Unik, Ada Batuan yang Memiliki Bentuk Seperti Ombak Lautan

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 3 Juni 2020 11:20
Unik, Ada Batuan yang Memiliki Bentuk Seperti Ombak Lautan
Wave Rock adalah batuan unik yang berbentuk seperti ombak yang berada di Australia Barat.

Bumi memang menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Banyak sekali hal-hal di luar nalar yang ternyata beneran ada di dunia nyata.

Kita tahu bahwa batu biasanya berbentuk bulat, oval, ataupun tidak beraturan. Namun bagaimana jika ada sebuah batu raksasa berbentuk seperti ombak lautan? Pasti itu adalah hal yang sangat tidak mungkin, kan.

Ya, namanya adalah Wave Rock. Batu ini berada di Australia Barat dan menjadi batuan paling unik di dunia karena bentuknya. Seperti apa sih? Yuk kita simak.

1 dari 3 halaman

Wave Rock

Wave Rock © Diadona

Wave Rock berada di Taman Nasional Hyden Negara Bagian Australia Barat. Dilansir dari berbagai sumber, Wave Rock sendiri terdiri dari barisan garis granit abu-abu dan merah yang membentuk lekukan serupa ombak dengan tinggi sekitar 15 meter. Bukan membentuk ombak biasa, Wave Rock memiliki formasi gelombang sempurna sepanjang 100 meter. Unik banget, ya.

Para pakar arkeolog bahkan telah memperkirakan, lekukan ombak pada Wave Rock ini sudah mulai terbentuk sejak 27 miliar tahun silam. Ini berarti jauh sebelum eksistensi dinosaurus.

2 dari 3 halaman

Terbentuknya Ombak

Wave Rock © Diadona

Dilansir dari berbagai sumber, Peneliti menyebutkan bahwa Wave Rock adalah Granit Inselberg atau batuan tunggal raksasa yang telah mengalami banyak erosi akibat mineral yang dibawa oleh tiupan angin dan guyuran hujan selama berjuta-juta tahun.

Sheenagh Collins, pengelola Taman Nasional Hyden mengatakan, kekuatan erosi ini perlahan menyapu permukaan batu ke bentuk ombak. Selain itu, adanya tumbuhan alga di batuan tersebut membuat permukaan Wave Rock terlihat memiliki paduan warna cokelat dan hitam.

3 dari 3 halaman

Menjadi Destinasi Wisata

Wave Rock © Diadona

Wave Rock telah menarik kedatangan turis lokal maupun mancanegara. Mereka nggak hanya penasaran dengan keunikan batuan purba berbentuk ombak tersebut. Melainkan juga ingin melihat secara langsung keanekaragaman bunga liar yang ada di tempat tersebut.

Ada banyak bunga yang menghiasi area tersebut. Yaitu Kelopak Keledai, Bunga Jaring, Bunga Badut, dan Anggrek Enamel Ungu. Tempat ini juga menjadi habitat dari bunga Leschenaulitia yang langka.

Bagaimana? Tertarik untuk ke tempat unik yang satu ini?

Beri Komentar