Pengen Nambah Pemasukan? Intip Sederet Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan selama Bulan Ramadan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 12 Mei 2020 07:15
Pengen Nambah Pemasukan? Intip Sederet Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan selama Bulan Ramadan
Bulan Ramadan jangan diem-diem bae..

Bulan Ramadan memang masih berlangsung, tapi bukan berarti kamu harus berdiam diri dan nggak berbuat apa-apa. Daripada gabut tak berpenghasilan, nggak ada salahnya jika kamu memulai usaha sembari menambah pendapatan.

Nggak perlu bingung ide usaha apa yang bisa dilakukan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah ide bisnis yang bisa kamu jalankan selama bulan Ramadan ini.

1 dari 6 halaman

1. Jual Masakan Rumahan untuk Buka dan Sahur

Ilustrasi Memasak © Diadona

Kalau kamu punya skill masak yang sayang untuk disia-siakan, maka sebaiknya kamu memulai bisnis masakan rumahan untuk berbuka dan sahur deh. Selain menyalurkan kemampuan, skill masakmu akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang nggak mau ribet dalam menyiapkan menu buka maupun sahur.

2. Jual Takjil

Buka puasa memang paling pas kalau diawali dengan yang manis-manis. Nah, kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk berjualan takjil nih. Meski nggak bisa berjualan seperti biasanya, kamu tetap bisa memasarkan jualanmu lewat sosial media kok.

2 dari 6 halaman

3. Jual Aneka Pakaian Muslim

Ilustrasi Menjual Pakaian Muslim © Diadona

Saat merayakan Lebaran, biasanya banyak yang mengenakan baju baru. Nah, mulai dari sekarang kamu bisa berjualan pakaian muslim nih. Carilah supplier dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik, biar kamu diserbu pelanggan!

4. Jual Paket Kue Kering

Lebaran tanpa kue kering rasanya benar-benar sepi lho. Maka dari itu, salah satu ide bisnis yang bisa kamu jalankan yakni dengan menjual paket kue kering. Bisa menjual kue kering bikinanmu sendiri atau menjual produksi orang terdekat.

3 dari 6 halaman

5. Jual Kurma

Ilustrasi kurma © Diadona

Yang satu ini nggak boleh ketinggalan, karena kurma selalu diburu selama bulan Ramadan. Carilah kurma dengan harga dan kualitas yang seimbang, agar kamu bisa memuaskan lidah pelanggan..

6. Jual Perlengkapan Shalat

Bulan Ramadan juga membuat orang-orang lebih rajin beribadah. Apalagi di tengah pandemi semacam ini, ibadah adalah salah satu hal yang sebaiknya tidak ditinggalkan. Nah mumpung momennya pas, boleh banget lho kalau kamu berniat menjual perlengkapan shalat.

4 dari 6 halaman

7. Jual Parsel Lebaran

Ilustrasi Parsel Lebaran © Diadona

Karena nggak mau ribet, biasanya parsel Lebaran juga sering dicari-cari lho. Bagi kamu yang punya bakat untuk merangkai, kayaknya ide bisnis yang satu ini patut dicobain deh.

8. Jasa Laundry

Salah satu ide bisnis yang bisa dijalankan saat bulan Ramadan adalah jasa laundry. Nggak cuma untuk mencuci baju, banyak orang yang juga memanfaatkan laundry untuk mencuci karpet, selimut, dan gorden.

5 dari 6 halaman

9. Jasa Penukaran Uang

Ilustrasi Penukaran Uang © Diadona

Yang satu ini juga sering dicari-cari saat bulan Ramadan, yakni jasa penukaran uang. Jika kamu berniat menjalankan usaha ini, kamu bisa mulai bekerja sama dengan bank agar lebih mudah melakukan transaksi penukaran uang.

10. Jasa Custom Amplop

Selain jasa penukaran uang, jasa custom amplop juga perlu nih. Karena amplop polos sudah umum digunakan, di momen Lebaran banyak orang yang menggunakan amplop custom agar THR yang diberikan terlihat lebih menarik.

6 dari 6 halaman

Nah, udah terpikir mau usaha apa? Yuk cepetan, keburu Lebaran sampai di depan mata!

Beri Komentar