Jangan Abaikan, Takut sama Bau Badan Sendiri Itu Salah Satu Tanda Kamu Nggak Normal!

Reporter : Mila I
Selasa, 5 Mei 2020 09:57
Jangan Abaikan, Takut sama Bau Badan Sendiri Itu Salah Satu Tanda Kamu Nggak Normal!
Kalau disepelekan, malah makin parah lho!

Semua orang tentu pengin tampil wangi kapan saja dan di mana saja. Tapi yang namanya keringat memang ga bisa dihindari ya. Karena, setiap harinya seseorang pasti mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuhnya yang berupa keringat ini tadi. Keringat yang bercampur bakteri biasanya menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Karena takut dirinya beraroma kurang sedap, beberapa orang bahkan sampai membersihkan dirinya secara berlebihan. Hal ini dikenal dengan bromidrofobia, alias takut sama bau badan sendiri.

Orang yang punya bromidrofobia mirip dengan mysofobia (takut kuman). Para ahli mengungkapkan hal tersebut termasuk gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Karena itu mereka sering mengalami refleks dan terpaksa melakukan bersih-bersih secara berlebihan untuk merasa bersih.

Kamu bisa mendeteksi seseorang punya bromidrofobia apabila menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

1 dari 3 halaman

Rajin Mandi

Tanda Takut Bau Badan Sendiri © Diadona

Untuk orang yang punya bromidrofobia, mandi itu kegiatan yang wajib dilakukan bahkan sampai berkali lipat dari orang biasanya. Bahkan, meskipun cuma kotor atau berkeringat sedikit saja, mereka sudah risih dengan tubuh mereka sehingga dorongan untuk mandi sangat kuat.

2 dari 3 halaman

Bawa Parfum Kemana-mana

Tanda Takut Bau Badan Sendiri © Diadona

Bawa parfum kemana-mana bisa jadi tanda bahwa seseorang punya bromidrofobia lho! Ya memang enak sih wangi, tapi kalau menyemprotkan parfum setiap saat juga bisa menganggu orang lain disekitarnya, apalagi yang alergi sama bau parfum yang terlalu tajam.

3 dari 3 halaman

Takut Berkeringat

Tanda Takut Bau Badan Sendiri © Diadona

Seperti yang sudah disinggung di atas, keringat memang nggak bisa dihindari dan wajar. Tapi bagi orang yang terlalu cemas soal aroma tubuhnya sendiri, berkeringat bisa jadi hal yang menyeramkan. Mereka selalu menghindari aktivitas yang bisa membuat dirinya berkeringat.

Meski bukan hal yang serius, tapi kalau dirasa punya bromidrofobia yang parah, segera mintalah bantuan dokter atau psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya!

Beri Komentar