Waduh, Tiket Wisata di Banyuwangi Naik Sampai 100 Persen Loh!

Reporter : Kurnia
Jumat, 9 September 2022 12:36
Waduh, Tiket Wisata di Banyuwangi Naik Sampai 100 Persen Loh!
seluruh destinasi wisata di Banyuwangi bakal naikkan harga tiket masuk sampai dua kali lipat

Buat para pelancong yang sudah siapkan rencana berlibur ke Banyuwangi, sepertinya budget liburan perlu ditambah. Nah, kenapa tuh?

Mengingat kenaikan harga BBM sejak beberapa waktu lalu, beberapa lokasi wisata di Banyuwangi mendadak ikutan melonjak nih, Diazens. Gak tanggung-tanggung, kenaikan harga tiket di sejumlah wisata di Banyuwangi itu disebut naik sampai 100 persen.

Dua kali lipat dari harga tiket masuk biasanya, lantas lokasi wisata mana saja yang bakal menaikkan harga tiket masuknya?

1 dari 5 halaman

Seluruh Destinasi Wisata di Banyuwangi

Hasil kesepakatan dari pengelola wisata di Banyuwangi, seluruh lokasi wisata dipastikan akan mengalami kenaikan harga tiket hingga dua kali lipat dari sebelumnya.

“ Itu hasil kesepakatan dengan teman- teman pengelola wisata di Banyuwangi. Jadi untuk tiket masuk dari sebelumnya Rp 5.000, bakal kita naikan menjadi Rp 10.000 per pengunjung,”ujar Abdul Azis yang dikutip dari Liputan6.com pada Jumat, (9/9/2022).

Keputuasan naiknya harga tiket masuk tersebut, kata Azis, telah melalui perhitungan yang cukup matang. Mengingat kenaikan harga BBM yang ditetapkan oleh pemerintah ikut meningkatkan biaya operasional pengelolaan destinasi wisata juga ikut naik.

" Kenaikan itu, untuk tiket masuknya saja, terkait biaya lain-lainya di dalam destinasi wisata, pastinya juga tergantung kesepakatan pengelola juga. Misalkan tarif menyeberang ke Pulau Tabuhan seperti itu tentunya juga ikut naik," lanjut Azis.

2 dari 5 halaman

Segera Berlaku

Pulau Merah Banyuwangi © Diadona

Untuk saat ini, kenaikan harga tike masuk lokasi wisata di Banyuwangi memang belum ada perubahan. Namun dipastikan dalam waktu dekat kenaikan harga tiket masuk wisata akan segara diberlakukan di seluruh destinasi wisata Banyuwangi, Diazens.

“ Dalam waktu dekat segera kita berlakukan tarif baru itu. Karena biaya operasional kita juga sudah mulai bertambah. Saya harap para pengunjung untuk memaklumi dan menyesuaikanya," papar Azis.

3 dari 5 halaman

Jumlah Wisatawan Anjlok

Sejak pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisata di Banyuwangi terus mengalami penurunan. Hingga detik ini, ditambah dengan kenaikan harga BBM, para pelancong baik lokal maupun mancanegara masih minim datang ke Banyuwangi.

“ Saat ini kunjungan wisata masih sangat sepi, kami perkirkan selain masih imbas dari pendemi Covid-19 juga imbas naiknya BBM ini, sehingga biaya akomodasi naik secara otoimatis wisatawan juga masih menunda kunjunganya,”tambah Azis.

Menurut Azis penurunan kunjungan wisata di Banyuwangi mencapai 50 persen. Sehingga benar-banar cukup sepi kunjungan wisata di Banyuwangi.

4 dari 5 halaman

Sudah siap berangkat ke Banyuwangi?

Siapkan tujuan dan pastikan mengintip destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi selama di Banyuwangi, ya!

Beri Komentar