pada kulit, nggak meradang dan nggak bernanah. Tapi, mengganggu banget kan?

Lalu apa sih penyebab komedo hitam ini?
Sebenarnya secara umum penyebab komedo hitam ini sama kok dnegan komedo putih. Penyeba komedo jadi hitam karena pori-pori kulit terbuka, paparan ke udara menyebabkan kulit jadi hitam.

Penyebab komedo hitam sama hanya dengan penyebab komedo pada umunya, yakni karena produksi minyak berlebih, penumpukan bakteri, iritasi pada folikel rambut, perubahan hormon, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Beberap orang percaya kalau apa yang kita konsumsi tuh punya peran sebagai penyebab komedo. Misalnya, produk susu dan makanan yang bisa bikin kadar gula darah jadi naik. Tapi para peneliti masih belum yakin sama hal ini.

4 dari 5 halaman

Penyebab Komedo di Hidung

Penyebab KomedoPenyebab Komedo © 2020 shutterstock.com/TOON DANUCHOT

Sebenarnya koemdo bisa muncul di mana aja. Tapi kalua kamu perhatikan, kebnayakan mereka demen banget ada di hidung, kan?

Nah ternyata ini ada hubungannya dengan minyak, si penyebab komedo. Hidung menghasilkan minyak yang lebih banyak karena punya lebih banyak kelenajr minyak dibanding bagian tubuh lainnya.

Dan teryata nggak semua bntik hitam yang ada di hidung adalah komedo. Beberapa diantaranya mungkin filamen sebaceous, yang terlihat seperti komedo.

Filamen sebaceous ini ada di lapidan pori-pori, membantu sebum keluar dari por-pori dan melumasi kulit. Ini bisa terlihat kalau diisi dengan lemak dan minyak dan terlihat berwarna gelap.

5 dari 5 halaman

Penyebab Timbulnya Komedo

Komedo hidungKomedo hidung © honestdoc.com

Dengan tahu apa penyebab komedo jadi tahu kan gimana mencegahnya biar nggak sampai bertandang ke kulit kamu. Sesederhana ini kok:

Cuci Wajah secara Teratur

Cuci muka saat bangun dan sebelum tidur untuk menghilangkan penumpukan minyak penyebab komedo. Dikutip dari Healthline, jangan mencuci wajah terlalu sering ya karena bisa mengiritasi kulit dan bikin jerawat makin parah.

Pakai pembersih wajah yang lembut dan jangan lupa gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit. Trus pertimbangakan buat mencuci wajah setelah makan yang berminyak karean mintak dari makanan sangat mungkin menyumbat pori-pori.

Jaga Kebersihan Rambut

Loh, apa hubungannya nih? Jadi gini, minyak rambut juga berkontribus sebagai penyebab komedo lho. Misalnya pas kamu tidur dan rambut yang kotor mengenai wajah kamu.

Gunakan Produk Bebas Minyak

Setiap produk yang mengandung minyak dapat berkontribusi sebagai penyebab komedo. Makanya, pilih makeup , lotion , dan tabir surya bebas minyak atau noncomedogenic untuk menghindari masalah komedo lebih parah.

Pilih Produk Peeling

Lulur dan masker untuk peeling wahag bakalan mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah dan bisa membantu mengurangi komedo. Cari produk masker dan peeling yang nggak mengiritasi kulit.

Penyebab komedo udah diketahui. Berarti sekarang tinggal gimana mengindarinya, ya kan?

Beri Komentar