10 Penyebab Panu di Wajah dan Punggung yang Perlu Kamu Waspadai

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 1 Juli 2020 15:46
10 Penyebab Panu di Wajah dan Punggung yang Perlu Kamu Waspadai
Tahu nggak sih, penyebab panu bisa dari kebiasaan sehari-sehari yang salah loh!

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab panu. Penyakit kulit ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh. Bentuknya berupa bercak berwarna putih atau cokelat yang terasa gatal dan perlu kita waspadai nih!

Meski bukan penyakit yang serius, tapi panu bisa bikin gak pede dan gak nyaman, ya kan? Apalagi kalau muncul di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah. Di dunia medis, panu disebut tinea versicolor atau pityriasis versicolor.

1 dari 5 halaman

Penyebab Panu di Wajah

 Penyebab Panu di WajahPenyebab Panu di Wajah © breezeberg
Penyebab panu memang karena adanya infeksi jamur di kulit tubuh kita. Tapi ada pemicunya yang membuat jamur-jamur ini berkembang biak girls! Panu bisa muncul di berbagai bagian tubuh, tak terkecuali wajah.

Faktor pemicu panu di wajah ini bisa dikarenakan beberapa faktor, seperti:

1. Memakai produk perawatan kulit yang mengandung minyak.

2. Terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sebaiknya menggunakan tabir surya agar kulit tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Kulit wajah yang berminyak.

4. Cuaca lembap dan panas sehingga memproduksi keringat berlebih.

5. Sistem kekebalan tubuh yang lemah juga menjadi faktor munculnya panu di wajah.

2 dari 5 halaman

Jamur Penyebab Panu

 Jamur Penyebab PanuJamur Penyebab Panu © emedicinehealth
Panu merupakan bercak berwarna putih atau cokelat di kulit yang disebabkan infeksi jamur. Malassezia firfur atau pityrosporum ovale merupakan jenis jamur penyebab panu.

Infeksi jamur ini bisa terjadi di kulit bagian tubuh manapun. Namun biasanya memang umum menyerang area punggung, dada, leher dan lengan atas.

Munculnya jamur pemicu panu ini dipicu dari kebiasaan yang salah, cuaca yang lembap dan panas, keringat berlebih, minyak berlebih dan juga sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penyakit panu ini memang biasa dialami orang-orang yang tinggal di negara tropis, seperti Indonesia.

3 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Panu di Punggung

 Penyebab PanuPenyebab Panu © physio-pedia
Penyebab panu ini karena munculnya infeksi jamur yang bisa terjadi di mana saja. Yuk, kita kenali apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab panu dan harus kita kita hindari!

Jarang Mandi


Hayo.. siapa nih yang mager banget buat mandi? Kalau kamu jarang mandi bisa cenderung memiliki kulit yang lebih lembab girls. Soalnya keringat menempel di tubuh dan ini yang membuat jamur tumbuh dan menyebar dan menghasilkan panu.

Usahakan mandi sekurang-kurangnya dua kali sehari ya! Kalau pun mandi juga harus benar dan bersih. Mandi yang tidak bersih atau akrab disebut mandi ayam juga bisa memicu panu.

4 dari 5 halaman

Salah Pilih Pakaian


Pakaian yang kurang tepat untuk tubuh adalah yang berbahan ketat dan tidak mudah menyerap keringat. Sehingga tubuh jadi lebih berkeringan dan sulit bersikulasi. Kalau kulit lembab, jadilah tempat paling nyaman untuk jamur menginfeksi dan menyebabkan panu berkembang biak.

Tidak Ganti Pakaian


Harus rajin mandi dan ganti baju ya girls. Memakai pakaian yang berulang berisiko menimbulkan panu. Selain mandi dua kali sehari, gantilah baju dua hari sekali juga. Namun untuk kamu yang gampang berkeringat, boleh lebih sering mengganti baju kok!

5 dari 5 halaman

Pakai Produk Kulit yang Mengandung Minyak


Kulit yang lembab adalah tempat andalan jamur untuk berkembang biak. Itu kenapa kalau memakai produk kulit yang mengandung minyak bisa menjadi penyebab panu. Akan tetap buat pemilik kulit kering pengecualian ya, karena butuh kadar minyak berlebih.


Itulah girls, penyebab panu di wajah maupun badan yang sebaiknya kita hindari. Yuk, lebih bersih dan sehat dalam memperhatikan kesehatan kulit tubuh kita!

Beri Komentar