15 Wisata Pandaan Tretes dengan Pemandangan Alam Terbaik dan Spot Foto Paling Kece!

Reporter : Nasa
Kamis, 24 Juni 2021 15:10
15 Wisata Pandaan Tretes dengan Pemandangan Alam Terbaik dan Spot Foto Paling Kece!
Yuk simak deretan rekomendasinya..

Wisata Pandaan Tretes bisa kamu jadikan sebagai jujugan, kalau pas lagi bingung mau ke mana saat mengisi momen liburan kali ini. Pasalnya, kedua lokasi tersebut memiliki sederet wisata alam memukau yang wajib kamu kunjungi. Lokasi wisata di sana juga banyak yang terdiri dari tempat-tempat seru yang sayang banget untuk dilewatkan.

Buat kamu yang belum tahu, Pandaan dan Prigen sebenarnya merupakan dua lokasi yang berbeda loh. Pandaan merupakan daerah kecamatan berada di wilayah kabupaten Pasuruan. Sedangkan Tretes sebuah desa yang menjadi bagian dari kecamatan Prigen, di kabupaten yang sama, yakni Pasuruan. Nah jadi jangan bingung lagi ya.

Menurut info yang dihimpun dari lama Wikipedia, Kamis (24/6/2021), kabupaten Pasuruan sendiri merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan laut Jawa di bagian utara, Kabupaten Probolinggo di bagian timur, dan kabupaten Malang di bagian selatan.

Nah, ini dia deretan rekomendasi wisata Pandaan Tretes yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 2 halaman

Wisata Pandaan Tretes

Sebagai kawasan jujugan yang terkenal dengan hawanya yang sejuk dengan suhu rendah, wisata Pandaan Tretes memang jadi salah satu yang paling digemari oleh masyarakat Jawa Timur. Ini dia deretan wisata Pandaan Tretes yang musti kamu kunjungi saat berkunjung ke Jawa Timur :

1. Candi Jawi

Wisata Pandaan Tretes - Candi Jawi © Diadona

Rekomendasi wisata Pandaan Tretes dengan pemandangan alam terbaik pertama adalah Candi Jawi. Candi yang berlokasi di Jalan Raya Candiwates, Prigen ini merupakan bangunan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Singasari. Pada kawasan candi ini juga terdapat sebuah kolam ikan legendaris loh. Rute menuju lokasinya pun terbilang sudah cukup baik.

2. Wisata Kebun Kurma

Wisata Pandaan Tretes - Wisata Kebun Kurma © Diadona

Berikutnya da wisata Kebun Kurma yang berlokasi di daerah Karanglo, Sukorejo, Pasuruan. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan penampakan kebun kurma, gak perlu jauh-jauh lagi ke negeri-negeri Arab. Di sana, kamu bisa menikmati pemandangan alam indah kebun kurma dengan berjalan kaki atau menumpangi ATV.

3. Air Terjun Putuk Truno

Wisata Pandaan Tretes - Air Terjun Putuk Truno © Diadona

Kemudian ada Air Terjun Putuk Truno yang berlokasi di Jalan Putuk Truno, Prigen, Pasuruan. Air Terjun yang satu ini jadi primadona wisata alam di Pasuruan dan sekitarnya loh. Air terjun yang satu ini dikenal dengan cukup tinggi dan dikelilingi dengan tumbuh-tumbuhan hijau memesona yang cocok dijadikan sebagai spot foto.

4. Kebun Pak Budi

Wisata Pandaan Tretes - Kebun Pak Budi © Diadona

Selanjutnya ada Kebun Pak Budi yang berlokasi di Sekar mojo, Purwosari, Pasuruan. Untuk kamu yang pengen belajar tentang bagaimana cara membudidayakan tanaman yang baik dan benar wajib banget mampir ke Kebun Pak Budi ini. Pasalnya, kamu bisa banget belajar sambil 'berlibur' menikmati keindahan tumbuh-tumbuhan yang ditanam di kebun tersebut.

5. Tretes Treetop Adventure Park

Wisata Pandaan Tretes - Tretes Treetop Adventure Park © Diadona

Wisata Pandaan Tretes berikutnya yang tak boleh terlewatkan ada Tretes Treetop Adventure Park yang berlokasi di Jalan raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan. Saat berkunjung ke sana, kamu bakal mendapati sejumlah wahana 'outbound' yang cukup lengkap dan menantang. Cocok banget buat kamu yang pengen ngajak keluarga atau reman terdekat.

2 dari 2 halaman

Wisata Malam Pandaan Tretes

Wisata Malam Pandaan Tretes © Diadona

Kali ini Diadona juga bakal menghadirkan deretan rekomendasi wisata malam Pandaan Tretes yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi. Gak kalah dengan daerah-daerah lain, kamu juga bakal bisa mendapati deretan wisata malam yang menarik dengan spt foto paling kece tentunya.

6. Saygon Night Park (Lokasi wisata dengan berbagai wahana permainan seru)
7. Danau Ranu Grati (Danau indah dengan latar belakang pegunungan Tengger)
8. Wisata Bhakti Alam (Lokasi wisata dengan berbagai macam spot instagramable)
9. The Taman Dayu (Taman sejuk di Pasuruan dengan pemandangan menarik)
10. Wisata Tretes Prigen (Lokasi wisata dengan berbagai macam fasilitas penginapan dengan pemandangan kota menarik)
11. Alun-Alun Pasuruan (Taman hiburan gratis lengkap dengan jejeran wisata kuliner unik)
12. Taman GOR Untung Suropati (Lokasi hiburan yang sering dijadikan tempat nognkrong muda-mudi setempat)
13. Taman Sekargadung (Taman hiburan yang sudah dilengkap dengan beragam jenis fasilitas oleh pemerintah)
14. Masjid Cheng Ho (Destinasi wisata budaya dan reliji di Pasuruan)
15. Gunung Arjuno dan Welirang (Wisata alam pendakian dengan pemandangan alam terbaik)

Itu dia ulasan terkait dengan Wisata Tretes yang terdiri dari Wisata Pandaan Tretes dan Wisata Malam Tretes yang sudah dihadirkan sama Diadona. Jadi buat kamu yang mau liburan ke Pasuruan, wajib mampir ke deretan rekomendasi tersebut ya. Enjoy your trip Diazens!

Beri Komentar