Melihat Keunikan Qasr Al Farid, Kastil Kesepian yang Ada di Arab Saudi

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 23 April 2021 17:20
Melihat Keunikan Qasr Al Farid, Kastil Kesepian yang Ada di Arab Saudi
Kastil ini dibangun menyendiri tanpa adanya situs bangunan lain di sekitarnya.

Arab Saudi memang dikenal akan wisata sejarahnya. Beberapa kejadian-kejadian penting mengenai perkembangan agama Islam di dunia. Gak heran jika Arab menjadi salah satu tempat wisata sejarah Islam.

Salah satu tempat bersejarah yang cukup unik adalah Qasr Al Farid. Qasr Al Farid merupakan sebuah bangunan megah yang terbuat dari batu. Julukannya adalah The Lonely Castel atau Istana Kesepian. Seperti apa tempatnya? Yuk kita intip!

1 dari 2 halaman

Qasr Al Farid

Qasr Al Farid © Diadona

Melansir dari Atlas Obscura, Qasr Al Farid ini berdiri di taman arkeologi Mada'in Saleh. Yang membuatnya unik adalah bangunan ini diukir di batu besar dan diperkirakan sudah ada sekitar abad ke-1 Masehi.

Rupanya, tempat ini bukanlah sebuah kastil, melainkan sebuah makam yang dibangun sebagai bagian dari situs kuno Nabatean Hegra. Makam ini terdiri dari empat lantai dan tak pernah selesai pengerjaannya.

Suku Nabatean Hegra sendiri memiliki teknik konstruksi yang sangat unik, terlihat dari kuburan yang dipahat langsung di batu dari atas ke bawah. Makam ini bahkan juga dilengkapi jendela yang dibuat langsung oleh pemahat kuno.

Meskipun bangunan ini belum selesai pengerjaannya, tempat ini tetap menyuguhkan keindahan yang tak ada di tempat manapun.

Qasr Al Farid merupakan salah satu keajaiban di wilayah Mada'in Saleh. Makam ini juga dikenal sebagai makam tertua di dunia.

Nah, tempat ini dijuluki lonely castel karena keberadaannya yang tak didampingi oleh situs-situs lainnya. Sehingga kastil ini memang terlihat sendirian.

2 dari 2 halaman

Tak Banyak Dikunjungi

Qasr Al Farid © Diadona

Rupanya, meskipun Qasr Al Farid ini menjadi situs yang bersejarah, nyatanya, warga lokal justru enggan untuk ke tempat ini. Hal ini karena penduduk sekitar percaya kalau makam ini telah dikutuk oleh Nabath, yang kala itu menolak masuk Islam dan meninggalkan dewa mereka.

Nabath adalah bangsa Arab kuno yang mempunyai beragam keterampilan yakni mengukir batu. Ia juga penguasa Mediterania timur hingga bagian utara Arab.

Meskipun dipercaya menjadi tempat yang terkutuk, namun, Qasr Al Farid tetap menjadi daya tarik wisata karena keunikan bentuk bangunannya.

Tertarik untuk mengunjunginya?

Beri Komentar