Penuh Misteri, Begini Keadaan Desa Mati Majalengka yang Viral di Medsos

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 15 Februari 2021 18:20
Penuh Misteri, Begini Keadaan Desa Mati Majalengka yang Viral di Medsos
Desa ini menjadi viral setelah diunggah oleh salah satu youtuber. Tergambar suasana suram di Desa ini yang sepi tanpa penduduk.

Beberapa waktu lalu, sempat viral penampakan desa terbengkalai yang ada di Indonesia. Desa tersebut berada di Majalengka. Terlihat di desa tersebut terdapat banyak rumah kosong yang terbengkalai. Tak ada kehidupan yang terlihat di desa ini. Hanya bangunan kosong dan jalanan tak terawat yang menjadi saksi bisu desa ini.

Desa ini diabadikan di channel youtube Bucin TV dan mengundang banyak tanda tanya publik. Di mana sebenarnya tepatnya desa ini? Kenapa Desa ini bisa tak berpenghuni? Penasaran? Yuk kita telusuri Desa ini!

1 dari 3 halaman

Desa Mati Majalengka

Desa Mati Majalengka © Diadona

Rupanya Desa Mati ini berada di Blok Tarikolot, Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Desa Sidamukti ini ramai diperbincangkan hingga viral di Internet.

Tarikolot merupakan salah satu blok di Desa Sidamukti yang letaknya paling ujung barat dan berbatasan langsung dengan Blok Cibadak Kelurahan Munjul, Kecamatan Majalengka.

Terlihat barang-barang seperti sofa, dan lemari terlihat ada yang tertinggal. Kondisi bangunan memang tampak utuh, hanya saja sudah tak memungkinkan untuk dihuni. Mengapa Desa ini bisa sepi?

2 dari 3 halaman

Bencana Alam

Desa Mati Majalengka © Diadona

Rupanya, melansir dari berbagai sumber, Desa ini sepi akibat dari bencana Alam yang sempat terjadi 2006 lalu. Bencana Alam pergerakan tanah terjadi di Dusun Tarikolot membuat hampir 180 rumah di sana rusak dan ditinggal oleh penghuninya.

Dusun Tarikolot diketahui berada di zona merah yang rawan terjadi pergerakan tanah. Karena hal itulah, sekitar 253 kepala keluarga harus direlokasi untuk meninggalkan rumahnya.

3 dari 3 halaman

Masih Ada Sisa Penduduk

Desa Mati Majalengka © Diadona

Meskipun banyak penduduk yang meninggalkan dusun ini, ternyata masih ada beberapa warga yang memilih tetap bertahan. Alasanya, rumah baru akan jauh dari lahan pertanian mereka.

Ada juga warga yang telah meninggalkan dusun Tarikolot, kembali lagi hanya untuk menjalani aktivitasnya sebagai petani. Hal ini karena mayoritas warga di Dusun Tarikolot berprofesi sebagai petani.

Sementara itu, sumber lain mengatakan jika masih banyak warga yang tinggal di wilaya itu, terutama siang hari. karena warga yang telah direlokasi pada 2011 lalu sebagian telah kembali, dan rumah pemberian pemerintah di tempat relokasi diberikan kepada anaknya.

Kampung terlihat sepi lantaran antar rumah berjauhan jaraknya. Kepala Desa Sidamukti, Karwan, juga membenarkan jika Dusun Tarikolot masih dihuni sejumlah warga walaupun secara administrasi memang kampung tersebut telah dihapus.

Menurut Karwan, saat ini Tarikolot hanya dihuni 8 KK saja saja.

Bagaimana? Tertarik untuk uji adrenalin di tempat ini?

Beri Komentar