9 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat dan Mudah dalam 1 Hari Tanpa Bekas

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 10 Februari 2020 15:03
9 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat dan Mudah dalam 1 Hari Tanpa Bekas
Di punggung atau bahu aja bikin cemas, ini kok panu malah muncul di wajah? Tenang saja, baca artikel di bawah untuk cara mengatasinya.

Panu, atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan panu, merupakan salah satu infeksi kulit paling umum di daerah tropis dan subtropis di dunia. Panu adalah infeksi jamur di mana pertumbuhan berlebih ragi menyebabkan bercak berubah warna pada tubuh.

Memang sih panu bukan masalah medis yang darurat, dan nggak bisa menular. Tapi keberadaannya sering dikaitkan dengan faktor kebersihan yang kurang dan bikin malu penderitanya, terlebih kalau letaknya ada di bagian tubuh yang susah untuk disembunyikan, seperti wajah, misalnya. Lalu gimana sih cara menghilangkan panu di wajah?

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dalam 1 Hari

ilustrasi wanita memakai concealer © Diadona

Panu bisa menular, namun bisa juga nggak menular sih? Lho, gimana gimana? Jamur yang menyebabkan panu ini adalah organisme normal yang hidup normal di kulit hampir semua orang.

Mekipun begitu, nggak smeua orang menunjukkan gejala atau tanda panu itu sendiri. Saat seseorang terkena panu, penyebabnya lebih karena kecenderungan dari tubuhnya sendiri, daripada penularan dari orang lain.

Lalu kalau sudah terlanjur muncul, gimana cara menghilangkan panu di wajah?

Ditutupi dengan Make Up

Make up memang bsia menyamarkan segala kekurangan di wajah, termasuk juga sebagai cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari. Memang sih ini nggak bisa menghilangkan panu secara eksistensi asli, tapi lumayan banget untuk cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat.

Gunakan concealer atau fondation untuk cara menghilangkan panu di wajah, lalu tutup dengan make up. Voila! Panu kamu tertutup deh.

Minyak Jahe Kunyit

Kunyit pernah disebut sebagai agen pencerah kulit, namun ternyata juga bisa sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Selain itu, kombinasi minyak jahe dan minyak kunyit ini bisa menghambat pertumbuhan jamur Malassezia. Di daerah Asia Tenggara, pasta kunyit sudah jamak digunakan sebagai obat infeksi kulit.

Kamu perlu melakukan tes tempel di kulit terlebih dulu untuk menguji sensitivitas kulit dengan kedua minyak ini. Encerkan dengan minyak biji anggur biar nggak terlalu kuat.

Untuk menggunakan minyak jahe dan minyak kunyit sebagai cara menghilangkan panu di wajah, Kamu cukup menggiling dua bahan ini dalam jumlah yang sama, tambahkan sedikti air, trus tempelkan di bagian kulit.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat dan Mudah

Ilustrasi Wajah Wanita © Diadona

Cara menghilangkan panu di wajah dengan metode lain mungkin memang bisa menghilangkan infeksi jamur, namun kulit baru akan mungkin kembali ke warna yang normal setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Lalu gimana cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat dan mudah tanpa harus bikin ramuan ini itu?

Obat Oral Anti Jamur

Kalau panu kamnu sudah masuk dalam tahap yang parah, mungkin kamu perlku minum obat anti jamur dalam cara menghilangkan panu di wajah. Atau, dalam beberapa kasus, cara menghilangkan panu di wajah dengan obat ini dilakukan untuk memberikan hasil yang lebih efektif dalam waktu yang cepat.

Krim Antijamur

Sejumlah produk untuk cara menggilangkan panu di wajah telah terbukti hingga 70 persen. Ini termasuk perawatan dengan melibatkan krim atau busa Nizoral (ketoconazole) 2 persen untuk diterapkan sekali sehari selama 14 hari.

Namun yang harus kamu perhatikan banget yakni obat-obatan ini baru bisa kamu dapatkan dengan resep dokter dan setelah melakukan konsultasi dengan dokter. Pengobatan ini mungkin akan memberikan efek cepat hanya pada infeksi jamurnya saja, namun untuk perubahan kulit ke warna semula hanya bisa terjadi setelah beberapa bulan kemudian.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Jamur pada panu disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Jamur ini muncul secara alami pada kulit dan dapat berkembang biak dengan cara yang mirip ragi, menyebabkan tinea versikolor.

Nah, meski sering muncul di bahu dan punggung, bukan nggak mungkin kalau panu bisa muncul di wajah. Karena keberadaannya yang apsti mengganggu banget, kamu pasti butuh cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat, kan?

Bawang Merah

Jadi, gimana ceritanya bawang merah bisa sebagai cara menghilangkan panu di wajah?
Ini karena bawang merah mengandung senyawa sulfur yang disebut dengan ajoene sebagai sifat antijamur. Zat ini juga akan menghancurkan jamur Malassezia. Kamu cukup menghancurkan bawang merah sampai berbentuk pasta, lalu mengoleskan untuk cara menghilangkan panu di wajah.

Bawang Putih

Dikutip dari dailyhunt, bawang putih juga mengandung senyawa sulfur yang kuat makanya bisa sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Dengan baunya yang kuat dan khas, bawang putih bisa menghilangkan jamur penyebab panu. Cara menghilangkan panu di wajah dengan bawang putih bisa kamu lakukan dengan menggepreknya, lalu mengoleskannya di kulit kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah tanpa Bekas

Ilustrasi Air Mawar dan Minyak Tea Tree © Diadona

Jamur penyebab panu akan tumbuh lebih cepat di daerah-daerah yang lembab dan panas, seperti daerah beriklim tropis. Sebuah data yang disajikan menyebut kalau sebanyak 50 persen penduduk daerah tropis terkena infeksi ini. Sebaliknya, penduduk di daerah dengan iklim dingin seperti Skandinavia, misalnya, cuman terinfeksi sebanyak 1 persen saja.

Makanya, banyak orang Indonesia yang bisa terkena panu, kan? Karena letaknya sangat mungkin ada di wajah, maka penting untuk cara menghilangkan panu di wajah tanpa meninggalkan bekas?

Madu, Miyak Zaitun dan Lilin Lebah

Kombinasi ketiga bahan ini sudah terbukti ampuh sebesar 86 persen dalam cara menghilangkan panu di wajah. Ketiganya dicampur dalam jumlah yang sama, lalu diaplikasikan sebanyak tiga kali sehari selama maksimal satu minggu.

Dalam campuran ini, sepertinya madu menjadi bahan aktif dalam melawan jamur panu dan cara menghilangkan panu di wajah, sehingga kalau kamu kesulitan menemukan komponen lainnya, kamu cukup mengoleskan madu saja kok meski mungkin tidak seefektif bila dicampurkan.

Sabun dengan Kandungan Seng Pyrithione (ZNP)

Seng Pyrithione ini punya sifat sebagai antibakteri dan antijamur yang efektif dalam melawan pathogen, sehinga bisa sebagai cara menghilangkan panu di wajah.

Tea Tree Oil

Jamur panu bisa dilibas oleh tea tree oil berkat kandungan kompenen seperti α-terpineol, terpinen-4-ol, α-pinene, linalool, 1,8-cineole, dan β-pinene. Malah, sudah dikonfirmasi oleh sebuah penelitian sebagai agen kuat pembasmi jamur penyebab panu.

Untuk menggunakan tea tree oil sebagai cara menghilangkan panu di wajah, cukup aplikasikan seperti minyak yang lain yakni dengan mengoleskannya ke bagian kulit. Namun sekali lagi, perlu untuk melakukan tes sensitivitas atau mengencerkannya agar tidak terlalu kuat.

Beri Komentar