20 Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat dengan Pemandangan Paling Indah dan Seru!

Reporter : Nasa
Rabu, 23 Juni 2021 09:48
20 Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat dengan Pemandangan Paling Indah dan Seru!
Ini dia deretan rekomendasi menariknya..

Tempat wisata di Ciamis Jawa Barat boleh banget nih, kamu masukin ke list liburan kamu bareng keluarga atau orang terdekatmu. Eits, buat kamu yang mau solo travelling juga bisa banget kok. Soalnya, deretan wisata di Ciamis gak sedikit yang terdiri dari deretan tempat keren yang nyaman dan aman untuk dikunjungi seorang diri.

Buat kamu yang belum tahu, Ciamis sendiri merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat. Menurut info dari laman Jabarprov.go.id Rabu (23/6/2021), Kabupaten Ciamis ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan di sebelah utara. Kemudian juga dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya di sebelah Barat.

Untuk luas wilayahnya sendiri mencapai 244,479 Ha atau sekitar 7,73 persen besarnya dari total luas daratan Provinsi Jawa Barat. Cukup luas kan wilayahnya. Makanya gak heran dong ya, kalau daerah Ciamis terdiri dari beragam jenis wisata menarik yang sayang banget untuk dilewatkan.

Selain itu, tempat wisata di Ciamis juga terdiri dari beragam jenis wisata dengan patokan harga terjangkau, yang tentunya cocok banget buat kamu yang lagi ngincer deretan wisata keren dengan harga super duper terjangkau. Menariknya lagi, ternyata banyak loh wisata di Ciamis yang memiliki pemandangan alam indah kelas dunia.

Ini dia deretan tempat wisata di Ciamis Jawa Barat yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Ciamis

Meski masih belum seterkenal daerah-daerah lain di Jawa Barat, Ciamis dikenal berkat deretan wisatanya yang unik, menarik, dan tentunya bakal sulit kamu temukan di tempat lain. Ini dia deretan tempat wisata di Ciamis yang wajib banget kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

1. Kampung Adat Kuta

Tempat Wisata di Ciamis - Kampung Adat Kuta © Diadona

Rekomendasi tempat wisata di Ciamis yang pertama adalah Kampung Adat Kuta yang berlokasi di Karangpaninggal, Tambaksari. Kampung Adat Kuta ini merupakan sebuah Dusun adat yang masih mempertahankan kebiasaan dan adat istiadat masyarakat setempat. Mengingat letak kampung yang berada di kawasan pedalaman, para wisatawan sebaiknya mempersiapkan diri untuk melalui rute yang cukup ekstream.

2. Curug Tujuh Cibolang

Tempat Wisata di Ciamis - Curug Tujuh Cibolang © Diadona

Tempat wisata di Ciamis selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Curug Tujuh Cibolang yang berlokasi di sekitar kampung Nanggela, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu. Curug Tujuh Bolang ini berada di ketinggian 800-900 mdpl loh Diazens, jadi kebayang ya betapa sejuknya lokasi wisata tersebut. Menariknya, lagi air terjun ini memiliki tujuh tingkat yang membuat aliran air yang jatuh terlihat makin indah.

3. Situ Lengkong Panjalu

Tempat Wisata di Ciamis - Situ Lengkong Panjalu © Diadona

Selanjutnya ada Situ Lengkong Panjalu yang berlokasi di kecamatan Panjalu, Ciamis. Situ Lengkong Panjalu ini merupakan kawasan perairan buatan dengan kedalaman 4-6 meter, yang di bagian tengahnya terdapat sebuah pulau yang diberi nama Nusa Gede atau Nusa Larang. Tak hanya itu, Situ Lengkong Panjalu ini juga makin memesona berkat lingkungan alam hijau yang mengelilingi kawasan sekitarnya.

4. Cukang Taneuh atau Green Canyon

Tempat Wisata di Ciamis - Cukang Taneuh atau Green Canyon © Diadona

Tempat wisata di Ciamis yang selanjutnya ada Cukang Taneuh yang berlokasi Cijulang, Ciamis. Cukang Taneuh ini juga populer dikenal sebagai Green Canyonnya Indonesia, karena memiliki pemandangan alam sungai yang dikelilingi oleh tebing yang indah. Saat berkunjung ke sana, akmu bisa menumpang perahu untuk menyusuri sungai dan menembus goa yang unik dan menarik.

5. Pantai Karang Nini

Tempat Wisata di Ciamis - Pantai Karang Nini © Diadona

Kemudian, rekomendasi tempat wisata di Ciamis berikutnya ada Pantai Karang Nini yang berlokasi kecamatan Kalipucang, Pangandaran. Pantai yang satu ini berlokasi di trayek Ciamis - Pangandaran yang sering dijadikan jujugan wisata masyarakat setempat. Kabarnya, di pantai tersebut terdapat sebuah batu karang besar yang berbentuk seperti seorang nenek.

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Tasikmalaya dan Ciamis

Tempat Wisata di Tasikmalaya dan Ciamis © Diadona

Mengingat Kabupaten Ciamis yang berdekatan dengan Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, kamu juga bisa nih Diazens, sekalian mampir ke deretan tempat wisata di Tasikmalaya dan Ciamis berikut ini. Jangan lupa ajak keluarga atau orang terdekat ya. Tapi buat kamu yang mau solo travelling juga boleh banget kok.

6. Tonjong Canyon (Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya)
7. Pantai Karang Tawulan (Desa Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya)
8. Karaha Bodas (Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Tasikmalaya)
9. Gunung Galunggung (Gunung berapi dengan ketinggian 2.167 di atas permukaan laut)
10. Batu Peraga Salopa (Mulyasari, Salopa, Tasikmalaya)
11. Curug Agung Galunggung (Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya)
12. Curug Dengdeng (Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya)
13. Curug Panetean (Pangliaran, Pancatengah, Tasikmalaya)
14. Curug Badak (Setiamulya, Sukasetia, Cisayong, Tasikmalaya)
15. Curug Ciparay (Parentas, Cidugaleun, Cigalontang, Tasikmalaya)
16. Danau Lemona (Kawita, Salopa, Tasikmalaya)
17. Jalan Mohhamad Hatta (Desa Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya)
18. Wisata Alam Pasir Krisik (Guranteng, Pageragung, Tasikmalaya)
19. Jembatan Cirahong (Manonjaya, Tasikmalaya dan Desa Panyingkiran, Ciamis)
20. Shelter Galunggung (Kampung Empang, Desa Sukapura, Sukaraja, Tasikmalaya)

3 dari 3 halaman

Wisata Icakan Ciamis

Wisata Icakan Ciamis © Diadona

Buat kamu yang pernah bertandang ke Ciamis, pasti sudah gak asing lagi dengan wisata Icakan Ciamis yang merupakan taman wisata dengan beragam jenis fasilitas dan juga wahana. Sayangnya, lokasi wisata yang satu ini secara resmi telah ditutup pada 2018 silam. Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, wisata Icakan Ciamis ini sudah ditutup secara resmi pada 2018 silam.

Jika kamu menuliskan kata kunci wisata Icakan Ciamis, kamu bakal mendapati tempat Tahfids Qur'an Mahad Icakan yang berlokasi di Dusun Cikacang, Sukamulya, Baregbeg, Jalatrang, Cipaku, Kabupaten Ciamis. Meski dulunya dikenal sebagai lokasi wisata favorit masyarakat Ciamis, wisata Icakan kini sudah bertransformasi sebagai pondok pesantren.

Kabarnya, masih terdapat kolam renang dan sejumlah wahana lain yang bisa dinikmati oleh warga sampai sekarang secara gratis. Namun, untuk kolam renang, hanya bisa diakses oleh kaum pria.

Itu dia ulasa terkait dengan Wisata Ciamis yang terdiri dari Tempat Wisata di Ciamis, Tempat Wisata di Tasikmlaya dan Ciamis, dan juga Wisata Icakan Ciamis. Gimana nih Diazens, kamu udah mutusin mau menghabiskan momen liburan spesial di mana? Enjoy your trip ya!

Beri Komentar