25 Wisata Kuliner Medan Paling Mantab yang Musti Kamu Kunjungi Saat Liburan ke Sana!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 16 Maret 2023 15:18
25 Wisata Kuliner Medan Paling Mantab yang Musti Kamu Kunjungi Saat Liburan ke Sana!
Yuk simak deretan rekomendasinya..

Tempat wisata dan kuliner Medan wajib banget masuk list liburanmu tahun ini. Pasalnya, selain terdiri dari lokasi wisata yang menarik dan juga unik, deretan tempat wisata dan kuliner Medan juga kebanyakan terdiri dari wisata dengan budget murah loh. Jadi buat kamu yang lagi berencana ke tempat liburan tanpa ingin dompet jadi kembang kempis.

Buat kamu yang belum tahu nih ya, Medan ini dulunya merupakan kawasan yang disebut dengan Tanah Deli. Medan memiliki karakteristik tanah berawa-rawa seluas 4000 Ha, karena miliki cukup banyak aliran sungai yang kesemuanya bermuara ke Selat Malaka. Karakteristik tanah dan geografis di Medan tentu berpengaruh langsung terhadap tradisi dan budaya masyarakat setempat dong ya.

Makanya gak heran kalau wisata kuliner di Medan banyak yang terdiri dari berbagai jenis varian yang unik, menarik, dan tentu memiliki cita rasa enak yang bakal sulit kamu temui di tempat lain di Indonesia. Oleh karena itu, buat kamu yang sejauh ini belum pernah coba deretan wisata kuliner Medan wajib banget bertanda ke sana ya.

Ini dia deretan rekomendasi wisata kuliner Medan dan Tempat Wisata di Medan yang sudah Diadona hadirkan dari berbagai sumber:

1 dari 6 halaman

Tempat Wisata Kuliner Medan

Medan sendiri dikenal dengan keberagaman kulinernya yang menarik dengan berbagai bahan dasar. Mulai dari daging, makanan laut, dessert manis dan legit, sampai dengan buah-buahan khas yang bakalan sulit kamu temui di tempat lain. Pokoknya buat kamu yang suka kuliner nikmat wajib banget berkunjung ke deretan tempat wisata Medan dan kulinernya berikut ini.

1. Kedai Durian Ucok

Kedai Durian Ucok © Diadona

Penjual durian pasti banyak kita jumpai di setiap kota, tapi untuk Kedai Durian Ucok berbeda dengan yang lain. Kedai Durian Ucok menjadi salah satu ikon pariwisata di Medan, Sumatera Utara loh.

Kedai Durian Ucok ini melayani pembeli 24 jam. Tak jarang, pagi buta sudah ada yang nongkrong untuk makan durian. Selain itu, kedai durian ucok melayani pengiriman antar kota dan bahkan memiliki website khusus mengelola pengiriman antar kota.

Kedai Ucok Durian dikenal karena menyediakan durian dengan rasa manis yang khas. Tentunya dengan beragam varian sesuai dengan keinginan konsumen. Selain durian segar, di sini juga menyediakan berbagai makanan dan jajanan yang terbuat dari daging durian loh.

Lokasinya ada di  Jl. K.H. Wahid Hasyim No.30-32, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153

Jam operasional : Buka 24 jam setiap hari

Kisaran harga menu : Mulai dari harga Rp 60.000

2. Mie Sop Methodist

Mie Sop Methodist © Diadona

Selanjutnya, ada Mie Sop Methodist yang jadi salah satu kuliner khas Medan yang paling populer. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1970 silam.

Mie Sop Methodist memiliki tiga pilihan mie, ada bihun, kwetiaw, dan mie kuning. Dalam seporsi Mie Sop Methodist terdapat tiga buah bakso daging sapi, tauge dan beberapa potongan daging sapi.

Yang lebih enaknya lagi, Mie Sop Methodist ini juga disajikan dengan kuah kaldu khas yang nikmat. Konon resepnya sama sekali belum berubah sejak awal berdiri!

Lokasi : Jl. Hang Tuah, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Jam operasional : Senin - sabtu pukul 10:00 - 17:00
Kisaran harga menu : Rp 30.000 /porsi

3. Kari Bihun Tabona

Tempat Wisata Medan dan Kuliner - Kari Bihun Tabona © Diadona

Rumah Makan Tabona merupakan restoran simpel sejak dulu yang menyajikan hidangan spesial kari daging sapi dan ayam. Menu kari bisa dicampur daging sapi, kikil, babat, dan ayam kampung, serta pelengkap lainnya ada bihun dan nasi putih.

Kuah kari berwarna oranye kemerahan terasa gurih yang berasal dari santan. Selain itu, penggunaan banyak rempah menjadi salah satu kunci kelezatan kuah kari. Terdapat 10 macam rempah yang digunakan, termasuk kunyit dan kapulaga.

Lokasi : Jl. Mangkubumi No.17, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Jam operasional : Senin - minggu pukul 07:00 - 16:30
Kisaran harga menu : Rp 45.000 /porsi

2 dari 6 halaman

Wisata Kuliner Medan

4. Wajir Seafood

Wajir Seafood © Diadona

Rumah makan Wajir Seafood menjadi salah satu restoran halal seafood terkenal dan wisata kuliner Medan yang kamu kunjungi.

Di Medan banyak restoran chinese yang menyajikan menu seafood sebagai menu utama dan menu non halal lainnya. Karena itu, banyak masyarakat percaya kalau restoran sejenis seafood berarti restoran non halal.

Rumah makan Wajir saat itu menghadapi kesulitan tetapi bisa bangkit berkat kekuatan word-of-mouth para pelanggan. Kalau kamu berkunjung ke Wajir Seafood, ada empat menu andalan mereka, yaitu kepiting saus padang, steam ikan, berbagai menu telur asin, dan sup tomyam.

Lokasi : Jl. Kol. Sugiono No.31, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20212
Jam operasional : Senin - sabtu pukul 16:00 - 22:00, kemudian untuk Minggu pukul 11:00 - 22:00
Kisaran harga menu : Di bawah Rp 50.000

5. Sate Memeng H. Muhammad Saimin

Sate Memeng H. Muhammad Saimin © Diadona

Salah satu kuliner legendaris di Kota Medan adalah Sate Memeng. Nama Memeng berasal dari nama pembuat sate pertama yaitu H. Muhammad Saimin yang akrab disapa Memeng.

Menu di Sate Memeng ada daging sapi, ayam, hati, perut dan sate campur. Untuk bumbu sate, pembeli bisa memilih antara bumbu kacang, kecap atau bumbu padang.

Sate Memeng memiliki ciri khas potongan daging yang besar dan tebal. Bumbu satenya meresap dengan rasa pedas karena ada cabai, bawang, dan merica yang kuat.

Lokasi : Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20136
Jam operasional : Setiap hari pukul 17:00 - 23:00
Kisaran harga menu : Rp 20.000 /porsi 5 tusuk

6. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin © Diadona

Liburan ke Medan wajib berkunjung ke Lontong Kak Lin karena termasuk salah satu penjual lontong sayur terkenal di Kota Medan. Lontong Kak Lin terkenal dengan hidangan favoritnya, yaitu lontong sayur yang dilengkapi dengan telur dan bumbu pecel.

Lontong Kak Lin sudah ada sejak tahun 1990 dan hingga sekarang masih terkenal tak hanya di Indonesia saja, tetapi terkenal juga di Malaysia, Singapore, dan Thailand. Ngga heran deh kalau Lonotng kak Lin masuk dalam daftar wisata kuliner Medan yang legendaris.

Lokasi : Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Jam operasional : Setiap hari pukul 07:00 - 16:00
Kisaran harga menu : Rp 20.000 /porsi

3 dari 6 halaman

7. Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek © Diadona

Nama Kedai Kopi Apek sudah tidak asing lagi bagi mereka yang lahir dan besar di Medan. Salah satu kedai kopi yang bisa dibilang selamat dari Perang Dunia ke-2, kedai ini sudah ada sejak tahun 1923.

Minuman andalan di Kedai Kopi Acek adalah kopi susu panas, secangkir kopi tradisional ala kopitiam. Kopi susu panas paling enak disajikan dengan roti tawar dan telur setengah matang. 

Salah satu ciri khas Kedai Kopi Acek adalah penyajian roti bakar srikaya yang masih tradisional menggunakan tungku kukus. Aduh, jadi makin penasaran dengan wisata kuliner Medan yang satu ini, bukan?

Lokasi : Jl. Hindu No.37, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20231
Jam operasional : Senin - sabtu pukul 06:00 - 12:00, lalu untuk hari Minggu pukul 06:00 - 11:30
Kisaran harga menu : Di bawah Rp 60.000 /porsi.

8. Teh Susu Telur (TST) Pak Haji

Teh Susu Telur (TST) Pak Haji © Diadona

Di Kota Medan banyak tersedia TST atau teh susu telur sebagai tempat nongkrong atau kedai kopi. Teh susu telur legendaris di Medan adalah TST Pak Haji yang sudah ada sejak tahun 1988.

Seperti namanya, minuman TST ini terbuat dari teh, susu kental manis, dan kuning telur. Bahan-bahan tersebut dikocok dengan mixer, lalu dituangkan ke dalam gelas. Kemudian, kocok kuning telur hingga berbusa putih, campur dengan susu kental manis dan tuangkan di atas teh.

Lokasi : Jl. Puri, Kota Matsum IV, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20211
Jam operasional : Setiap hari pukul 17:00 - 02:00
Kisaran harga menu : Mulai dari Rp 12.000.

9. Rumah Makan Sipirok Medan

Rumah Makan Sipirok Medan © Diadona

Rumah Makan Sipirok adalah salah satu rumah makan pedas di Medan. Restoran pedas di Medan ini memiliki menu daging yang enak, semua menu diolah dengan menggunakan resep warisan keluarga.

Rekomendasi menu di Rumah Makan Sipirok, ada sop sumsum sapi yang berkuah kaldu gurih, daging panggang asam pedas yang disajikan dengan pasta cabai merah.

Lokasi : Jl. Sunggal No.14, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20118
Jam operasional : Senin - minggu pukul 11:00 - 16:00
Kisaran harga menu : Di bawah Rp 100.000

4 dari 6 halaman

10. Bihun Asie Kumango

Bihun Asie Kumango © Diadona

Mie Asie Kumango adalah salah satu kuliner terkenal di Medan yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Hidangan yang terkenal di sini adalah mie dengan daging.

Meski cukup mahal, berwisata kuliner ke sini bikin kamu bisa kamu menikmati rasa rempah yang kuat dan tekstur daging bebek yang empuk dan nikmat. 

Lokasi : Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20212
Jam operasional : Senin - sabtu pukul 07:00 - 12:00 (minggu tutup)
Kisaran harga menu : Rp 100.000 /porsi

11. Tip Top Medan

Tip Top Medan © Diadona

Bagi para orang tua yang sekarang berumur 60 tahun ke atas, Tip Top menjadi tempat gaul anak-anak muda pada masanya. Selama 88 tahun berdiri restoran ini tidak pernah kehilangan pelanggannya dari berbagai generasi.

Restoran Tip Top pernah menjadi tempat berkumpulnya orang Belanda di Medan saat sarapan, makan siang hingga acara makan dan minum orang Belanda biasanya diadakan di sana.

Salah satu menu terkenalnya adalah dessert homemade es krim mereka, seperti peach melba, tutti frutti, dan mexicaner.

Lokasi : Jl. Jend. Ahmad Yani No.92 A-B, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20212
Jam operasional : Senin - minggu pukul 08:00 - 21:30
Kisaran harga menu : Di bawah Rp 100.000.

12. Mie Aceh Titi Bobrok Medan

Mie Aceh Titi Bobrok Medan © Diadona

Masuk dalam salah satu daftar wisata kuliner di Medan yang lezat, Mie Aceh Titi Borok Medan udah berdiri sejak tahun 1965 dan masih eksis hingga kini. Mie Aceh Titi Bobrok menjadi kuliner makanan yang dicari wisatawan di Medan, tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik tetapi juga mancanegara.

Banyak pengunjung yang berbondong-bondong untuk mencicipi mie Aceh kepiting dan mie Aceh udang. Terdapat tiga jenis mie Aceh di Mie Aceh Titi Bobrok, yaitu mie Aceh goreng, mie Aceh tumis, dan mie Aceh kuah.

Lokasi : Jl. Setia Budi No.17 D, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122
Jam operasional : Senin - Minggu pukul 11:00 - 23:00
Kisaran harga menu : Mulai dari Rp 12.000 - Rp 40.000

5 dari 6 halaman

13. Soto Rumah Makan Sinar Pagi

Soto Rumah Makan Sinar Pagi © Diadona

Soto RM Sinar Pagi termasuk sajian kuliner Medan yang wajib dicoba karena sangat terkenal di kalangan masyarakat Medan dan juga para wisatawan yang datang ke Medan.

RM Sinar Pagi sudah berdiri sejak tahun 1962 dan populer karena kelezatan sotonya yang memiliki cita rasa kuat.

Soto RM Sinar Pagi sendiri dikenal dengan kuah kuningnya yang kental mengandung santan yang dicampur dengan rempah-rempah Indonesia termasuk jintan, pala, kunyit dan lengkuas, yang memberi rasa yang kaya. Cobain deh wisata kuliner ke sini dan bandingkan dengan RM Padang di tempat lainnya.

Lokasi : Jl. Sei Deli No. 2D/1, Silalas, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20236
Jam operasional : Senin - minggu pukul 07:00 - 15:30
Kisaran harga menu : Di bawah Rp 60.000

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Medan

Selain deretan wisata kuliner yang super hits tadi, ada juga loh beberapa tempat lain yang juga bisa kamu jadikan destinasi. Semuanya punya akses yang bersahabat kok. Ini nih daftarnya buat kamu

14. Jalan Semarang

Tempat Wisata Medan dan Kuliner - Jalan Semarang © Diadona

Rekomendasi tempat wisata dan kuliner di Medan yang pertama ada di Jalan Semarang. Jadi, di Jalan Semarang kamu bisa menemukan deretan wisata kuliner dengan cita rasa nikmat dan menarik tentunya. Sebagai daerah yang juga dikenal sebagai kawasan pecinan, Jalan Semarang memiliki beragam jenis penawaran makanan dan jajanan nikmat dengan beragam jenis harga yang menarik.

15. Merdeka Walk Medan

Tempat Wisata Medan dan Kuliner - Merdeka Walk Medan © Diadona

Berikutnya, ada Merdeka Walk Medan yang berlokasi di Lapangan Merdeka, atau tepatnya di sisi Jalan Balai Kota Medan. Merdeka Walk Medan ini merupakan salah satu pusat kuliner di Medan yang wajib kamu kunjungi. Selain terdiri dari beragam kuliner yang lengkap, Merdeka Walk Medan ini juga sering menjadi lokasi event-event keren loh Diazens.

16. Martabak Piring Murni (Jalan Tjong Yong Hian)
17. Rujak Kolam Takana Juo (Jalan Mahkamah Mo 98-96)
18. Soto Kesawan (Jalan Ahmad Yani, kesawan)
19. Martabak Yurich (Jalan Putri Merak Jingga)
20. Mie Sop Multatuli (Jalan Multatuli)
21. Roti Tisu Martabak Gapa (Jalan Perniagaan No. 15)
22. Kuliner Pagaruyung (Jalan KH Zainul Arifin)
23. Mie Balap Mail (Jalan Gunung Krakatau No.15)
24. Rumah Makan Sipirok (Jalan Sunggal No 14)
25. Nasi Ayam Mama Koki (Jalan S Parman, {etisah Tengah)
26. Mie Pecel Pak Yus (Jalan Sei Putih Baru)

Itu dia deretan rekomendasi Wisata Kuliner Medan yang terdiri dari Tempat Wisata Medan dan Kuliner dan Wisata Kuliner Medan Halal yang sudah dihadirkan sama Diadona. Kalau lagi liburan ke Medan jangan lupa mampir ya. Enjoy your trip Diazens!

Penulis: Inasa ,  Intan Lathifah

Beri Komentar