Ternyata Begini Bentuk Kebun Binatang Tertua di Dunia!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 9 Maret 2021 18:32
Ternyata Begini Bentuk Kebun Binatang Tertua di Dunia!
Seperti apa sih, kebun binatang tertua yang ada di dunia? Yuk kita simak!

Siapa nih yang udah pernah ke Kebun Binatang? Di Kebun Binatang, kita bisa melihat bagaimana hewan-hewan liar yang ada di hutan dari dekat. Tentu saja hal ini menambah pengalaman baru dan sensasi berwisata baru.

Tak hanya sebagai tempat wisata, Kebun Binatang berfungsi sebagai tempat pendidikan, riset, dan tempat konservasi untuk satwa yang terancam punah.

Nah, pernahkah kamu bertanya, di mana sih kebun binatang tertua di dunia? Penasaran, kan? Yuk kita jalan-jalan ke sana!

1 dari 3 halaman

Tiergarten Schonbrunn

Tiergarten Schonbrunn © Diadona

Jika ditanya di manakah kebun binatang tertua di dunia, jawabannya adalah Tiergarten Schonbrunn. Kebun Binatang ini menempati halaman Istana Schonbrunn di Wina, Austria sejak 1752.

Melansir dari berbagai sumber, Schonbrunn Palace di Wina sendiri merupakan salah satu istana yang menyandnang Situs Warisan Dunia UNESCO.

Bagaimana sih Kebun Binatang tertua di dunia ini bisa dibentuk? Yuk kita telusuri.

2 dari 3 halaman

Sejarah Kebun Binatang Tiergarten Schonbrunn

Pada tahun 1570, Pangeran Frans Stefan dari Lothringen atau Franz I membangun taman dan menagerie di sekitar halaman istana Schonbrunn di Wina, Austria. Sebanyak 13 kandang hewan dibuat, mengelilingi paviliun pusat.

Paviliun pusat ini merupakan tempat sarapan dan istirahat untuk sang Kaisar. Jika sang Kaisar jenuh, ia bisa berkeliling area sekitar untuk melihat-lihat hewan.

Lalu, menagerie ini berubah menjadi kebun binatang pada 1752 atas perintah dari penguasa Roma saat itu, Franz I. Kebun Binatang ini dinamakan Tiergarten (Kebun Binatang) Schonbrunn.

Pada saat itu, fungsi kebun binatang ini untuk memamerkan koleksi hewan unik dari seluruh dunia, namun hanya khusus bagi lingkungan bangsawan saja. Lalu, pada 1779, kebun binatang ini dibuka untuk umum.

Kaisar Joseph II, pengganti Franz I, melanjutkan mengurus hewan-hewan yang ada di kebun binatang ini. Ia bahkan melakukan ekspedisi ke Amerika dan Afrika untuk menambah koleksi kebun binatang.

3 dari 3 halaman

Tiergarten Schonbrunn © Diadona

Mengutip dari situs Vienna Zoo, saat ini Kebun Binatang ini menjadi habitat bagi 700 spesies hewan. Hewan-hewan ini meliputi harimau Siberia, gajah, hingga orangutan.

Para wisatawan yang mau menyambangi Tergarten Schonbrunn ini bisa menyambangi Rainforest Hoese. Ini adalah sebuah akuarium yang berisi habitat hewan-hewan yang hidup di hutan tropis amazon.

Tiergarten Schonbrunn buka dari jam 09.00-17.30 waktu setempat. Untuk biaya masuknya sekitar 15 euro (Rp 237 ribu). Tertarik untuk ke sana?

Beri Komentar