11 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Komedo, Nggak Cukup dengan Cuci Muka doang

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 25 September 2023 19:39
11 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Komedo, Nggak Cukup dengan Cuci Muka doang
Tambahkan rutinitas perawatan dengan skincare untuk menghilangkan komedo berikut ini yang terdiri dari toner, serum, cleansing balm atau masker

Nggak cukup cuman dengan mencuci muka dengan sabun, kamu harus memasukkan skincare untuk menghilangkan komedo biar kulit jadi lebih bersih terawat. Sebab, komedo ini kadang susah hilang!

Apa itu Komedo?

Dilansir melalui Alodokter, komedo dapat diidentifikasi sebagai benjolan pada kulit yang muncul di bagian tubuh seperti wajah, bahu, dada, hingga punggung. Komedo muncul dipermukaan kulit akibat tersumbatnya folikel kulit. Setiap folikel memiliki rambut dan sebaceus yang memproduksi minyak. Kulit mati dan minyak yang terjebak pada folikel kulit memproduksi bump yang disebut komedo. 

Komedo terbagi menjadi komedo hitam, yang biasa disebut blackhead, dan komedo putih atau whitehead. Jika benjolan tertutup oleh kulit, ini bisa disebut whiteheads. Sebaliknya, jika tidak tertutup kulit, benjolan terkena udara dan membuatnya menghitam, atau biasa kita sebut blackheads.

 

1 dari 7 halaman

Skincare untuk Menghilangkan Komedo © Diadona

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo?

Menghilangkan komedo bisa menjadi tantangan untuk sebagian orang, tapi kamu dapat mengurangi permasalahan ini dengan melakukan perawatan dan menggunakan skincare untuk menghilangkan komedo yang tepat.

Berikut adalah cara-cara untuk mencegah dan menghilangkah komedo.

Membersihkan Wajah secara Rutin

Langkah utama dalam perawatan kulit yang bersih ada mencuci wajah secara teratur. Kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut sesuai dengan jenis kulit kamu.

Untuk menghilangkan bekas make up dan kotoran, cuci wajah sebanyak dua kali sehai pagi dan malam. Jika memungkinkan, lakukan double cleasing pada malam hari untuk hasil wajah bersih yang lebih maksimal, ya, Diazens!

2. Gunakan Produk Non-Comedogenic

Terkadang, komedo juga bisa disebakan oleh residu make up atau skincare yang menyumbat pori-pori.Untuk mencegah hal tersebut, pastikan rangkaian skincare yang kamu gunakan adalah produk yang tidak menyumbat pori-pori atau non-comedogenic, ya, Diazens! 

3. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu langkah esensial yang perlu kamu lakukan. Eksfoliasi akan membantu kamu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Kamu bisa mengeksfoliasi kulit kamu dengan dua cara, yakni eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia. Jika kulitmu sensitif dan kering, kamu bisa gunakan skincare untuk menghilangkan komedo dengan bahan yang ringan atau tekstur yang lembut.

4. Gunakan Masker Wajah

Untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, penggunaan masker secara rutin dapat membantu kamu menjaga kebersihan pori-pori. Gunakan masker wajah dengan kandung lumpur atau tanah liat sebanyak 2 kali seminggu untuk mengatasi kulit dengan minyak berlebih dan berkomedo

5. Gunakan Sunscreen sebelum Beraktifitas

Taukah kamu, semua rangkaian yang kamu lakukan untuk menghilangkan komedo akan sia-sia apabila kamu nggak pakai sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas. Sunscreen berfungsi sebagai pengunci skincare kamu sekaligus melindungi wajahmu dari sinar UV yang jahat untuk kulit.

2 dari 7 halaman

Skincare untuk Menghilangkan Komedo © Diadona

Selain itu, pastikan skincare kamu memiliki kandungan dari bahan-bahan di bawah ini untuk mengurangi dan mencegah keberadaan komedo di wajah.

Niacinamide

Skincare yang mengandung niacinamide bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah yang kemudian bakalan mengurangi potensi penyumbatan minyak dalam pori-pori. Niacinamide bisa kamu temukan di dalam produk toner, serum dan pelembap.

Retinol

Nggak cuman membantu mengurangi tanda penuaan dini, retinol dalam skincare juga berperan sebagai eksfoliator yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, yang tersumbat di dalam pori-pori wajah.

AHA dan BHA

Kandungan alpha hydroxy acids atau AHA dan beta hydroxy acids atau BHA, adalah kandungan yang bisa mengeksfoliasi kulit, mengontrol produksi minyak dan membantu mengecilkan pori-pori.

3 dari 7 halaman

Berikut adalah rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo khusus untuk kamu.

1. The Originote BHA Charcoal Clay Mask (Rp 36.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - The Originote BHA Charcoal Clay Mask © Diadona

Dengan kandungan BHA, Probiotic dan Charcoal, clay mask terbaru dari The Originote berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati, membantu mencerahkan wajah, menghaluskan kulit, hingga merawat wajah dari komedo dan jerawat.

Clay mask ini bisa kamu gunakan setelah membersihkan wajah selama 10 - 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

2. ELFORMULA Intensive Clay Facial Cleanser (Rp 108.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - ELFORMULA Intensive Clay Facial Cleanser © Diadona

Salah satu face wash dengan tekstur cream-to-clay yang efektif untuk membersihkan kulit secara menyeluruh hingga ke lapisan dalam. Diformulasi dengan 3X Ceramide yang melembapkan kulit, serta Volcanic Ash yang membersihkan pori-pori, skincare untuk menghilangkan komedo ini adalah 2in1 yang bisa kamu gunakan sebagai facial wash dan masker.

Seperti face wash pada umumnya, kamu bisa gunakan produk dengan cara gosok produk di tangan hingga mengeluarkan busa, lalu bilas dengan air hingga merata. 

3. Skintific Alaska VolcanoClay Pore Detox Mask Stick (Rp 87.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - Skintific Alaska VolcanoClay Pore Detox Mask Stick © Diadona

Eksfoliasi anti  ribet, kamu bisa gunakan masker dari Skintific yang satu ini. Dengan kandungan Glycolic Acid, Probiotic Complex, dan Black Charcoal, produk ini membantu membersihkan pori-pori kamu secara mendalam, menjaga skin barrier, dan menjadikan kulitmu lebih halus dan bersih. 

Partikel masker yang halus menjadikannya masker eksfoliasi yang lembut di kulit dan nggak bikin kulit kering. Kamu dapat langsung usapkan masker ke seluruh wajah, tunggu 10-15 menit, lalu bilas dengan air. Gunakan 2-3 kali seminggu untuk hempas komedo secara merata!

4 dari 7 halaman

4. Breylee Tea Tree Blackhead Remover Mask (Rp 49.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - Breylee Tea Tree Blackhead Remover Mask © Diadona

Pasti kamu udah nggak asing lagi kan dengan produk yang satu ini, Diazens? Produk masker pengangkat komedo yang mulai populer pada tahun 2020-an ini masih eksis hingga sekarang karena manfaatnya.

Produk yang berkonsep seperti pore strip ini efektif secara langsung mengangkat komedo yang menyumbat pori-pori wajahmu. 

Dengan kandungan Melaleuca Alternifolla Leaf Oil, Calendula Extract, serta Aloe Barbadensis Extract, membantu pori-pori kamu bersih tanpa komedo. Dilengkapi dengan 100 lembar kertas, produk ini tergolong cukup murah untuk pemakaian jangka panjang.

Kamu bisa gunakan produk ini sebanyak 1-2 kali perminggu untuk mencegah komedo membandel.

5. Somethinc AHA BHA PHA Serum Peeling Solution (Rp 109.175)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - Somethinc AHA BHA PHA Serum Peeling Solution © Diadona

Get rid of clogged pores! Somethinc memformulasikan serum peeling dengan kandungan AHA BHA PHA yang bisa membantu mengurangi komedo, membersihkan pori, mengangkat sel kulit mati, hingga menyamarkan bekas jerawat dalam waktu yang bersamaan.

Definisi skincare untuk menghilangkan komedo yang worth the money banget kan, Diazens?

Cara menggunakan produk ini cukup simpel, kamu hanya perlu teteskan 5-10 tetes produk, dan ratakan ke seluruh wajah. Setelah itu, tunggu hinga produk bekerja selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan maksimal 2 kali seminggu pada malam hari. Dijamin komedo nggak mampir lagi!

5 dari 7 halaman

6. Neogena Dermalogy Gauze Peeling (Rp 235.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - Neogena Dermalogy Gauze Peeling © Diadona

Salah satu cara eksfoliasi fisik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan pads. Neogena Dermalogy Gauze Peeling merupakan produk eksfoliasi fisik yang dapat menghilangkan kulit mati sekaligus menutrisi kulit kamu.

Produk ini memiliki 3 varian dengan nutrisi yang berbeda-beda. Varian Wine khusus untuk kamu yang membutuhkan skincare dengan nutrisi anti-aging, varian Lemon berfungsi untuk mencerahkan kulit, dan Green Tea khusus untuk mengangkat minyak berlebih.

Nggak perlu repot, kamu bisa langsung gunakan produk dengan mengusapkan pads secara perlahan ke seluruh area kulit wajah. Kandungan AHA dalam produk meresap ke kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang tertinggal di kulit kamu. Gunakan produk sebanyak 2 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

7. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil © Diadona

Untuk kuit normal dan kering, cobain deh Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil sebagai skincare untuk mengangkat komedo. Seperti namanya, ini adalah minyak untuk membersihkan wajah. Klaimnya nih bisa mengangkat kotoran, debu, dan makeup, termasuk water proof mascara dan eyeliner.

Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil mengandung virgin coconut oil dan improved hyaluronic acid tanpa bahan pewarna, pewangi dan mineral oil. Makanya setelah diaplikasikan, kulti kamu akan bersih dan juga lembut.

8. La Roche-Posay Effaclar Medicated Gel Cleanser (Rp240.000)

La Roche-Posay Effaclar Medicated Gel Cleanser © Diadona

 

Produk ini memang berupa foaming gel, jadi bisa membersihkan kotoran dan sebum berlebih dengan lembut sekaligus membersihkan komedo dengan mengurangi kilap di wajah.

Mengandung La Roche-Posay Thermal Spring Water yang bikin kulit sejuk.

6 dari 7 halaman

9. Dear Me Beauty Cleansing Balm (Rp149.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - Dear Me Beauty Cleansing Balm © Diadona

Cuman dengan 30 menit, make up berat kamu bakalan luntur nih dengan skincare ini.  Nggak hanya make up tapi juga residu sunscreen, hingga minyak berlebih di wajah secara menyeluruh sampai ke pori-pori. Dan tentunya, komedo juga ikutan terangkat.

Dear Me Beauty Cleansing Balm juga membantu merawat kulit berjerawat, membantu menenangkan kulit kemerahan, dan bikin kulit lembab.

10. SKINTIFIC Cleansing Balm (Rp159.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - SKINTIFIC Cleansing Balm © Diadona

Teksturnya lembut banget kayak es krim sehingga dengan mudah meleleh di wajah. Produk ini bisa membersihkan kulit kamu secara mendalam dan mengurangi tampilan komedo. Cuman dengan waktu 10 detik, wajah kamu bebas makeup waterproof dan kotoran tanpa adanya residu setelah dibilas.

Jangan khawatir kulit kamu bakalan kering setelah pembersihan mendalam ini. Kandungan Ceramide dan Vitamin E menjadikan kulit halus, lembap, tidak kering.

11.  Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid (Rp139.000)

Skincare untuk Menghilangkan Komedo - Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid © Diadona

Formulasinya memang dirancang khusus buat merawat kulit berjerawat dan berkomedo. Kandungan Salicylic Acid 2% dan Zinc di dalamnya bekerja sebagai eksfoliator untuk membersihkan sel kulit mati biar sampai masuk ke dalam pori-pori dan menjaga produksi minyak. Kombinasi kedua bahan ini bikin kulit lebih tangguh melawan bakteri penyebab jerawat.

7 dari 7 halaman

Mulai dari yang murah sampai yang mahal, dari facial wash hingga serum, kira-kira kamu pilih yang mana, nih, Diazens?

Tenang, nggak harus selalu mahal, skincare untuk menghilangkan komedo bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulit dan ingredients yang cocok untuk kulitmu. Perlu digaris bawahi juga, diperlukan perawatan secara rutin dan konsisten untuk mengendalikan komedo.

Kamu bisa seimbangkan penggunaan skincare dengan gaya hidup yang sehat untuk memaksimalkan usaha kamu. Jika sudah terasa mengganggu dan sulit hilang, kamu bisa berkonsultasi dengan profesional untuk penanganan lebih lanjut, ya, Diazens!

Penulis : Fishella W

 

 

Beri Komentar