Unik, Ada Kampung yang Bernama Dusun Koplak! Seperti Apa?

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 17 Maret 2021 16:20
Unik, Ada Kampung yang Bernama Dusun Koplak! Seperti Apa?
Karena punya nama unik, tugu Dusun Koplak sering dijadikan tempat foto untuk para pengguna jalan yang kebetulan lewat.

Sebuah kota atau desa memiliki nama agar mudah dikenali oleh seseorang yang hendak mengunjunginya. Nama itu dibuat semudah mungkin, namun tetap memiliki arti yang baik agar bisa menjadi doa untuk siapa saja yang tinggal di sana.

Namun, ada salah satu dusun yang cukup nyleneh yang berada di Sleman. Ya, dusun ini bernama Dusun Koplak. Seperti apa dusun ini? Yuk kita jelajahi!

1 dari 3 halaman

Dusun Koplak

Dusun Koplak © Diadona

Dusun Koplak berada di Ngemplak, Umbulmartani, Kecamatan ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Saat masuk ke Dusun Koplak ini, kamu akan menemukan tugu dengan tulisan nama dusun Koplak.

Rupanya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk sebagian pengendara yang lewat. Bahkan, tak jarang jika orang-orang menyempatkan untuk berfoto di tugu tersebut.

Lalu, kenapa dusun ini diberi nama Koplak?

2 dari 3 halaman

Asal Mula Nama Koplak

Dusun Koplak © Diadona

Melansir dari Harian Merapi, menurut sebagian warga setempat, nama Dusun Koplak bukan berarti bodoh atau lucu. Namun, nama ini ternyata diambil dari kata koplakan atau gerobak.

Sejarahnya, tempat ini merupakan tempat persinggahan atau tempat istirahat gerobak alias koplakan. Gerobak ternyata merupakan transportasi yang sering digunakan masyarakat setempat di zaman sebelum kemerdekaan.

Karena tempat ini menjadi tempat singgah gerobak, membuat tempat ini diberi nama koplakan atau koplak.

3 dari 3 halaman

Jadi Tempat Penjajahan Tanam Paksa

Dusun Koplak © Diadona

Selain menjadi tempat istirahat untuk masyarakat, Dusun Koplak juga menjadi tempat pergantian sapi yang digunakan saat masyarakat Indonesia sedang dijajah dengan sistem tanam paksa.

Bahkan, pernah ada jalur utama yang melintasi sungai di belakang dusun Koplak yang digunakan sebagai jalur tanam paksa.

Rupanya, pernah ada yang mengusulkan ganti nama. Namun banyak yang tak setuju. Alasannya antara lain karena prosesnya yang tak mudah dan justru menyusahkan masyarakat yang sudah punya surat-surat penting karena harus diubah.

Dengan nama ini, banyak pengguna jalan yang berfoto di tugu dengan nama dusun Koplak itu. Selain itu, adanya pos kamling di belakang tugu yang sudah direnovasi sehingga semakin menambah daya tarik.

Tertarik untuk mengunjunginya?

Beri Komentar