Penyebab Jerawat Batu di Pipi Kiri dan Kanan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 7 September 2020 15:23
Penyebab Jerawat Batu di Pipi Kiri dan Kanan
Kalo udah muncul di pipi, jerawat ini susah banget buat ditutupi. Tapi tahu nggak sih kala penyebab jerawat di pipi ini bisa aja dari kebiasaan yang sepele

Buat mengatasi jerawat, penting banget untuk tahu kira-kira apa aja penyebabnya, misalnya genetika, hormon, atau bakteri. Tapi kalau lokasi jerawat, bisa nggak ya dijadikan patokan penyebabnya? Apa sih kira-kira penyebab jerawat di pipi, misalnya?

Dikutip dari Heatlh Cleveland, lokasi jerawat sebenarnya tuh bisa menguak penyebab jerawatnya. Ini disebut dengan pemetaan wajah. Tapi, apakah ini valid?

Dalam beberapa kasus, jerawat di area wajah tertentu mungkin cuman kebetulan atau genetik. Tapi juga bisa dikaitkan dengan masalah yang lebih dalam. Simak terus yuk untuk tahu informasi mendalam tentang penyebab jerawat di pipi!

1 dari 3 halaman

Penyebab Timbulnya Jerawat di Pipi

Penyebab Jerawat di PipiPenyebab Jerawat di Pipi © 2020 healthline.com/

Berbeda dengan timbulnya jerawat di dahi atau zona T, jerawat pipi nggak selalu menunjukkan dengan pasti apa sih penyebabnya. Bisa aja penyebab jerawat di pipi ini karena genetik atau mcuman kebetulan aja.

dr. Kossouf, MD, seorang dokter kulit mengatakan kepada Cleveland Clinic kalau jerawat di pipi nggak ngasih tau banyak apa yang sedang terjadi pada tubuh.

Kemungkinan nih penyebab jerawat di pipi karena serangan bakteri. Bakteri ini mungkin menempel di sarung bantal, ponsel, atau bisa juga di tangan kamu trus menyebar karena kamu terlalu sering menyentuh pipi. Alasan ini semakin kuat kalau jerawat cuman muncul di pipi di salah satu sisi wajah aja.

Tapi kalau bakteri di sarung bantal jadi penyebab jerawat di pipi ini, bakteri ini juga mungkin menginvasi area lain di wajah. Bakteri juga mungkin ada di jilbab kamu trus berpindah ke pipi saat kamu mengenakannya.

Singkatnya, benda-benda yang bersentuhan dengan pipi kmau punya risiko mengandung bakteri penyebab jerawat di pipi.

Dan Kalau sudah tahu penyebab jerawat di pipi gini, kamu jadi tahu kan gimana cara mengatasinya? Yup, ganti sarung bantal kamu paling engga seminggu sekali. Kalau amu sering menelpon dengan ponsel, usahakan untuk membersihkan ponsel kamu dengan lap disinfektan untuk membantu meminimalkan jerawat.

2 dari 3 halaman

Penyebab Jerawat Batu di Pipi

Penyebab Jerawat di PipiPenyebab Jerawat di Pipi © 2020 shutterstock.com/Aquarius Studio

Jerawat batu adalah jenis yang paling serius dan bisa terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak dan sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori.

Siapapun bisa terkena jerawat batu, api ini cenderung terjadi pada mereka yang punya tipe wajah berminyak. Namun karena kulit di pipi cenderung lebih mudah teriritasi, jangan berlebihan ya saat melakukan perawatan jerawat. Kamu bisa menggunakan produk penghilang jerawat yang sama yang digunakan untuk bagian wajah yang lain, misalnya asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid.

Tapi alih-alih menggunakannya setiap hari, lakukan perawatan ini paing enggk dua hari sekali di pipi. Kamu tetep bisa mendapatkan manfaat produk tersebut tanpa membuat kulit teriritasi.

3 dari 3 halaman

Penyebab Jerawat di Pipi Kanan dan Pipi Kiri

Penyebab Jerawat di PipiPenyebab Jerawat di Pipi © 2020 shutterstock.com/aslysun

Merujuk pada penyebab jerawat di pipi yang udah Diadona ulas di atas, kamu bisa mengira-ngira nih bila jerawat kamu tumbuh di sisi yang sering terkena sarung bantal, mungkin dari situlah bakterinya berasal.

Misalnya, kamu suka tidur dengan kondisi miring ke kiri, atau kamu sering memakai ponsel di pipi kanan, dan lainnya. Lebih lanjut, Diadona belum nemu nih penyebab jerawat di pipi yang secara spesifik pada pada sisi pipinya.

Nah kalau udah tahu penyebab jerawat di pipi, sekarang cari tahu yuk gimana cara mengatasinya:

Cuci wajah dengan lembut sekali atau dua kali sehari, setelah berolahraga atau berkeringat, menggunakan pembersih yang lembut dan non abrasif.

Produk apapun yang bersentuhan dengan wajah harus bebas mintak dan nonkomedogenik ya, untuk membantu mencegah jerawat.

Hindari terlalu sering menyentuh wajah karena bisa aja tangan kamu nggak higienis. Bakteri di tangan malah bisa berpindah ke pipi lho. Trus pastikan juga untuk tidur dengan separi dan sarung bantal yang bersih.

Rambut kamu panjang? Kamu harus jauhkan rambut dari wajah karena minyak di rambut bisa jadi penyebab jerawat di pipi. Trus menajga gaya hidup sehat dengan olahraga yang cukup, makan bernutrisi dan mengurangui stres harus kamu lakukan utnuk mencegah pembentukan jerawat.

Karena penyebab jerawat di pipi secara khsuus masih belum diketahui, maka pencegahan yang tepat yaitu dengan melakukan pencegahan jerawat secara keseluruhan.

Beri Komentar