Nyala Api Abadi di Seluruh Dunia ini Dijamin Bikin Takjub, Macam Setiaku Padamu!

Reporter : Nasa
Rabu, 15 April 2020 11:35
Nyala Api Abadi di Seluruh Dunia ini Dijamin Bikin Takjub, Macam Setiaku Padamu!
Kobaran api yang ada di lokasi-lokasi ini konon nggak pernah padam, dan akan terus abadi. Ya seperti setiaku padamu!

Ternyata di dunia ini terdapat sejumlah lokasi api abadi. Kabarnya, di sana terdapat kobaran api yang tidak pernah padam. Penyebab umumnya adalah terdapatnya gas alam yang membuat api di lokasi-lokasi tersebut terus menyala dalam keabadian.

Menyadur dari laman Brilio, ini loh lokasi-lokasi di dunia yang apinya terus abadi, ada yang di Indonesia jua loh!

1 dari 9 halaman

1. South Island, Selandia Baru

Eternal Flame South Island, Selandia Baru © Diadona

Lokasinya yang berada di dalam pedalaman hutan, membuat api abadi yang satu ini nggak banyak diketahui. Padahal nih ya, api abadi di South Island  Selandia Baru ini disebut teah ditemukan sejak tahun 1920-an loh. Api abadi di South Island ini berada di pedalaman hutan Murchison. Menariknya, meski termasuk sebagai api abadi yang muncul akibar bocoran gas alam, api di sana akan padam sementara waktu ketika hujan turun. Kemudian akan kembali menyala jika hujannya reda.

2 dari 9 halaman

2. Yanar Dag, Azerbaijan

Yanar dag, Azerbaijan © Diadona

Api abadi di Azrbaijan ini disebut sebagai Yanar Gad yang berarti ‘gunung terbakar’. Yanar Dag sendiri merupakan gunung setinggi 116 meter yang terletak sekitar 25 km di sebelah timur Kota Baku. Bentuk api di sana juga sangat unik, karena tersebentuk dari hembusan angin di sekitaran gunung tersebut. Masih belum jelas kapan aapi abadi di sana muncul, namun diketahui bahwa Alexander Dumas dan Marco Polo pernah menulis tentang Yanar Dag.

3 dari 9 halaman

3. Chesnut Ridge Park, Amerika Serikat

Chesnut Ridge Park, Amerika Serikat © Diadona

Chesnut Ridge Park di Amerika Serikat ini disebut sebagai salah satu api abadi yang paling mengagumkan di dunia. Pasalnya, lokasi api abadi yang satu ini tepat berada di bawah air terjun yang cukup deras. Namun meski berada di tempat yang basah dan lembab, api abadi di sana nggak pernah padam. Penyebabnya adalah adanya kandungan etana propana yang cukup tinggi.

4 dari 9 halaman

4. Door to Hell, Turkmenistan

Door to Hell, Turkmenistan © Diadona

Namanya kok ngeri banget ya, ‘Door to Hell’ atau yang dalam bahasa Indonesia berarti pintu menuju neraka. Pemberian nama tersebut dilatar belakangi sejarah pembentukannya yang disebut karena kalalaian manusia. Sekitar tahun 1971, sejumlah peneliti Uni Soviet mengebor lokasi tersebut yang ternyata mengandung banyak gas metana. Ketika dibor, tanah disekitarnya runtuh dan membentuk lubang selebar 70 meter dan langsung mengeluarkan api. Sampai saat ini, api pada lubang menganga tersebut masih menyala. Sehingga penduduk sekitar menyebutnya dengan ‘Door to Hell’.

5 dari 9 halaman

5. Mrapen, Jawa Tengah

Mrapen, Jawa Tengah © Diadona

Api Abadi Mrapen di Jawa Tengah ini disebut sudah ditemukan sejak abad ke 15. Konon, apai di sana sama sekali nggak pernah padam sampai dengan saat ini. Menurut cerita turun temurun, api abadi Mrapen merupakan peninggalan Sunan Kalijaga yang tengah berkunjung ke sana. Api abadi tersebut disebut muncul setelah Sunan Kalijaga menancapkan tongkatnya. Api abadi di sana juga pernah digunakan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional (PON).

6 dari 9 halaman

6. Api Abadi, Pamekasan

Api Abadi, Pamekasan © Diadona

Konon nih ya, api abadi di Pamekasan ini muncul setelah seseorng yang bernama ‘Ki Moko’ menancapkan tongkat, Lokasi api abadi Pamekasan tersebut berasa di tempat pariwisata paling populer di sana loh.

7 dari 9 halaman

7. Kayangan Api, Bojonegoro

Kayangan Api, Bojonegoro © Diadona

Kalau api abadi yang satu ini sudah dibangun sedemikian rupa dan sudah menjadi lokasi wisata yang unik. Sekitarnya sudah diberi pembatas berupa konstruksi fondasi dan juga tembok. Kandungan gas alam yang muncul di sana disebut cukup tinggi, sehingga api abadi Kayangan Api ini disebut tak pernah padam.

8 dari 9 halaman

8. Blue Fire Kawah Ijen, Banyuwangi

Blue Fire Kawah Ijen, Banyuwangi © Diadona

Nah kalau api abadi di Kawah Ijen Banyuwangi ini lain dari pada yang lain. Soalnya, api yang muncul di sana bukannya berwarna merah tapi berwarna biru. Unik banget kan? Katanya nin, waktu terbaik untuk melihat blue fire ini adalah pada waktu subuh. Pada masa itu, oksigen yang keluar sangat bagus, sehingga nyala api biru di sana terlihat sempurna.

9 dari 9 halaman

Itu dia rentetan nyala api abadi yang dijamin membuat kamu takjub. Nggak Cuma indah untuk dipandang, keabadian nyala api si sana juga membawa banyak hikmah tersendiri. Salah satunya adalah membuat kita menyadari bahwa kuasa Tuhan atas ciptaanya memang sangat menakjubkan.

Tapi nggak hanya itu, api abadi di seluruh dunia ini juga menyiratkan bahwa setiaku padamu juga akan tetap abadi! Hallaaahhhh.

Beri Komentar