Penyebab Jerawat di Dagu dan Pipi Ternyata karena Ini loh Girls!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 22 Juni 2020 10:33
Penyebab Jerawat di Dagu dan Pipi Ternyata karena Ini loh Girls!
Kenali berbagai macam penyebab jerawat di dagu dan pipi ini!

Tahu nggak sih, ternyata penyebab jerawat di dagu bisa karena kebersihan wajah loh! Kamu pernah nggak nih jerawatan di dagu? Atau mungkin sekarang lagi mengalaminya? Jerawat ini memang rentan loh muncul di dagu.

Penampilan jadi nggak all out ya girls kalau ada jerawat nongol di dagu. Nah penyebab jerawat di dagu ini bisa bermacam-macam. Yuk kenali apa saja!

1 dari 7 halaman

Penyebab Jerawat Batu di Dagu

Penyebab Jerawat di Dagu © Diadona
Sudah jerawat muncul, jenisnya jerawat batu lagi. Duh ini double kill namanya buat bikin nggak nyaman dan nggak pede. Ternyata penyebab jerawat batu di dagu itu karena hal-hal ini loh!

Kebersihan Wajah


Kebersihan wajahmu perlu dipertanyakan nih girls, kalau muncul jerawat di dagu. Pernah nggak nih, rajin membersihkan wajah tapi cuma bagian tertentu dan nggak secara menyeluruh?

Nah bisa jadi penyebab jerawat di dagu karena kamu kurang bersih dalam merawat wajah. Kemudian jika jerawat muncul pakailah acne pad saat keluar rumah agar tidak semakin parah karena kontaminasi debu.

2 dari 7 halaman

Rambut Tumbuh ke Dalam

Penyebab Jerawat di Dagu © Diadona
Hal ini biasanya terjadi sama kaum adam nih! Kalau punya kebiasaan mencukur jenggot, maka rambut di sekitar dagu memiliki risiko tumbuh ke dalam kulit juga. Inilah yang menimbulkan peradangan dan jerawat.

 

3 dari 7 halaman

Perubahan Hormon

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona
Kemungkinan selanjutnya yang jadi penyebab jerawat di dagu adalah perubahan hormon. Hal ini bisa berlaku pada laki-laki maupun perempuan.

Jika hormon androgen pada pria meningkat, maka kelenjar minyak juga ikut meningkatkan produksi minyak di wajah juga. Sehingga pori-porri akan tersumbat dan munculah jerawat di dagu.

Sedangkan perempuan juga bisa mengalami kadar hormon androgen yang meningkat saat pubertas atau menstruasi. Nggak itu saja, bagi perempuan yang memiliki PCOS (Plycystic Ovary Syndrome) juga hormonnya tidak seimbang. Jadi bisa muncul jerawat di dagu.

4 dari 7 halaman

Penyebab Jerawat di Dagu dan Pipi

Ilustrasi Jerawat © Diadona
Selain hal-hal di atas, ada juga penyebab jerawat di dagu dan pipi yang perlu kita tahu nih!

Kebersihan Sprei dan Sarung Bantal


Wajah kita menempel pada sarung bantal dan sprei saat tertidur. Nah kalau kotor, sel-sel kulit mati, sisa make up atau bahkan bakteri yang ngumpul di sarung bantal bisa jadi penyebab jerawat di dagu dan pipi gilrs!

Makanya penting banget untuk membersihkan dan mengganti sprei secara berkala ya. Seenggaknya satu minggu sekali. Terus pilih sprei dengan bahan katun sehingga bisa menyerap keringat dan minyak di wajah.

5 dari 7 halaman

Gadget

Ilustrasi perempuan marah di hape hp telepon © Diadona
Menggunakan gadget seperti telepon dengan menempelkannya di wajah juga bisa memicu jerawat muncul di pipi. Apalagi telepon genggam kan banyak bakterinya, girls. Itu kenapa penting membersihkan ponselmu setiap hari dengan kain yang sedikit basah atau menggunakan headset sehingga tidak perlu menempelkan ponsel ke wajah.

Penggunaan Make Up yang Salah


Nggak harus mahal, tapi sebenarnya kita ini butuh make up yang cocok dan pas di wajah. Kan nggak semua make up itu sesuai sama jenis kulit kita. Itu kenapa salah dalam memilih make up bisa jadi penyebab jerawat di dagu dan pipi.

6 dari 7 halaman

Stres

ilustrasi wanita stress © Diadona
Kalau kamu mengalami stres tentu saja akan berpengaruh dengan perubahan hormon. Hal inilah yang memicu jerawat di dagu dan pipi muncul atau bahkan anggota tubuh lainnya.

Makanan dan Minuman


Bisa juga loh penyebab di pipi muncul jerawat karena makanan yang tidak sehat. Misalnya seperti minuman bersoda, roti, nasi putih, pasta yang mengandung karbohidrat tinggi, minuman manis karena bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Makanan dan minuman di atas bisa membuat hormon androgen jadi lebih aktif. Sehingga sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan memicu jerawat di pipi untuk muncul.

7 dari 7 halaman

Obat-obatan

Ilustrasi Obat © Diadona
Selain hal-hal di atas, pil KB, kehamilan juga bisa memicu jerawat itu muncul. Jadi hati-hati dalam penggunaannya ya!

Menstruasi


Saat mengalami menstruasi, perubahan hormon juga terjadi kan? Apalagi kalau kamu tipe orang yang mudah berkeringat. Itu kenapa penting banget nih menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh.

Nah jadi itu tadi girls, beberapa penyebab jerawat di dagu dan pipi yang bisa karena kebiasaan hidup maupun makanan. Jaga kebersihan jadi kunci utama nih, jadi yuk lebih bersih lagi menjaga dan merawat tubuh!

Beri Komentar