Taman Wisata China Membuat Lampu Lalu Lintas Khusus Unta, Seperti Apa?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 27 April 2021 16:00
Taman Wisata China Membuat Lampu Lalu Lintas Khusus Unta, Seperti Apa?
Lampu lalu lintas Unta ini dibuat sebagai upaya keamanan untuk para wisatawan yang sedang berkunjung ke Dunhuang.

Lampu lalu lintas sejatinya dibuat agar para pengguna jalan bisa tetap waspada dan terhindar dari kecelakaan. Pasalnya, pengguna jalan yang mayoritas menggunakan kendaraan bermotor, memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi.

Namun, pernah gak kamu mendengar tentang lampu lalu lintas untuk Unta? Terdengar aneh, ya. Namun ini beneran ada di China loh. Seperti apa?

1 dari 3 halaman

Lampu Lalu Lintas khusus Unta

Lampu Lalu Lintas Unta © Diadona

Pejabat Pemerintah Kota Dunhuang, China rupanya serius dalam mengembangkan proyek lampu lalu lintas untuk Unta. Ini merupakan lampu lalu lintas unta pertama di dunia.

Rupanya, hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi kemacetan unta di padang pasir Taman Alam Gunung dan Danau Bulan Sabit Mingsha, China.

Melansir ECNS (14/4/2021) lampu lalu lintas ini diresmikan dan sudah mulai beroperasi sejak Minggu (11/4) lalu. Lokasinya sendiri berada di daerah populer turis di dekat kota Dunhuang, Provinsi Gansu, China.

Di sini, menunggang unta memang menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri.

2 dari 3 halaman

Lampu Lalu Lintas Unta © Diadona

Kota Dunhang terletak di oasis gurun Gansu-XDinjiang. Daerah ini menjadi pemukiman pertama yang dikelola oleh orang China yang bisa dicapai wisatawan yang hendak menuju bagian timur jalur Sutra kuno.

Mengutip CNN, pariwisata di daerah tersebut memang telah memngalami perkembangan yang pesat sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini berkat adanya Gunung Mingsha, kompleks kuil Gua Mogao. Lokasi ini merupakan gerbang paling barat dari Tembok Besar China.

Nah, dengan adanya lampu lalu lintas untuk unta ini, para wisatawan tak perlu khawatir akan bertabrakan dengan unta lain yang sedang berjalan. Lampu ini bisa jadi tanda kapan unta harus maju dan berhenti.

3 dari 3 halaman

Lampu Lalu Lintas Unta © Diadona

Lampu lalu lintas unta ini sama halnya seperti lampu lalu lintas pada umumnya. Saat sinyal berwarna hijau, unta bisa menyebrang jalan. Sebaliknya saat lampu merah, unta harus berhenti dan mebiarkan pengunjung lain untuk menyeberang. Dengan hal ini, keamanan pengunjung akan lebih terjamin.

Pengunjung bisa menikmati sensasi naik untak dan menikmati suasana di Gunung Mingsha. Gunung Mingsha dikenal sebagai Gunung Pasir bernyanyi. Hal ini karenasuara bising pasirnya saat sedang berjalan.

Tertarik untuk ke tempat ini?

Beri Komentar