Rincian Tiket Masuk Candi Borobudur Terbaru, Pelajar Dikenakan Tarif Rp5 Ribu Saja

Reporter : Kurnia
Senin, 6 Juni 2022 20:17
Rincian Tiket Masuk Candi Borobudur Terbaru, Pelajar Dikenakan Tarif Rp5 Ribu Saja
Harga Rp750 ribu hanya untuk turis mancanegara

Baru-baru ini, publik sempat dibikin heboh oleh aturan baru pemerintah yang telah menyepakati tariff baru untuk para pengunjung yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur.

Beberapa waktu terakhir, para traveller dibuat heboh karena pemerintah berikan aturan baru terkait kunjungan terbatas dengan mempertimbangkan aspek konservasi Candi Borobudur.

1 dari 5 halaman

Dalam rakor yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, telah diambil keputusan bahwa diperlukan pembatasan kunjungan wisatawan yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur menerapkan sistem kuota.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) menyampaikan, pihaknya mendukung kebijakan kuota dengan tiket khusus yang mengedepankan aspek konservasi tersebut.

2 dari 5 halaman

Tiket Rp750 Ribu

Candi BorobudurCandi Borobudur © Shutterstock.com

Untuk Wisatawan Nusantara sebesar Rp750 ribu dan Wisatawan Mancanegara USD 100, sedangkan untuk pelajar (grup Study Tour sekolah/bukan individual) adalah Rp5 ribu rupiah, Kebijakan tiket khusus ini hanya untuk wisatawan yang berkeinginan untuk naik bangunan Candi Borobudur.

Selain kebijakan kuota, para wisatawan yang ingin masuk ke dalam kawasan Candi Borobudur harus mengikuti sistem baru dengan reservasi secara online.

3 dari 5 halaman

Alas kaki

Selain kuota dan tarif baru, skema yang akan digunakan oleh pemerintah adalah dengan menggunakan alas kaki khusus bagi wisatawan yang membeli tiket khusus naik ke bangunan Candi Borobudur.

Aturan baru lain juga masih akan mengiringi para pengunjung Candi Borobudur karena mereka akan didampingi oleh pemandu wisata (guide) yang disiapkan khusus loh.

CanCan © Shutterstock.com

4 dari 5 halaman

Harga Tiket Reguler Rp25 sampai Rp50 Ribu

Harga tiket reguler bisa dibeli yang memperbolehkan para pengunjung untuk berwisata ke Candi Borobudur sampai batas pelataran atau halaman Candi saja.

" Kami tetap mengakomodir wisatawan regular yang akan berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur, dengan harga tiket masuk reguler, yaitu untuk tiket Wisatawan Nusantara Dewasa/Umum Rp50 ribu rupiah untuk tiket Wisatawan Nusantara Anak/Pelajar Rp25 ribu tiket Wisatawan Mancanegara Dewasa/Umum USD 25, dan tiket Wisatawan Mancanegara Anak/Pelajar USD 15," kata Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono yang dikutip dari laman Liputan6.com pada Senin, (6/6/2022).

Pemerintah akan menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur ini diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

5 dari 5 halaman

Tiket Masuk Candi Borobudur yang Baru Ditetapkan

Ilustrasi Candi BorobudurIlustrasi Candi Borobudur © pixabay.com/qwertyvied

Dikutip dari laman borobudurpark yang dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan domestik sebesar Rp50 ribu untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp25 ribu.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara yang rencananya akan naik menjadi USD 100 atau kurang lebih Rp1,4 juta, saat ini dibanderol USD 25 atau sekitar Rp350 ribu untuk dewasa. Untuk tiket wisatwan mancanegara anak-anak dipatok USD 15 atau kurang lebih Rp210 ribu. 

Beri Komentar